FUNDAMENTAL ENGINE

FUNDAMENTAL ENGINE

Penulis: Fuad Zainuri, Muhammad Hidayatullah, Rahmat Noval
Editor: Supriatnoko dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 71 halaman

Engine adalah suatu alat yang memiliki kemampuan untuk merubah energi panas yang dimiliki oleh bahan bakar menjadi energi gerak. Berdasarkan fungsinya maka terminologi engine digunakan sebagai sumber tenaga atau penggerak utama (prime power) pada machine, genset, kapal untuk mendapat satu langkah power maka diesel engine dibagi menjadi engine diesel dua langkah (two stroke) dan empat langkah (four stroke). Selanjutnya engine diesel empat langkah digolongkan lagi berdasarkan cara pemasukan bahan bakar ke dalam ruang bakar menjadi dua tipe yaitu: engine dengan system pre-combustion chamber dan direct injection.

Maintenance & Overhoul Gasoline Engine

Maintenance & Overhoul Gasoline Engine

Penulis: Sugiyarto, Edy Ismail
Editor: Supriatnoko dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 116 halaman

Buku ajar Maintenance & Overhoul Gasoline Engine ini berisikan 14 bab tentang cara melakukan pembongkaran, pemeriksanaan, perbaikan, dan perakitan pada kendaraan jenis mesin bensin. Keempat belas bab itu, yaitu: 1) Sejarah Dan Klasifikasi Motor Bensin; 2) Bahan Bakar, Pelumas, dan Peralatan Otomotif; 3) Dasar, Klasifikasi, Komponen Motor Bensin; 4) Sistem Hisap Motor Bensin; 5) Sistem Bahan Bakar Motor Bensin; 6) Sistem Pelumas Motor Bensin; 7) Sistem Pendingin Motor Bensin; 8) Sistem Gas Buang Motor Bensin; 9) Sistem Pengisian Motor Bensin; 10) Tune-Up; 11) Langkah-langkah melaksanakan overhoul; 12) Pelepasan mesin dari kendaraan (remove engine); 13) Pembongkaran mesin (disassemble engine); 14) Perakitan mesin (assembly engine). Buku ajar ini akan membantu pembaca untuk dapat melakukan pembongkaran, pemeriksaan, perbaikan dan perakitan pada kendaraan jenis mesin bensin. Pemilik kendaraan akan dibantu untuk mampu melakukan pembongkaran, pemeriksaan, perbaikan dan perakitan pada kendaraan jenis mesin bensin dengan mudah.

 

Kata Kunci: Maintenance, Overhoul, Gasoline Engine

MATEMATIKA TERAPAN UNTUK TEKNIK

MATEMATIKA TERAPAN UNTUK TEKNIK

Penulis: Abdul Azis Abdillah, Ega Edistria
Editor: Nunung Martina, Devi Handaya
Desain Sampul:  Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-69-4
Format: Cetak (POD) 89 Halaman

Baca Disini

Buku ini berjudul Matematika Terapan Untuk Teknik. Buku ini membahas tentang dasar-dasar-dasar matematika yang diperlukan pada bidang teknik seperti konsep bilangan, operasi aljabar, persamaan linear dan kuadrat, serta trigonometri. Buku ini membahasa beberapa penerapan matematika dalam bidang teknik, baik di teknik mesin, teknik sipil, maupun teknik elektro. Materi-materi pada buku ini memiliki terapan-terapan pada bidang teknik mesin seperti manufaktur, perancangan, design, otomotif. Selanjutnya, buku ini juga bisa diterapkan pada teknik sipil seperti jalan dan jembatan, konstruksi gedung. Selain itu, buku ini juga menjelaskan penerapan dalam bidang elektro seperti pengkabelan (wiring), logika untuk pemrograman, dan lain-lain.

FUNDAMENTAL POWER TRAIN

FUNDAMENTAL POWER TRAIN

Penulis: Fuad Zainuri, Adi Syuriadi
Editor: Nunung Martina, Rimsky K. Judisseno
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-74-8
Format: Cetak (POD) 219 Halaman

Baca Disini

Power train adalah sekelompok komponen yang bekerja secara bersama untuk mentransfer power dari sebuah sumber power atau gaya tersebut diproduksi menuju tempat yang digunakan untuk melakukan kerja dengan komponen utamanya berupa gear. Gear digunakan sebagai penyalur tenaga antara shaft yang berputar tidak pada satu sumbu dan memiliki perbedaan kecepatan dan gear biasanya lebih unggul dari penyalur tenaga yang lain disamping kesederhanaan, ketahanan dan efisiensinya.Gear memiliki beberapa fungsi penting, tetapi yang paling utama adalah memberikan reduksi gear pada peralatan bermotor.Dengan sebuah gear reduction, kecepatan output dapat dikurangi sehingga torque meningkat.  Gear juga mengubah arah putaran. Misalnya, dalam differential di antara roda belakang mobil, tenaga disalurkan oleh sebuah shaft yang berputar di tengah mobil dan differential harus merubah putaran tersebut sebesar 90º supaya setiap roda dapat berputar.Karena sebagian besar sistem power train menggunakan gear sebagai penggerak, maka penting untuk mempelajari istilah-istilah gear, beberapa prinsip tehnik yang berlaku pada gear drive dan berbagai jenis gear yang tersedia. Beberapa keuntungan planetary gear set adalah : gear bertautan secara terus menerus,sehingga kecil kemungkinan terjadi kerusakan pada gigi. Tidak ada pengasahan atau ketidak-sejajaran dan kekuatan gear dibagi rata. Planetary gear set sangat ringkas. Kegunaan yang banyak. Tujuh kombinasi kecepatan dan arah dapat diperoleh dari planetary gear set tunggal. Variasi kecepatan dan arah dapat ditambahkan melalui penggunaan planetary gear gabungan. Setiap komponen dalam planetary gear set, sun gear, pinion gear carrier, dan ring gear dapat berputar atau di tahan. Perpindahan tenaga melalui sebuah planetary gear set hanya mungkin ketika satu komponen di tahan, atau jika dua komponen di tahan bersama.

Power train yang digunakan biasanya digolongkan ke dalam tiga klasifikasi umum, sebagai: penggerak Mekanis (Mechanical Drive), Penggerak Hidrostatis (Hydrostatic Drive), Penggerak Elektrik (Electric Drive)Power train dengan penggerak mekanikal dapat digolongkan sebagai: Power train yang menggunakan gear untuk memodifikasi gerakan dan variasi kecepatan, Menggunakan chain dan sprocket, Power train yang menggunakan gesekan untuk menghasilkan gerakan, Power train yang menggunakan belt untuk menghasilkan gerakan. Clutch merupakan komponen yang berfungsi sebagai penerus tenaga dari engine ke transmission. Pada Caterpillar Machine terdapat dua macam clutch / coupling, yaitu: Flywheel clutch, Fluid clutch. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, ada meng­gunakan tiga jenis transmission, yaitu : ManualShift transmission, Power Shift transmission , Hydrostatic transmission Fungsi differential adalah : Menghantarkan dan membagi tenaga dari transmission ke final drive kiri dan kanan, Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat machine ber­belok, Membagi torsi dari transmission sama besar ke final drive kiri dan final drive kanan.Jenis-jenis differential yang digunakan antara lain: Standard Differential., No-SPIN Differential, Limited Slip Differential, Differential Lock, biasanya digunakan pada motor grader. Steering system pada machine yang menggunakan track terdapat tiga macam, yaitu: Differential Steering System, Steering Clucth & Brake, Steering dengan Track Motor, Suspensi menghubungkan frame kendaraan (chassis) dengan ban dan termasuk shock absorber. Frame menopang komponen-komponen utama kendaraan dan beban. Sistem suspensi dinilai berdasarkan kemampuan mengangkat bebannya. Final drive merupakan komponen power train paling akhir yang merubah kecepatan menjadi torsi yang mampu menarik beban yang sangat berat. Hal ini memungkinkan komponen-komponen power train lainnya menerima torsi yang relative ringan sehingga usia pakai komponen power train tersebut menjadi lebih awet. Jenis – jenis final drive yang masih digunakan antara lain: Bull type final drive, Planetary final drive.

KALKULUS TERAPAN (EDISI REVISI)

KALKULUS TERAPAN (EDISI REVISI)

Penulis: Indriyani Rebet
Editor: Nunung Martina, Fuad Zainuri
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-78-6
Format: Cetak (POD) 198 Halaman

Baca Disini

Buku ini merupakan perluasan dari bahan ajar yang diberikan pada perkuliahan matematika Terapan, serta berdasarkan pengalaman penulis selama menngajar di Politeknik Negeri Jakarta. Penyusunan buku ini dimulai dari kebutuhan mata kuliah lain akan perhitungan matematis, sehingga perlu perluasan pada aplikasinya. Buku ini disusun sistematis dimulai dari pengertian , teori yang diperlukan diperbanyak dengan Aplikasi dalam bidang teknik yang disertai dengan contoh-contoh  dan Latihan soal-soal, sehingga diharapkan mahasiswa mampu memahami dan mampu belajar mandiri dengan mudah.

Buku ini terdiri dari 5 bab. Bab 1 berisi tinjauan mata kuliah, bab 2 tentang differensial , teknik mendifferensialkan ,aplikasi differensial dibidang teknik yang menunjang  mata kuliah lain . Bab 3 membahas anti differensial .  Bab 4 membahas integral  , pengertian, teknik mengintegralkan dan aplikasinya pada bidang teknik. Dan Bab 5 membahas Persamaan differensial , bagaimana membentuk persamaan differensial , bagaimana menyelesaikannya dan aplikasinya di bidang teknik.

JARINGAN KOMPUTER BERBASIS WAN DENGAN MIKROTIK

JARINGAN KOMPUTER BERBASIS WAN DENGAN MIKROTIK

Penulis: Muhammad Yusuf Bagus Rasyiidin
Editor: Nunung Martina, Mera Kartika
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-81-6
Format: Cetak (POD) 202 Halaman
Baca Disini

Jaringan WAN adalah jaringan yang mempunyai cakupan jarak yang sangat luas dibandingkan jaringan MAN karena bisa mencakup negara bahkan benua dengan kecepatan transmisi yang besar. Untuk mencakup jaringan yang sangat luas dengan transmisi yang besar dibutuhkan perangkat jaringan yang mencukupi dan protokol WAN yang sesuai. Jaringan switching merupakan kriteria komunikasi jarak jauh antara satu node dengan node lainnya, namun untuk peruteannya diutuhkan protokol perutean yang tepat sebagai penunjuk paket dari tujuan ke penerima. Mikrotik adalah sebuah perangkat jaringan yang mendukung switching dan perutean yang dengan mudah untuk digunakan, karena dengan menggunakan aplikasi Winbox tampilan akses router mikrotik menjadi lebih menarik.

Sasaran utama dari materi dan praktikum pada buku ini adalah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang teknik membangun jaringan komputer berbasis WAN dengan Mikrotik yang mencakup tipe jaringan komputer, jaringan khusus, circuit dan packet switched network, PSTN, Leased Lines, X.25, frame relay, ISDN, ATM, PPP, tipe ethernet, VLAN, konsep perutean, RouterOS Mikrotik, IPv4, IPv6, Firewall, QoS, Proxy, DHCP, pertuean static dan dinamis, ACL, dan NAT. Selain itu buku ini dapat digunakan sebagai panduan saat melakukan praktikum.

KIMIA TERAPAN (EDISI REVISI)

KIMIA TERAPAN (EDISI REVISI)

Penulis: Noor Hidayati
Editor: Nunung Martina, Dewi Yanti Liliana
Desain Sampul: Noor Hidayati
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-93-9
Format: Cetak (POD) 143 Halaman

Baca Disini

Dalam dunia industri khususnya industri petrokimia, terdapat unit proses dan unit perawatan. Dalam menjalankan kegiatan operasi tersebut, tentunya diperlukan pengetahuan mendalam terhadap bahan material yang digunakan dan bahan material yang diproses.

Salah satu ilmu dasar yang diperlukan dari pengetahuan akan bahan ini ialah dengan mengetahui komposisi/kandungan kimia pada bahan tersebut. Karena dengan megetahui kandungan kimia pada bahan, pelaku industri dapat memahami sifat bahan dan karakteristiknya, sehingga akan mempermudah  pelaku industri untuk melakukan perawatan dan melakukan kegiatan proses secara maksimal.

Dalam buku ini terdapat penjelasan dasar-dasar kimia yang disertai dengan contoh penerapannya. Buku ini difokuskan pada pembahasan perawatan bahan dan proses di industri kimia. Pembahasan dalam buku ini akan menjelaskan secara ringkas dan runut mengenai kimia terapan dari dasar teori hingga perhitungan dan contoh aplikasinya pada industri, khususnya pada perawatan bahan dalam proses industri.

PERAWATAN & PERBAIKAN SISTEM CHASIS KENDARAAN

PERAWATAN & PERBAIKAN SISTEM CHASIS KENDARAAN

Penulis: Sugiyarto
Editor: Nunung Martina, Fuad Zainuri
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-91-5
Format: Cetak (POD) 105 Halaman
Baca Disini

Buku ajar perawatan dan perbaikan sistem chasis ini bertujuan untuk membantu melakukan perawatan dan perbaikan pada sistem pemindah tenaga di mobil yang dimiliki dengan mudah. Buku ajar ini berisikan 4 bab tentang cara melakukan perawatan dan perbaikan pada sistem chasis kendaraan. Keempat bab itu, meliputi perawatan dan perbaikan pada: sistem rem, sistem kemudi, sistem suspensi, sistem ban dan pelek. Buku ajar ini memberikan gambaran tentang komponen-komponen, prinsip kerja, cara pembongkaran, cara perbaikan, dan cara pemasangan pada sistem chasis. Bahan ajar ini akan membantu pembaca untuk dengan mudah melakukan perawatan dan perbaikan pada sistem chasis di mobilnya.

Kata Kunci: Rem, Kemudi, Suspensi, Roda dan pelek

KALKULUS TERAPAN UNTUK MAHASISWA TEKNIK

KALKULUS TERAPAN
UNTUK MAHASISWA TEKNIK

Penulis: Indriyani Rebet
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Dimas Surya Perdana
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-623-7342-44-1
Format: Cetak (POD) 128 Halaman
Baca disini

Buku ini merupakan perluasan dari bahan ajar yang diberikan pada perkuliahan matematika Terapan , serta berdasarkan pengalaman penulis selama menngajar di Politeknik Negeri Jakarta. Penyusunan buku ini dimulai dari kebutuhan mata kuliah lain akan perhitungan matematis, sehingga perlu perluasan pada aplikasinya. Buku ini disusun sistematis dimulai dari pengertian , teori yang diperlukan diperbanyak dengan Aplikasi dalam bidang teknik yang disertai dengan contoh-contoh  dan Latihan soal-soal, sehingga diharapkan mahasiswa mampu memahami dan mampu belajar mandiri dengan mudah.

Buku ini terdiri dari 5 bab. Bab 1 berisi tinjauan mata kuliah, bab 2 tentang differensial , teknik mendifferensialkan ,aplikasi differensial dibidang teknik yang menunjang  mata kuliah lain .  Bab 3 membahas integral  , pengertian, teknik mengintegralkan dan aplikasinya pada bidang teknik.

SISTEM PRODUKSI UNTUK POLITEKNIK

SISTEM PRODUKSI UNTUK POLITEKNIK

Penulis: Muhammad Hidayat Tullah
Editor: Nunung Martina, Mera Kartika
Desain Sampul: Dimas Surya Perdana
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-623-7342-50-2
Format: Cetak (POD) 148 Halaman
Baca disini

Sistem Produksi adalah kumpulan dari sub-sistem yang saling berhubungan dengan tujuan melakukan proses transformasi input menjadi output berupa produk dengan desain yang telah ditetapkan. Dalam proses transformasi ini terjadi pertambahan nilai sehingga produk jadi mempunyai nilai yang lebih tinggi dibandingkan nilai bahan mentah sebelumnya.

Buku ini ditulis untuk dipergunakan sebagai bahan ajar mata kuliah Sistem Produksi bagi mahasiswa Politeknik. Buku ini juga dapat digunakan oleh para praktisi bidang produksi dan manufaktur dalam memahami fungsi, perencanaan dan pengendalian produksi.

Bahasan dalam buku ini mencakup: sistem produksi, Total Quality Management, Lean Manufacturing, Just In Time, Single Station Manufacturing Cells, Computer Integrated Manufacturing (CIM), Group Technology and Cellular Manufacturing, Flexible Manufacturing System (FMS) dan Setup Reduction. Bagi pembaca yang membutuhkan pengetahuan secara luas dan menyeluruh mengenai sistem produksi dalam manufaktur, buku ini dapat memberikan pemahaman komprehensif karena disertai dengan contoh-contoh penerapan pada kegiatan nyata dalam bidang manufaktur.