KLASIFIKASI KODEFIKASI PENYAKIT DAN MASALAH TERKAIT

KLASIFIKASI KODEFIKASI PENYAKIT DAN MASALAH TERKAIT

Penulis: Rinda Nurul Karimah, Novita Nuraini
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-09-8
Format: Cetak (POD) 112 Halaman

Klasifikasi penyakit dan tindakan merupakan kegiatan mengelompokan penyakit dan tindakan berdasarkan Kriteria tertentu yang telah disepakati. Pemberian kode atas diagnosis klasifikasi penyakit yang berlaku dengan menggunakan ICD-10 untuk mengkode penyakit, sedangkan ICOPIM dan ICD-9-CM digunakan untuk mengkode tindakan, serta untuk mengkode penyakit dan tindakan. Keteampilan menetukan klasifikasi dan kodifikasi penyakit dan tindakan medis harus didukung pengetahuan anatomi fisiologi, terminologi medis serta patofisiologi penyakit.
Pada Buku ajar ini diberikan penjelasan mengenai konsep anatomi fisiologi, patologi, serta terminologi medis pada sistem kardiovaskuler dan sistem respirasi. Konsep anatomi dan fisiologi dipaparkan dengan cukup jelas serta ditambahkan bantuan gambar sehingga mahasiswa lebih mudah memahami. Konsep terminologi medis juga memuat contoh-contoh root, prefix, dan suffix yang terkait dengan sistem kardiovaskuler dan respirasi. Dalam Buku ini pembaca akan di pandu untuk memahami sejarah dari terminologi medis yang meliputi asal istilah medis, yang mana sebagian besar istilah medis berasal dari bahasa Yunani kuno dan latin.
Tujuan penulisan buku ajar ini adalah untuk digunakan mahasiswa rekam medis dan informasi kesehatan ketika menempuh mata kuliah Klasifikasi Kodefikasi Penyakit dan Masalah Terkait (KKPMT) pada sistem kardiovaskuler dan sistem respirasi.

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Penulis: Dwi Putro Sarwo Setyohadi, Hendra Yufit Riskiawan
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-00-5
Format: Cetak (POD) 132 Halaman

Teknologi Informasi tumbuh untuk menjawab kebutuhan manusia dan industri diberbagai bidang. Pertumbuhan teknologi informasi tidak lepas dari dan perkembangan Perangkat keras dari sistem unit yang sangat cepat. Hal ini berbanding lurus dengan kebutuhan minimum sebuah perangkat lunak untuk dapat bekerja pada lingkungan operasi secara optimal yang semakin kompleks. Kebutuhan akan perangkat lunak ini seiring dengan kebutuhan pengolahan data dan informasi yang juga semakin besar dan kompleks. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai kemajuan yang terjadi pada lingkungan teknologi informasi, tidak lepas dari tuntutan jaman akan pemenuhan informasi yang semakin kompleks pula. Kebutuhan akan perkembangan perangkat lunak terkait kebutuhan pemenuhan informasi tersebut, diantaranya kebutuhan informasi yang diolah dengan kecerdasan buatan, kebutuhan terkait peningkatan kapasitas (big data), kebutuhan terkait varian jenis dan tipe data (misalnya multimedia dengan banyak format digital) serta masih banyak lagi.

Untuk itu, menjadi keniscayaan bagi masyarakat umum apalagi generasi terpelajar khususnya mahasiswa mengetahui bagaimana semua kemajuan itu berawal. Disamping itu, masyarakat juga dipandang perlu untuk mengetahui dasar dan sejarah dari kemajuan teknologi informasi dimulai dari sejarah perkembangan komputer, proses, kinerja, serta pemanfaatannya hingga seperti yang kita rasakan saat ini.

Pengetahuan akan segala hal terkait kemajuan teknologi informasi tersebut dapat dipenuhi dengan mempelajari materi diantaranya: Komponen Sistem Unit; Sejarah Singkat Teknologi Informasi; Bits dan Bytes; Bit dan Operasi Aritmatik; Input Devices; Output Devices; Storage Devices; Sistem Operasi dan Software Utilitas; Software Aplikasi; Bahasa Pemrograman; serta Tren Teknologi Informasi. Dimana keseluruhan materi tersebut diulas dalam buku berjudul Pengantar Teknologi Informasi ini.

ILMU NUTRISI TERNAK

ILMU NUTRISI TERNAK

Penulis: Suci Wulandari, Suluh Nusantoro
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-36-4
Format: Cetak (POD) 62 Halaman

Buku ini memuat perkembangan terbaru dan informasi yang penting tentang zat-zat makanan dan penerapannya pada ternak, disamping sebagai acuan untuk mahasiswa Diploma 3, Jurusan Peternakan. Ilmu nutrisi ini penting untuk dijadikan sebagai dasar pengetahuan dalam menetukan kebutuhan ternak akan zat makanannya, serta pemberian ransumnya.

Buku Ilmu Nutrisi Ternak terdiri dari 2 jilid. Jilid pertama berisi tentang kelas-kelas Bahan Makanan yang didasarkan pada karakteristik fisik, kimia dan penggunaannya, serta prosedur analisis zat makanan  yang dikembangkan oleh Wendee maupun Vansoest. Sistem pencernaan baik pada ternak non ruminansia dan ruminansia disajikan secara runtut dan jelas, termasuk metabolisme yang terjadi pada ternak ruminansia yaitu metabolisme karbohidrat da metabolisme protein. Jilid 2 memuat tentang macam-macam zat makanan, bahan makanan ternak berdasar sumber zat makanannya, serta menyusun ransum.

Buku ini membantu mahasiswa lebih mendalami materi kuliah Ilmu Nutrisi Ternak, namun diharapkan juga dapat memberikan pengetahuan bagi para pembaca yang berminat memperdalam ilmu nutrisi ternak, terutama praktisi dan para peternak.

NUTRISI TERNAK UNGGAS

NUTRISI TERNAK UNGGAS

Penulis: Dadik Pantaya, Merry Muspita Dyah Utami
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-60-9
Format: Cetak (POD) 96 Halaman

Buku ajar Nutrisi Ternak Unggas ini digunakan untuk penuntun bagi mahasiswa dalam kuliah ilmu nutrisi. Beberapa konsep dasar dalam teori dan terapan pada ilmu nutrisi diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam kelancaran pelaksanaan perkuliahan. Buku ajar ini didasarkan atas capaian utama, yaitu pembaca terutama mahasiswa dapat menghitung kebutuhan nutrisi untuk produksi ternak mahasiswa akan mengetahui dasar ilmu nutrisi dan konsep serta proses metabolisme nutrien dalam tubuh unggas. Buku ajar ini menjelaskan mulai dari organ pencernaan dan proses penyerapan, metabolisme nutrien, perhitungan untuk memenuhi kebutuhan untuk produksi unggas. Untuk mencapai sasaran kegiatan perkulihaan para mahasiswa diberikan beberapa pertanyaan sebagai pedoman dalam menafsirkan hasil percobaannya, beberapa pertanyaan itu akan membantu dalam pelaksanaan evaluasi kegiatan praktikum.      Buku ini terdiri atas lima pokok bahasan, yaitu: (1) Urgensi Ilmu Nutrisi, (2) Proses Pencernaan, (3) Metabolisme Nutrien (4) Formulasi pakan Unggas, dan (5) Gangguan Nutrisi pada Ternak Unggas. Buku ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai referensi untuk mencapai kompetensi menghitung kebutuhan nutrisi pada mata kuliah Nutrisi Ternak Unggas.

ENGLISH FOR PROFESSIONAL COMMUNICATION

ENGLISH FOR PROFESSIONAL COMMUNICATION

Penulis: Adriadi Novawan, Siti Aisyiyah
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-04-3
Format: Cetak (POD) 116 Halaman

Keterampilan Komunikasi Profesional sangatlah penting bagi mereka yang ingin sukses baik dalam hidup sehari-hari maupun dalam pekerjaan. Buku ini ditulis untuk mereka yang ingin belajar dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris untuk tujuan-tujuan profesional. Materi yang disediakan mencakup: cara berkomunikasi efektif baik secara tulisan maupun lisan untuk mendapatkan pekerjaan yang dikehendaki, terlibat dalam situasi percakapan sehari-hari, berpartisipasi secara kritis dalam pertemuan-pertemuan bisnis, dan melakukan presentasi bisnis. Materi-materi ini sangat cocok untuk mereka yang akan mempersiapkan diri masuk dunia kerja yang memerlukan pengetahuan dan keterampilan komunikasi yang relevan. Dengan mempelajari buku ini, pembaca dapat belajar berkomunikasi secara efektif baik secara tertulis maupun lisan untuk tujuan-tujuan komunikasi profesional seperti: mempersiapkan lamaran pekerjaan yang berhasil, menulis surat lamaran, menulis CV atau resume yang berkesan, menghadapi wawancara kerja, terlibat dalam interaksi kerja, menjelaskan prosedur dan rincian, melakukan note-taking dalam rapat, menjadi pendengar yang baik dalam rapat, menanggapi suatu gagasan, serta mempersiapkan presentasi bisnis. Materi-materi ini dirancang secara tematik melalui 4 Bab yang masing-masing bab terdiri dari beberapa sub-bab yang dilengkapi dengan tugas dan aktivitas praktis. Untuk mempelajari materi dalam buku ini, pembaca perlu memiliki kemampuan pra-syarat seperti basic pronunciation, literal listening, speaking for daily activities, basic English grammar, dan paragraph writing. Hal lain yang juga penting adalah terkait dengan bagaimana menggunakan buku ini. Sangat disarankan pembaca yang berkeinginan untuk mempelajari buku ini mempertimbangkan bahwa proses belajar Komunikasi Bahasa Inggris yang efektif yang terdiri dari serangkaian aktivitas bermakna seperti aktivitas belajar individu, kelompok, belajar di dalam kelas/di luar kelas, problem-solving, diperkaya/didukung teknologi, dan aktivitas otentik lainnya. Tugas-tugas yang diberikan didisain dengan menggunakan konsep action-based untuk memberikan otonomi belajar yang berlimpah sehingga kesempatan untuk mengembangkan kapasitas kognitif dan metakognitif secara berimbang dapat terpenuhi.

APLIKASI KERJA BATU UNTUK BANGUNAN PELENGKAP JALAN

APLIKASI KERJA BATU UNTUK BANGUNAN PELENGKAP JALAN

Penulis: Daru Purbaningtyas
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-35-7
Format: Cetak (POD) 90 Halaman

Buku ini sebagai penunjang pengetahuan praktis bagi mahasiswa politeknik yang menempuh Mata Kuliah Kerja Batu dan Drainase. Berisi materi pelaksanaan praktek kerja batu untuk pelaksanaan bangunan pelengkap yang meliputi pembuatan dinding penahan tanah, saluran tepi dan trotoar. Penjelasan disampaikan secara ringkas dan berurutan dilengkapi dengan dasar teori dan tahap pelaksanaan pekerjaan.

Tahapan kerja diuraikan mulai dari gambar rencana yang disesuaikan dengan kondisi lapangan, kemudian contoh perhitungan kebutuhan bahan berdasarkan teori yang disampaikan dalam bab sebelumnya dan langkah kerja yang dilakukan untuk tiap bagian pekerjaan dilengkapi gambar-gambar pelaksanaan.

A TO Z HIJAUAN PAKAN TERNAK

A TO Z HIJAUAN PAKAN TERNAK: IDENTIFIKASI DAN BUDIDAYA HIJAUAN PAKAN TERNAK

Penulis: Theo Mahiseta Syahniar, Ahmad Mazuki
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-1678-97-8
Format: Cetak (POD) 102 Halaman

Buku ajar A to Z Hijauan Pakan Ternak ini disusun untuk memudahkan mahasiswa dalam mempelajari hijauan pakan mulai dari jenis, budidaya, padang penggembalaan hingga aplikasi teknologi pengolahan maupun penyimpanannya. Buku ajar ini dibagi menjadi 3 jilid agar lebih mudah dipahami dengan pembahasan yang lebih spesifik namun tidak menghilangkan keterkaitan antara ketiganya menjadi suatu pengetahuan yang utuh. Pada jilid pertama buku ajar ini yang berjudul “A to Z Hijauan Pakan Ternak: Identifikasi dan budidaya hijauan pakan ternak (Jilid 1)” mengulas tentang taksonomi dan morfologi, jenis-jenis hingga teknik budidaya hijauan pakan khusunya rumput dan leguminosa. Hijauan pakan secara sederhana didefinisikan sebagai bagian tanaman yang melakukan proses fotosintesis yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak baik dalam bentuk segar maupun telah diolah. Hijauan pakan merupakan salah satu komponen penting dan tidak dapat dipisahkan sebagai ransum ternak ruminansia baik pada ternak potong maupun ternak perah. Topik-topik materi yang disampaikan dalam buku ajar ini disesuaikan dengan RPS mata kuliah Produksi Hijauan Makanan Ternak untuk mahasiswa Program Studi Produksi Ternak Jurusan Peternakan Politeknik Negeri Jember.

TEKNOLOGI HASIL TERNAK

TEKNOLOGI HASIL TERNAK: PRINSIP, PROSEDUR, DAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN SUSU

Penulis: Erfan Kustiawan, Dyah Laksito Rukmi
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-48-7
Format: Cetak (POD) 130 Halaman

Susu merupakan minuman bernilai gizi yang tinggi dan sempurna namun bersifat “perishable” atau mudah rusak. Rusaknya susu ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor fisik, kimiawi, dan mikrobiologi. Penulisan buku ajar Teknologi Hasil Ternak : Prinsip, Prosedur, dan Teknologi Pengolahan Susu bertujuan agar mahasiswa memahami dan mampu mengaplikasikan penanganan susu segar sejak diterima dari peternak hingga siap dikonsumsi atau akan diolah lebih lanjut.

Secara lengkap buku ini membahas dengan gamblang dan sederhana tentang komposisi susu, karakteristik susu, teknis penanganan pasca panen susu dan berbagai prosedur pengawetan susu untuk memperpanjang waktu simpan dengan menerapkan prinsip keamanan pangan, serta menyajikan berbagai aneka produuk olahan susu dengan memperhatikan standar mutu.

ERGONOMI DESAIN

ERGONOMI DESAIN

Penulis: Etwin Fibrianie, Dwi Cahyadi
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-46-3
Format: Cetak (POD) 90 Halaman

Secara etimologi, Ergonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu ergon yang berarti kerja dan nomo yang berarti peraturan atau hukum. Secara terminologi, pengertian ergonomi adalah peraturan tentang bagaimana melakukan kerja, termasuk sikap kerja. Sedangkan, pengertian ergonomi secara umum yaitu ilmu yang mempelajari sifat, kemampuan dan keterbatasan manusia untuk merancang suatu sistem kerja sehingga orang bisa hidup dan bekerja pada suatu sistem dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif, aman dan nyaman.

Secara umum, prinsip ergonomi terbagi menjadi 5 yaitu : (1) Kegunaan (Utility), Prinsip ini berarti setiap produk yang dihasilkan bermanfaat bagi seseorang dalam mendukung aktivitas atau kebutuhan secara maksimal tanpa mengalami kesulitan atau masalah dalam kegunaannya. (2) Keamanan (safety), Prinsip ini berarti setiap produk yang dihasilkan memiliki fungsi yang bermanfaat tanpa risiko membahayakan keselamatan maupun merugikan pemakainya. (3) Kenyamanan (comfortability), Prinsip ini berarti produk yang dihasilkan mempuntau tujuan yang sesuai atau tidak menggangu aktivitas serta upayakan mendukung aktivitas seseorang. (4) Keluwesan (Flexibility), Prinsip ini artinya ergonomi dapat digunakan untuk kebutuhan dala m kondisi maupun fungsi ganda. (5)Kekuatan (durability), Ini artinya harus awet dan tahan lama serta tidak mudah rusak jika digunakan.

Pengkajian dalam perancangan sistem kerja dengan melibatkan tugas-tugas kognitif dalam pemecahan masalah, beban fisik (faal kerja) dalam pengendalian sistem kerja yang semakin kompleks, serta interaksi antara manusia dengan sistem kerja maupun lingkungannya memerlukan sebuah pendekatan yang komprehensif dan integral. Ergonomi sebagai sebuah disiplin keilmuan yang mencoba mempelajari interaksi manusia (dari aspek beban fisik dan mental) dalam sistem kerjanya secara komprehensif-integral mengklasifikasikannya sebagai studi ergonomi kognitif (Sage, 1992).

Ergonomi kognitif adalah cabang ergonomi yang berkaitan dengan proses mental manusia, termasuk di dalamnya; persepsi, ingatan, dan reaksi, sebagai akibat dari interaksi manusia terhadap pemakaian elemen sistem. Topik-topik yang relevan dalam ergonomi kognitif antara lain; beban kerja, pengambilan keputusan, performa, interaksi manusia-komputer, kehandalan manusia, stres kerja dan training karena hal-hal tersebut berkaitan dengan perancangan manusia-sistem. Ergonomi kognitif mempelajari kognisi dalam sistem kerja terutama yang berkaitan dengan setelan operasi, dalam rangka mengoptimalkan kesejahteraan manusia dan performa sistem. Ergonomi kognitif berusaha menyelidiki proses-proses mental di dalam diri manusia dengan cara objektif dan ilmiah (http://ergonomi-fit.blogspot.com)

Buku ini dibuat sebagai pelengkap mata kuliah ergonomic 2 yang merupakan Kelanjutan dari Ergonomi 1. Di dalam buku ni di kupas mengenai keterkaitan ergonomic dengan estetika, apa dan bagaimana kognisi mempengaruhi dalam perancangan desain ergonomis. Di sajikan lengkap dengan studi kasus yang aplikatif.

TEORI DAN APLIKASI INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

TEORI DAN APLIKASI INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Penulis: Muchamad Zainul Rohman, Wahyuni Eka Sari, Farindika Metandi
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-71-5
Format: Cetak (POD) 106 Halaman

Desain suatu tampilan perangkat lunak dan perangkat keras adalah unsur yang penting untuk mendukung interaksi antara manusia dengan aplikasi atau komputer. Desain suatu tampilan perangkat lunak maupun perangkat keras dapat berpengaruh positif atau negatif pada kondisi psikologis pengguna. Desain yang baik akan sangat menentukan suatu produk akan laris dipasaran atau akan ditinggalkan oleh konsumen. Pada buku ini dibahas definisi dan brainstorming tentang pengenalan interaksi manusia komputer,  materi selanjutnya adalah manusia, konsep komputer, konsep interaksi, paradigm interaksi, dasar-dasar perancangan interaksi 1 dan 2, tipe-tipe interaksi, perancangan pesan sistem, tampilan layar dan warna, serta prototyping dan alat bantu perancangan.

Buku ini dapat menambah kemampuan lebih dalam menangani banyak tugas maupun pekerjaan di lapangan yang berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer. Setelah anda menguasai teknik-teknik dasar interaksi manusia dan komputer untuk membangun tampilan aplikasi yang menarik maka langkah selanjutnya penguasaan teknik mendesain yang tepat untuk membangun aplikasi yang menerapkan prinsip-prinsip interaksi manusia dan komputer diperlukan. Buku ini digunakan oleh mahasiswa semester 5 pada jurusan Teknologi Informasi.