Aplikasi Timbangan berbasis ESP8266 NodeMCU dengan Load Cell dan Amplifier HX711 (Skala Digital)

Aplikasi Timbangan berbasis ESP8266 NodeMCU dengan Load Cell dan Amplifier HX711 (Skala Digital)

Penulis: Prihatin Oktivasari, Ayu Rosyida Zain, Rachman Hanafi, Muhammad Arlan Albarofi Fierelio KS
Editor: Nining Latianingsih dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 104 halaman

Pada buku ini diulas keseluruhan proses cara pembuatan projek timbangan digital berbasis NodeMCU baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak, maupun dalam proses pengolahan data dari alat timbangan digital, yang telah diimplementasikan pada komunitas bank sampah. Pengolahan ini dimulai dengan menelaah tentang teori tentang load cell, teori tentang NodeMCU, teori metode MQQT, perangkat keras maupun perangkat lunak yang diperlukan oleh sistem timbangan digital.

Dalam buku ini dibahas tuntas juga proses mengenai cara koneksi wireless menggunakan NodeMCU ke aplikasi berbasis web menggunakan metode MQQT, sehingga akan bersifat paperless dalam implementasi sebenarnya. Pembuatan web dari langkah awal sampai langkah dashboard tampil publik juga dikupas secara detail dalam buku ini. Harapan penulis, buku ini dapat menginspirasi pembaca umum maupun mahasiswa/pendidik dalam menentukan suatu ide projek sederhana, dan berani mencoba secara mandiri membuat suatu alat yang terintegrasi web.

Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak

Penulis: Rizki Elisa Nalawati, S.T.,M.T., Asep Taufik Muharram, S.Kom.,M.Kom., Bambang Warsuta, S.Kom., M.T.I.
Editor: Nining Latianingsih dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 131 halaman

Rekayasa Perangkat Lunak merupakan salah satu keilmuan bidang informatika yang dijadikan dasar dalam pengembangan sebuah perangkat lunak.. IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Buku Rekayasa Perangkat Lunak pada Program Studi Teknik Informatika ini
dikembangkan agar dapat membentuk lulusan mahasiswa profesional yang
memiliki kompetensi dari sisi pengetahuan, keterampilan khusus, keterampilan umum, dan sikap secara utuh dan kuat. Mendorong mahasiswa untuk berpikir sistematis kritis, inovatif, bermutu dan terukur serta menunjukan kinerja mandiri dalam menguasai prinsip pengembangan teknologi multimedia digital. Sebagai proses pencapaiannya melalui pembelajaran terhadap sejumlah mata kuliah yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung guna tercapainya kompetensi tersebut.

Hal-hal penting yang dapat dipelajari mencakup dasar-dasar dalam melakukan
rekayasa perangkat lunak mencakup proses, model dalam menjamin kualitas
perangkat lunak dengan menjabarkan elemen-elemen model proses, requirement engineering, bentuk-bentuk pemodelan pengembangan perangkat lunak secara lengkap agar mahasiswa mampu memberi alternatif solusi untuk kebutuhan pengembangan perangkat lunak dengan memanfaatkan prinsip dan dapat memberikan hasil berupa produk perangkat lunak sesuai kebutuhan yang telah terdefinisi secara standar. Buku ini dibuat sebagai dasar dalam upaya pembentukan cara berpikir mahasiswa dalam membangun produk.

PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) DI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) DI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

Penulis: Dewi Yanti Liliana, BS Rahayu Purwanti, Nunung Martina, Mera Kartika Delimayanti
Editor: Mohammad Fauzy & Rimsky Kartika Judisseno
Desain Sampul dan Tata Letak: Dimas Surya Perdana
ISBN: 978-623-7342-65-6
Halaman: 106 halaman

Baca disini

Pada era Teknologi Informasi (TI), dukungan infrastruktur TI sangat
penting dalam terlaksananya pembelajaran daring. Infrastruktur TI
berupa perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan komputer
yang mendukung kegiatan belajar online. Segala aktivitas online,
tidak terbatas pada kegiatan Pendidikan juga telah dilaksanakan
dengan bantuan TI. Oleh karena itu disini TI berperan sebagai
enabler yang memungkinkan terlaksananya semua aktivitas online.

Dasar Pemrograman Python

Dasar Pemrograman Python

Penulis: Abdul Azis Abbdillah
Editor: Mohammad Fauzy & Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Dimas Surya Perdana
ISBN: 978-623-7342-62-5
Halaman: 91 halaman

Baca disini

 

 

Buku ini berjudul dasar pemrograman pyhton. Buku ini membahas
tentang dasar-dasar-dasar pemrograman seperti pengertian python,
tipe data, operasi, dan kondisi bersyarat. Buku ini terdiri dari 14 Bab
yaitu Pengenalan Python, kode python, tipe data, operasi, strings,
list, tuple, dictionaries, kondisi bersyarat dan fungsi.

Artificial Intelligence: Teknologi, Inovasi, dan Implementasi di Berbagai Bidang

Artificial Intelligence: Teknologi, Inovasi, dan Implementasi di Berbagai Bidang

Penulis: Dr. Dewi Yanti Liliana, S.Kom., M.Kom. dkk
Editor: Nunung Martina
ISBN: –
Halaman: 424 halaman
Harga: Rp 188.000,-

 

 

Artificial Intelligence, menjadi primadona teknologi yang membuat banyak orang terpesona dengan kemampuannya. Mulai dari telepon pintar yang mampu bercakap-cakap dengan manusia, sampai drone yang terbang otomatis tanpa awak. Bidang yang sering disebut secara singkat dengan istilah AI ini hadir, berinteraksi dan menyentuh langsung gerak hidup manusia. Berbeda dengan teknologi tingkat tinggi lainnya yang hanya bisa diakses kalangan tertentu, seperti nuklir atau penerbangan antariksa, semua masyarakat dapat bersentuhan dengan teknologi AI. Misalnya, memanfaatkan media sosial yang memiliki fitur pengenalan identitas wajah, atau telepon seluler pintar yang mampu mencarikan rute perjalanan bebas macet pada peta digital. Disadari maupun tidak, manusia sudah bergantung pada teknologi AI dalam menjalankan aktivitasnya. Sebuah era yang disebut posthuman, dimana teknologi cerdas dimanfaatkan pada banyak bidang kehidupan manusia.

APLIKASI LABVIEW “WIRELESS STETOSKOP ELEKTRONIK”

APLIKASI LABVIEW “WIRELESS STETOSKOP ELEKTRONIK”

Penulis: Prihatin Oktivasari, S.Si, M.Si, Riandini, S.T., M.Sc, Rahmah Anggita Fitri, Sungguh Indra Malaon
Editor: Nunung Martina
ISBN: 978-623-7342-33-5
Halaman: 150 halaman

 

 

 

Stetoskop adalah sebuah alat medis akustik untuk memeriksa suara dalam tubuh. Stetoskop banyak digunakan untuk mendengar suara jantung dan pernapasan. Suara jantung yang didengar oleh dokter dengan menggunakan stetoskop sebenarnya terjadi pada saat penutupan katup jantung. Stetoskop yang banyak digunakan saat ini masih menggunakan kabel sebagai media transmisi data sebagai alat bantu diagnosis sehingga hasil pemeriksaan cenderung sangat subjektif. Oleh karena itu, perlu dikembangkan stetoskop yang dapat mendeteksi secara elektronik dan otomatis merekam untuk dapat dipergunakan dalam diagnosis lebih lanjut. Pada buku ini menampilkan pembuatan stetoskop elektronik menggunakan bluetooth, yang sistemnya terdiri dari tranduser mic condenser, rangkaian pengkondisi sinyal, mikrokontroller Arduino Nano, modul Bluetooth HC-05, dan menampilkan hasilnya melalui LabVIEW. Alat stetoskop elektronik ini berbahan baku murah dengan menampilkan sinyal suara S1 dan S2 di komputer terdiri dari rangkaian diafragma stetoskop sebagai pendeteksian awal, mic condensor penangkap suara, rangkaian pengkondisi sinyal yang terdiri dari rangkaian preamplifier, low pass filter cutoff 200 Hz, dan high pass filter 20 Hz. Berdasarkan simulasi, filter yang tepat adalah butterworth dengan topologi sallen key low pass filter orde 4 dengan gain 0.707volt, -3.01 dB dan high pass filter orde 4 dengan gain 0.782 Volt, -2.137 dB. Hasil pengujian alat dapat menampilkan delay yang cukup kecil sekitar 0.8-2 ms. Output dari rangkaian pengkondisi sinyal berkomunikasi serial antar bluetooth untuk menampilkan sinyal dan rekaman Bit Per Menit (BPM) pada komputer berbasis LabVIEW 2015.

Pada buku ini juga diulas sedikit pengantar dalam proses pengolahan data sinyal stetoskop selanjutnya yang telah didapatkan dari hardware. Pengolahan ini dimulai dengan ulasan cara meng-load sinyal suara dalam bentuk file .wav ke dalam fungsi pada Matlab, sampai ke audio processing.

 

 

 

Dasar-Dasar Menggunakan Arduino

Dasar-Dasar Menggunakan Arduino

Penulis: Prihatin Oktivasari
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
ISBN: 978-602-1678-82-4
Halaman: 96 halaman

 

 

 

 

Buku ajar ini ditujukan bagi mahasiswa Program Studi Multimedia dan Jaringan (TMJ) yang berisi pedoman dalam memberikan petunjuk praktis dan mudah dipahami dalam penggunaan Arduino. Tujuan dari buku ini adalah menyediakan sumber informasi untuk pengguna awal Arduino. Buku ini memberikan pemahaman yang baik tentang pengistallan IDE Arduino, cara pengetesan board Arduino, dan contoh membuat project sederhana dengan integrasi terhadap sensor maupun hardware lainnya. Beberapa project yang dijabarkan dalam buku ini, antara lain led flasher, traffic lights, potensiometer, push button, speaker/buzzer, seven segments, sensor, keypad, servo, liquid crystal display (LCD), relay, load cell, bluetooth, dan led dot matriks. Untuk memperdalam dari project sederhana ini, dalam buku dijabarkan beberapa soal-soal latihan praktek, sehingga diharapkan pengguna awal arduino dapat memahami langkah pemrograman untuk integrasi beberapa sensor maupun aktuator.

 

PROBABILITAS DAN STATISTIK DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN R

PROBABILITAS DAN STATISTIK DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN R

Penulis: Mera Kartika Delimayanti, Hata Maulana, Euis Oktavianti
Editor: Nunung Martina, Dewi Yanti Liliana
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-66-3
Format: Cetak (POD) 165 Halaman
Baca disini

Statistika adalah ilmu yang mempelajari statistik, yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, membuat kesimpulan dari hasil analisis data dan mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan. Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data dan juga suatu metode yang menjelaskan tata cara pengumpulan, penyusunan, pengajian, penganalisaan, dan pengintepretasian data menjadi informasi yang lebih berguna. Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data atau yang dinamakan statistika deskriptif.

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PRODUK MULTIMEDIA DIGITAL

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PRODUK MULTIMEDIA DIGITAL

Penulis: Ade Rahma Yuly
Editor: Nunung Martina, Mera Kartika
Desain Sampul:  Ade Rahma Yuly
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-70-0
Format: Cetak (POD) 165 Halaman

Baca Disini

Desain bukan hanya tentang tampilan dan mood yang dihasilkan, desain adalah daya guna. Mempelajari Desain Komunikasi Visual, bukan tentang bisa menggambar atau tidak, tapi memahami komunikasi dan psikologi pengguna. Cara Desain Komunikasi Visual bekerja bukan dari tampilan satu objek, namun dari hubungan yang diciptakan oleh unsur-unsur desain seperti garis, bentuk, warna dll. Unsur-unsur ini disusun sedemikian rupa dengan memperhatikan prinsip desain. Prinsip bukan tentang larangan, melainkan panduan agar desain yang diciptakan menjadi efektif dan efisien sebagai solusi yang inovatif.
Buku ini berisikan beberapa materi yang dibutuhkan dalam desain komunikasi visual. Disusun secara sistematis mulai dari Dasar Desain Komunikasi Visual, Unsur Desain, Prinsip Desain, Teori Tipografi dan Warna, Perkembangan Desain dari Masa ke Masa, Teori Layout, Penyusunan Desain Brief, Logo dan Penggunaan Desain dalam Kemasan. Setiap materi dilengkapi dengan ilustrasi contoh penggunaan agar pembaca dapat melihat secara visual gambar. Selain menyajikan teori, terdapat beberapa studi kasus dan tutorial yang dapat digunakan untuk latihan dan menambah pemahaman pembaca.
Buku ini dapat digunakan oleh mahasiswa Sarjana Terapan khususnya dalam produksi produk digital media seperti aplikasi, animasi, game dan multimedia interaktif.

KEAMANAN KOMPUTER DAN INTERNET JILID 1

KEAMANAN KOMPUTER DAN INTERNET JILID 1

Penulis: Asep Kurniawan
Editor: Nunung Martina, Mera Kartika
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-89-2
Format: Cetak (POD) 154 Halaman

Baca Disini

Keamanan komputer merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer. Penerapan keamanan komputer  dalam kehidupan sehari-hari berguna sebagai penjaga sumber daya sistem agar tidak digunakan, modifikasi, interupsi, dan diganggu oleh orang yang tidak berwenang.

Buku ini bertujuan untuk memahami konsep keamanan komputer dan internet sehingga mampu mengimplementasikan tools yang umum digunakan untuk melakukan serangan dan mengamankan komputer baik lokal maupun dalam jaringan, seperti mengamankan komputer dari malware atau serangan denial of service. Dalam buku ini juga sudah dijelaskan langkah-langkah dalam penggunaan tools untuk mengamankan komputer.

Buku ini digunakan sebagi bahan rujukan untuk perkuliahan Keamanan Komputer dan Internet. Pada buku ini terdiri dari delapan bab dimana pada bab I dan II membahas tentang konsep keamanan komputer dan jaringan internet. Bab III membahas tentang fraud, bab IV membahas tentang denial of service dan bab V membahas tentang Malware yang merupakan jenis-jenis serangan pada komputer. Pada bab VI membahas tentang software keamanan komputer yang dapat memberikan informasi kepada user terhadap serangan-serangan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab  yang umum disebut dengan hacker. Bab VII tentang Security Policy untuk memberikan pedoman kebijakan-kebijakn yang harus diperhatikan dalam penggunaan Komputer dan Intenet. Yang terakhir tentang Akses kontrol untuk masuk kedalam sebuah sistem.