TEKNOLOGI CETAK OFFSET

TEKNOLOGI CETAK OFFSET

Penulis: Saeful Imam, M.T
Editor: Nining Latianingsih dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 125 halaman

Proses cetak offset merupakan salah sayu dari empat teknologi cetak konvensional. Cetak konvensional adalah implrmmtasi proses cetak masal dengan penggunaan acuan cetak yang permanen, Dari sudut pandang industry, cetak offset memiiiki prospek bisnis yang cukup menjanjikan, karena proses cetak offset merupakan proses cetak yang lebih familiar dibandingkan dengan peoses cetak lainnya, hal ini karena material cetak utama dalam proses cetak adalah kertas dimana kebutuhan produk cetak dengan bahan kertas memiiiki variasi yang cukup banyak dan produknya paling banyak digunakan oleh masyarakat secara iuas. Teknik cetak offset juga biasa disebut dengan cetak datar, karena teknik cetak menggunakan pelat sebagai acuan, dimana bagian bergambar/bagian mencetak kedudukannya sama datar dengan bagian yang tidak bergambar/bagian tidak mencetak. Mesin cetak offset secara umum terdiri dari 3 jenis silinder cetak yaitu silinder pelat (plate cylinder), silinder kain karet (blanket cylinder), dan silinder tekan (impression cylinder). Teknik cetak ini disebut juga dengan pencetakan tidak langsung karena dalam proses kerja memerlukan media kain karet (blanket) sebagai perantara pengalihan tinta, kejadian pengalihan tinta yang tidak langsung inilah yang menjadi dasar teknik ofset. Istilah “Offset ” (dari kata set-off = beralih), sesuai dengan penggunaan kata offset dimana menjeiaskan bahwa gambar dengan lapisan tintanya semula diatas permukaaan pelat selanjutnya “dialihkan” dahulu ke permukaan kain karet kemudian dialihkan lagi ke kertas dengan bantuan penekan dari silinder tekan (Cylinder Jmpresion). Selain pembahasan teoritis buku ini di lengkapi dengan studi kasus proses cetak offset yang dilakukan di workshop cetak offset sehingga implementasi dari teori dapat dengan mudah dilakukan dengan mengikuti langkah langkah keija yang telah dihasilkan pada project yang termuat dalam tulisan ini. Buku ini diharapkan mampu memberikan hasanah keilmuan yang berguna sebagai handout orang yang ingin mempeiajari teknologi cetak offset khususnya mahasiswa Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan.

Kata kunci: Cetak offset, mesin cetak, plate, blanket, impression

INTERAKSI KEMASAN DAN PANGAN (JILID 1)

INTERAKSI KEMASAN DAN PANGAN (JILID 1)

Penulis: Deli Silvia, S.Si., M.Sc.
Editor: Eky Erlanda Edel dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 133 halaman

 

 

 

Kemasan merupakan sesuatu yang penting bagi setiap orang, baik sebagai pelindung makanan, serta mempengaruhi kualitas hidup. Saat ini, kemasan juga berpotensi sebagai pemicu bahaya bagi konsumen ketika salah dalam pemilihan material, penggunaan dan penyimpanan. Untuk kemasan pangan, di Indonesia diatur jelas dalam Peraturan BPOM RI No. 20 Tahun 2019 mengenai kemasan Pangan. Agar hak konsumen dapat terlindungi dengan baik. Perlu adanya edukasi mengenai kemasan pangan. Belum banyak yang tahu, bahwa interaksi yang terjadi antara material kemasan dengan produk pangan yang dikemasnya, dapat membahayakan keamanan dan kualitas pangan.

Melalui buku ini, pembaca akan diedukasi mengenai bahaya dari interaksi kemasan dan pangan, faktor-faktor yang mempengaruhinya, senyawa kimia yang mampu bermigrasi, cara pengujian serta solusi yang ditawarkan agar dapat meminimalisir bahaya interaksi tersebut. Tidak hanya itu, dalam buku ini juga pembaca disuguhkan dengan berbagai kasus penyalahgunaan kemasan pangan yang banyak di jumpai didalam kehidupan sehari-hari. Dalam bentuk video dan bahasa yang mudah dimengerti agar pembaca dari kalangan manapun dapat memahaminya dengan mudah.

Temukan informasi yang menarik, serta studi kasus yang bisa dijadikan pembelajaran bagi pembaca agar bahaya dari interaksi kemasan dan pangan dapat diminimalisir dengan mudah.

Keywords: interaksi, kemasan, pangan, migrasi, bahaya , material

Mengungkap Proses Produksi Kemasan

Mengungkap Proses Produksi Kemasan

Penulis: Zulkarnain
Editor: Eky Erlanda Edel dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 103 halaman

Proses produksi adalah cara, metode, serta teknik untuk menciptakan,
mengolah, atau memberi nilai tambah bagi suatu barang atau jasa dengan
menggunakan sumber-sumber daya (tenaga kerja, mesin, dan bahan-bahan) yang ada.

Sementara itu, buku ini berbicara mengenai langkah atau tahap dari kegiatan produksi kemasan yang membuat suatu input menjadi output yang mempunyai nilai tambah. Melalui mata kuliah ini diharapkan pembaca mampu memahami kegiatan-kegiatan proses produksi, menerapkan alat-alat baik pendekatan kualitatif maupun kuantitatif, dan mengelola proses produksi pada sektor industri kemasan.

Bahasan pada buku ini mencakup pengenalan tentang jenis-jenis proses
produksi, proses produksi pulp dan kertas, desain kemasan sebagai proses produksi, proses produksi kemasan, aliran proses produksi, sistem kerja dalam proses produksi, serta proses produksi dan pengendalian produk manufaktur. Adapun teknologi produksi kemasan dalam bahasan ini meliputi offset, rotogravure, fleksografi, sablon, dan digital printing.

SISI TERANG MATERIAL KEMASAN GELAS, LOGAM DAN KAYU

SISI TERANG MATERIAL KEMASAN GELAS, LOGAM DAN KAYU

Penulis: Rina Ningtyas, M.Si
Editor: Nining Latianingsih dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 99 halaman

Material kemasan merupakan elemen penting yang harus dipertimbangkan pada tahap awal produksi karena fungsinya sebagai pelindung produk. Pemilihan jenis packaging yang tepat akan memudahkan pendistribusian produk kepada konsumen dalam kondisi 100% utuh. Oleh karenanya, sebagai produsen, mari cari tahu tipe kemasan yang paling umum digunakan. Pada pangan dan hasil pertanian lainnya, pengemasan disebut juga pembungkusan, pewadahan atau pengepakan, dan merupakan salah satu cara pengawetan bahan, karena pengemasan dapat memperpanjang umur simpan bahan. Pengemasan adalah wadah atau pembungkus yang dapat membantu mencegah atau mengurangi terjadinya kerusakan-kerusakan pada bahan yang dikemas / dibungkusnya. Pemahaman materi tentang material kemasan menjadi hal yang penting, karena setiap material mempunyai karakteristik yang berbeda, sehingga dapat diaplikan pada produk yang berbeda pula. Pada buku ini akan dibahas tiga jenis material kemasan, yaitu kemasan gelas, logam dan kayu secara detail, bukan hanya tentang karakristik, tetapi semua mulai dari bahan penyusun, proses pembuatan dan pengolahan, bagaimana diaplikasikan dan juga bagaimana proses daur ulang material tersebut ketika selesai digunakan.

DESAIN LAYOUT

DESAIN LAYOUT

Penulis: Anggi Anggarini
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Anggi Anggarini
Tata Letak: Anggi Anggarini
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-73-1
Format: Cetak (POD) 130 Halaman

Baca Disini

Membuat desain layout adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang desainer grafis. Oleh karena itu penting bagi desainer untuk menguasai pengetahuan tentang layout, mulai dari prinsip-prinsip layout, format, grid, penyusunan teks hingga berbagai eksplorasi elemen layout.

Buku ini adalah penyempurnaan dari buku Layout Desain Publikasi: Eksplorasi Teks dan Gambar yang diterbitkan di tahun 2019. Selain membahas tentang layout desain publikasi, juga membahas layout pada media promosi dan kemasan. Pengetahuan dasar tentang layout dibahas tuntas, dilengkapi dengan contoh-contoh detail agar lebih mudah dicerna.

Dalam buku ini juga diberikan informasi tentang langkah-langkah pembuatan layout buku, majalah, brosur dan kemasan. Dilengkapi dengan tips dan trik pembuatan layout dari hasil pengalaman penulis.

Buku ini dibuat untuk menjadi referensi dalam pendidikan desain grafis. Dilengkapi dengan latihan dan contoh-contoh karya yang diharapkan dapat menginspirasi pembaca dalam melakukan eksplorasi layout.

Mahasiswa Desain Grafis dan desainer grafis pada umumnya akan mendapatkan kegunaan buku ini sebagai rujukan dalam pembuatan desain layout desain publikasi, media promosi dan kemasan.

TEKNOLOGI TINTA CEETAK DAN COATING

TEKNOLOGI TINTA CEETAK DAN COATING

Penulis: Muryeti
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Puji Widodo
Tata Letak: Puji Widodo
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-85-4
Format: Cetak (POD) 106 Halaman
Baca Disini

Buku Teknologi Tinta Cetak dan Coating  merupakan buku ajar untuk mata kuliah Tinta Cetak dan Coating yang dapat digunakan oleh mahasiswa maupun dosen serta pemerhati/pelaku dalam produksi cetak. Buku ini berisi tentang pengetahuan teknologi tinta cetak dimulai dari bahan baku pembuatan tinta cetak, proses pembuatan tinta cetak, sifat-sifat tinta, jenis-jenis tinta cetak, serta coating. Dalam buku ini juga mempelajari tentang hubungan antara tinta cetak dalam proses cetak, masalah yang terjadi  pada proses cetak serta penganggulangan masalah tersebut.

TREN TEKNOLOGI KEMASAN PANGAN

TREN TEKNOLOGI KEMASAN PANGAN

Penulis: Rina Ningtyas
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Puji Widodo
Tata Letak: Puji Widodo
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-95-3
Format: Cetak (POD) 153 Halaman
Baca Disini

Kemasan produk pangan adalah hal yang sangat menarik dan penting untuk dipelajari, karena fungsi kemasan bukan hanya sebagai label untuk nilai tambah produk dimata konsumen, tetapi kemasan memiliki fungsi perlindungan. Setiap pangan memiliki karakteristik fisikokimia yang berbeda, sehingga membutuhkan kemasan yang berbeda pula,hal ini agar produk pangan tidak kehilangan mutu akibat perubahan tempat dan waktu serta memiliki masa simpan yang lebih lama.

Buku ini sebagai bahan ajar dalam mata kuliah Teknologi Kemasan Pangan yang dapat digunakan oleh mahasiswa maupun dosen pengajar. Buku ini mempelajari tentang teknologi kemasan pangan, yang dimulai dari karakteristik mutu pangan yang mempelajari tentang sifat-sifat pada pangan pangan dan yang menyebabkan kerusakan mutu dan keamanan pangan. Pengetahuan tentang karakteristik pangan merupakan dasar dalam memilih kemasan dan teknologi kemasan yang tepat. dimana Pangan yang berbeda akan mempengaruhi jenis kemasan dan teknologi kemasan yang akan digunakan. Selanjutnya juga akan dipelajari tentang kemasan aseptis, kemasan edible dan biodegradable, Modified Atmosphire Packaging (MAP) dan Controlled Atmosphire Packaging (CAP), kemasan cerdas (aktif dan pintar) dan nanoteknologi dimana ini adalah teknologi kemasan terbaru yang penting untuk pangan. Dalam buku ini juga mempelajari berbagai aplikasi teknologi kemasan untuk berbagai jenis pangan, yaitu produk hortikultura, dagingsusu dan olahan susu, serta produk minuman.

PEDOMAN SUKSES PRACETAK DIGITAL

PEDOMAN SUKSES PRACETAK DIGITAL

Penulis: Zulkarnain
Editor: Nunung Martina, Afrilla S. F. Emberik
Desain Sampul: Zulkarnain
Tata Letak: Wahyu Suwarni
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-96-0
Format: Cetak (POD) 135 Halaman
Baca Disini

Pentingnya memahami pracetak digital adalah dapat menghemat waktu secara signifikan, tentu dengan didukung artwork dalam format yang benar. Ukuran file, jenis file yang berbeda, dan kebutuhan keluaran bias saja memperlambat proses pencetakan, namun bila memahami pracetak digital dengan baik dapat menghasilkan keluaran file yang efektif dan efisien. Buku ini dirancang sebagai pedoman pekerjaan pracetak digital dalam proses produksi percetakan dan desain grafis. Adapun materi yang diulas adalah ruang lingkup pracetak, penggunaan software pada pracetak, peralatan dan mesin pracetak digital terintegrasi, operasional file digital, pembuatan final artwork, dan juga studi kasus. Sementara itu diharapkan setelah membaca buku ini, pembaca dapat memahami dan mampu mengimplementasikan pracetak digital secara sempurna.

ASPEK HUKUM BISNIS DALAM INDUSTRI DESAIN GRAFIS

ASPEK HUKUM BISNIS DALAM INDUSTRI DESAIN GRAFIS

Penulis: MRR Tiyas Maheni DK
Editor: Nunung Martina, Anggi Anggarini
Desain Sampul: Anggi Anggarini
Tata Letak: Anggi Anggarini
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-602-5923-94-4
Format: Cetak (POD) 128 Halaman

Baca disini

Aspek Hukum Bisnis dalam Industri Desain Grafis ini membuka wawasan tentang kaidah-kaidah hukum yang berlaku dalam aktivitas bisnis yang dijalankan oleh profesi desainer grafis.  Hukum bisnis memiliki peranan penting dalam menjamin aktivitas bisnis yang aman, tertib, dan mewujudkan iklim bisnis yang sehat bagi desainer grafis.

Buku ini membekali desainer grafis pengetahuan tentang keterkaitan hukum dalam industri desain grafis, Hukum Perjanjian, Hukum Perusahaan, Hak Kekayaan Intelektual, dan Perlindungan Konsumen. Penulisan materi dalam buku ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami disertai dengan contoh dan ilustrasi yang mendukung disajikan secara integral, sistematis, dan komprehensif dari berbagai aspek yang menyangkut regulasi dalam industri desain grafis.

Buku ini layak dibaca oleh para mahasiswa dan praktisi yang berkecimpung dalam industri desain grafis.

MANAJEMEN WARNA

MANAJEMEN WARNA

Penulis: Zulkarnain
Editor: Nunung Martina, Wahyu Suwarni
Desain Sampul: Zulkarnain
Tata Letak: Wahyu Suwarni
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-602-5923-94-4
Format: Cetak (POD) 128 Halaman

Baca disini

Pelanggan sering berharap bahwa warna yang dilihat di layar monitor akan sama persis ketika dicetak. Disisi lain, penyedia produksi cetak sering menunjukkan hasil cetak yang tidak konsisten dari waktu ke waktu. Buku manajemen warna ini akan menjawab kedua tantangan tersebut. Manajemen warna berbicara mengenai bagaimana warna berproses antar bagian pekerjaan dan peralatan dalam suatu lingkungan sistem produksi cetak. Dimana, tujuan yang hendak capai adalah mendapatkan warna yang konsisten dan dapat diprediksi diantara input, proses, dan output.

Buku manajemen warna ini diperuntukan untuk keperluan produksi cetak baik cetak promosi, buku, dan tentunya kemasan. Pembahasan fokus pada konsep, metode, dan aplikasi. Adapun materi yang diulas adalah komunikasi warna, mengenal warna, memahami cahaya, sistem manajemen warna, perbedaan warna, icc profile, pengukuran warna, proofing, dan studi kasus. Melalui buku ini semoga pembaca dapat memahami bagaimana berkomunikasi warna, kontrol kualitas warna, dan juga mengimplementasikan pengukuran warna dan sistem manajemen warna dapat lingkungan produksi cetak.