ANALISA STRUKTUR RANGKA BATANG, PUTARAN SUDUT, DAN LENDUTAN

ANALISA STRUKTUR RANGKA BATANG, PUTARAN SUDUT, DAN LENDUTAN

Penulis: AMALIA, SUKARMAN
Editor: Supriatnoko dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 117 halaman

Buku Mekanika Teknik 3 ini disusun dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai Analisa Struktur Rangka Batang, Putaran Sudut, dan Lendutan baik secara manual maupun dengan alat bantu software SAP2000. Buku ini disusun dalam 4 Bab, yang terdiri dari Pendahuluan, Sistem Struktur, Analisa Struktur Rangka Batang, serta Putaran Sudut dan Lendutan. Buku ini disusun secara sistematis agar pembaca dapat mempelajari materi dengan lebih mudah. Fokus pembelajaran diarahkan pada pemahaman terhadap materi serta latihan dan penyelesaian soal.

DASAR-DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Di Perguruan Tinggi

DASAR-DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Di Perguruan Tinggi

Penulis: Respati Prajna Vashti, S.Hum., M.Pd., Irwan Prasetya, S.Sos., M.Pd.
Editor: Eky Erlanda Edel dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 120 halaman

Dalam menjalankan kehidupan di dunia, manusia membutuhkan arahan serta bimbingan. Tujuannya agar setiap yang dilakukan tidak berpotensi melanggar hukum baik negara maupun agama. Pola pikir akan menentukan bagaimana manusia dalam menjalani hidupnya. Sehingga dorongan atas pikiran dan akal inilah yang menjadikan manusia untuk mempertimbangkan segala perbuatannya. Ketika manusia berpikir positif maka ia cenderung bersikap, berperilaku, dan bertindak positif. Akan tetapi sebaliknya, apabila manusia selalu berpikiran negative maka dalam tindakannya juga negative.

Buku ini mengulas secara komprehensif tentang ajaran agama Islam. Memberikan penjelasan dan gambaran untuk selalu berpikir dan berperilaku secara positif, sehingga setiap yang dilakukan akan bernilai ibadah. Melalui buku ini, kita akan lebih mengenal Agama Islam, dengan demikian dapat meningkatkan kecintaan kita kepada Allah.

Setiap materi dikemas dengan bahasa yang ringan, agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Mulai dari menjelaskan tentang konsep dasar dalam beragama, hukum dan HAM dalam Islam, hingga perbedaan konsep akhlak, etika, dan moral.

Oleh karena itu, buku ini sangat penting untuk dibaca dan dimiliki khusunya mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta, sebagai salahsatu buku referensi dalam perkuliahan Agama Islam.

Semoga kehadirannya buku ini, dapat memberikan pengaruh positif dan pemahaman agama Islam yang lebih baik.

TRANSFORMATOR : PENGUJIAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MULTISIM

TRANSFORMATOR : PENGUJIAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MULTISIM

Penulis: NUHA NADHIROH, ISDAWIMAH
Editor: Eky Erlanda Edel dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman:  halaman

 

 

Buku berjudul Transformator: Pengujian Menggunakan Software Multisim disusun oleh dosen Jurusan Teknik Elektro-Politeknik Negeri Jakarta. Buku ini sangat diperlukan mahasiswa pada saat mempelajari hal-hal yang terkait dengan penggunaan software untuk menguji transformator. Buku ini disusun dengan runtut, jelas dan lengkap sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Laboratorium Mesin Listrik dan Pengaman. Buku ini jumlah halaman tidak terlalu banyak, tetapi cukup lengkap sebagai buku panduan praktikum karena mencakup tentang bentuk rangkaian, komponen yang diperlukan, metode pengujian serta metode pengambilan data. Materi buku ajar ini meliputi Fungsi dan Prinsip Kerja Transformator, Pengujian Polaritas Transformator, Pengujian Transformator tanpa beban, Pengujian transformator hubung singkat, Pengujian transformator berbeban, rugi-rugi pada transformator serta Jenis dan konfigurasi belitan transformator 3 fasa.

FUNDAMENTAL ENGINE

FUNDAMENTAL ENGINE

Penulis: Fuad Zainuri, Muhammad Hidayatullah, Rahmat Noval
Editor: Supriatnoko dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 71 halaman

Engine adalah suatu alat yang memiliki kemampuan untuk merubah energi panas yang dimiliki oleh bahan bakar menjadi energi gerak. Berdasarkan fungsinya maka terminologi engine digunakan sebagai sumber tenaga atau penggerak utama (prime power) pada machine, genset, kapal untuk mendapat satu langkah power maka diesel engine dibagi menjadi engine diesel dua langkah (two stroke) dan empat langkah (four stroke). Selanjutnya engine diesel empat langkah digolongkan lagi berdasarkan cara pemasukan bahan bakar ke dalam ruang bakar menjadi dua tipe yaitu: engine dengan system pre-combustion chamber dan direct injection.

Maintenance & Overhoul Gasoline Engine

Maintenance & Overhoul Gasoline Engine

Penulis: Sugiyarto, Edy Ismail
Editor: Supriatnoko dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 116 halaman

Buku ajar Maintenance & Overhoul Gasoline Engine ini berisikan 14 bab tentang cara melakukan pembongkaran, pemeriksanaan, perbaikan, dan perakitan pada kendaraan jenis mesin bensin. Keempat belas bab itu, yaitu: 1) Sejarah Dan Klasifikasi Motor Bensin; 2) Bahan Bakar, Pelumas, dan Peralatan Otomotif; 3) Dasar, Klasifikasi, Komponen Motor Bensin; 4) Sistem Hisap Motor Bensin; 5) Sistem Bahan Bakar Motor Bensin; 6) Sistem Pelumas Motor Bensin; 7) Sistem Pendingin Motor Bensin; 8) Sistem Gas Buang Motor Bensin; 9) Sistem Pengisian Motor Bensin; 10) Tune-Up; 11) Langkah-langkah melaksanakan overhoul; 12) Pelepasan mesin dari kendaraan (remove engine); 13) Pembongkaran mesin (disassemble engine); 14) Perakitan mesin (assembly engine). Buku ajar ini akan membantu pembaca untuk dapat melakukan pembongkaran, pemeriksaan, perbaikan dan perakitan pada kendaraan jenis mesin bensin. Pemilik kendaraan akan dibantu untuk mampu melakukan pembongkaran, pemeriksaan, perbaikan dan perakitan pada kendaraan jenis mesin bensin dengan mudah.

 

Kata Kunci: Maintenance, Overhoul, Gasoline Engine

TEKNOLOGI CETAK OFFSET

TEKNOLOGI CETAK OFFSET

Penulis: Saeful Imam, M.T
Editor: Nining Latianingsih dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 125 halaman

Proses cetak offset merupakan salah sayu dari empat teknologi cetak konvensional. Cetak konvensional adalah implrmmtasi proses cetak masal dengan penggunaan acuan cetak yang permanen, Dari sudut pandang industry, cetak offset memiiiki prospek bisnis yang cukup menjanjikan, karena proses cetak offset merupakan proses cetak yang lebih familiar dibandingkan dengan peoses cetak lainnya, hal ini karena material cetak utama dalam proses cetak adalah kertas dimana kebutuhan produk cetak dengan bahan kertas memiiiki variasi yang cukup banyak dan produknya paling banyak digunakan oleh masyarakat secara iuas. Teknik cetak offset juga biasa disebut dengan cetak datar, karena teknik cetak menggunakan pelat sebagai acuan, dimana bagian bergambar/bagian mencetak kedudukannya sama datar dengan bagian yang tidak bergambar/bagian tidak mencetak. Mesin cetak offset secara umum terdiri dari 3 jenis silinder cetak yaitu silinder pelat (plate cylinder), silinder kain karet (blanket cylinder), dan silinder tekan (impression cylinder). Teknik cetak ini disebut juga dengan pencetakan tidak langsung karena dalam proses kerja memerlukan media kain karet (blanket) sebagai perantara pengalihan tinta, kejadian pengalihan tinta yang tidak langsung inilah yang menjadi dasar teknik ofset. Istilah “Offset ” (dari kata set-off = beralih), sesuai dengan penggunaan kata offset dimana menjeiaskan bahwa gambar dengan lapisan tintanya semula diatas permukaaan pelat selanjutnya “dialihkan” dahulu ke permukaan kain karet kemudian dialihkan lagi ke kertas dengan bantuan penekan dari silinder tekan (Cylinder Jmpresion). Selain pembahasan teoritis buku ini di lengkapi dengan studi kasus proses cetak offset yang dilakukan di workshop cetak offset sehingga implementasi dari teori dapat dengan mudah dilakukan dengan mengikuti langkah langkah keija yang telah dihasilkan pada project yang termuat dalam tulisan ini. Buku ini diharapkan mampu memberikan hasanah keilmuan yang berguna sebagai handout orang yang ingin mempeiajari teknologi cetak offset khususnya mahasiswa Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan.

Kata kunci: Cetak offset, mesin cetak, plate, blanket, impression

Autodesk Revit Untuk Perhitungan Kuantitas Struktur Gedung

Autodesk Revit Untuk Perhitungan Kuantitas Struktur Gedung

Penulis: Safri, S.T., M.T., RA Kartika Hapsari S, S.T., M.T.
Editor: Ina Sukaesih dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 143 halaman

Perkembangan perhitungan kuantitas di dunia industri semakin berkembang.
Salah satunya adalah dengan menggunakan BIM (Building Information Modelling). BIM merupakan salah satu teknologi di bidang AEC (Arsitektur, Engineering dan Konstruksi) yang mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam proyek pembangunan ke dalam model 3 dimensi. Autodesk Revit adalah software untuk membuat desain 3D yang mendukung program BIM. Untuk mendukung kebutuhan tersebut, maka dalam proses belajar mengajar mahasiswa mulai dikenalkan dengan BIM. Buku Ini dibuat untuk menjadi referensi Mahasiswa agar lebih mudah dalam mempelajari BIM. Buku ini berisi tentang langkah-langkah pembuatan modelling struktur Gedung dimulai dari membuat Level, Grid. Kolom Beton, Pondasi Beton, Dinding Beton, Balok, Slab, Tangga, Baja dan sambungannya, Pembesian kolom, Pembesian balok, Pembesian pelat lantai, Pembesian Tangga, Material Take Off, dan membuat KOP gambar menggunakan software Autodesk Revit. Diharapkan dengan adanya buku ini maka mahasiswa sebagai pemula dalam penggunaan BIM dapat belajar menggunakan Autodesk Revit lebih mudah, karena buku ini dibuat lebih terperinci dilengkapi dengan contoh dan gambar.

FIKIH MUAMALAH EKONOMI Akad dan Skema Produk Perbankan Syariah

FIKIH MUAMALAH EKONOMI Akad dan Skema Produk Perbankan Syariah

Penulis: Dr. Dede Abdul Fatah, SHI., M.Si
Editor: Iis Mariam dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 113 halaman

Penyusunan Buku berjudul “Fikih Muamalah Ekonomi: Akad dan Skema Produk Perbankan Syariah” bertujuan membantu mahasiswa untuk memahami akad dan skema produk perbankan Syariah dan praktiknya di Lembaga keuangan Syariah khususnya di perbankan Syariah. Buku ini hanya membahas tentang produk pembiayaan bank Syariah yang paling banyak dipasarkan di industry perbankan Syariah saat ini yaitu pembiayaan kepemilikan emas, pembiayaan multijasa, pembiayaan pemilikan rumah, pembiayaan refinancing, Letter of Credit syraiah, kartu kredit Syariah, novasi dan subrogasi Syariah. Akad dan skema di atas merujuk pada fatwa DSN-MUI dan Peraturan Otoritas Jasa Kuangan (POJK). Akad dan skema di atas dapat diaplikasikan di Lembaga keuangan Syariah, khususnya Bank Umum Syariah (BUS), Unit Usaha Syariah (UUS), dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)

LANGKAH PRAKTIS MENERJEMAHKAN (EDISI REVISI)

“LANGKAH PRAKTIS MENERJEMAHKAN” (EDISI REVISI)

Penulis: Ina Sukaesih, Lenny Brida
Editor: Iis Mariam dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 91 halaman

Buku ini disusun untuk mengenalkan penerjemahan pada mahasiswa program studi Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional Politeknik Negeri Jakarta dan membuka wawasan mahasiswa tentang penerjemahan, fungsi penerjemahan dalam komunikasi antar bangsa dan bagaimana karya terjemahan bisa dianggap memiliki kualitas yang baik.

Unit pertama buku ini mengenalkan pemahaman penerjemahan dan istilah-istilah penerjamahan. Setelah mahasiswa memahami makna penerjemahan, pada unit dua dipaparkan tentang hubungan antara penerjemahan dengan budaya, bagaimana budaya memengaruhi penerjemahan dan bagaimana penerjemahan berfungsi dalam budaya.

Ideologi penerjemahan diperkenalkan pada unit tiga. Ideologi penerjemahan merupakan titik tolak bagi seorang penerjemah dalam melakukan penerjemahan dan merupakan arah yang menuntunnya dalam proses penerjemahan. Ketika seorang penerjemah telah menentukan ideologi penerjemahan, langkah selanjutnya akan dituntun pada penggunaan metode dan teknik penerjemahan yang satu arah. Metode dan teknik penerjemahkan diuraikan pada unit empat dan unit lima.

FLUIDA STATIS: Implementasi Ilmu Fisika

FLUIDA STATIS: Implementasi Ilmu Fisika

Penulis: Tri Wulan Sari, S.Si., M.Si
Editor: Ina Sukaesih dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 134 halaman

 

 

Buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam belajar materi terkait Fluida. Khususnya fluida statis. Buku ini membahas mengenai:

    1. Besaran Fluida Statis
    2. Konversi Satuan Fluida Statis
    3. Fluida Statis
    4. Implementasi Fluida Statis
    5. Hasil Riset Terkait Fluida Statis

Pada bagian terakhir buku ini merupakan hasil riset yang terkait dengan fluida statis antara lain berat jenis beberapa macam fluida, Piezometer, Aliran di atas ambang tajam dan Hukum Archimedes.