FIKIH MUAMALAH EKONOMI Akad dan Skema Produk Perbankan Syariah

FIKIH MUAMALAH EKONOMI Akad dan Skema Produk Perbankan Syariah

Penulis: Dr. Dede Abdul Fatah, SHI., M.Si
Editor: Iis Mariam dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 113 halaman

Penyusunan Buku berjudul “Fikih Muamalah Ekonomi: Akad dan Skema Produk Perbankan Syariah” bertujuan membantu mahasiswa untuk memahami akad dan skema produk perbankan Syariah dan praktiknya di Lembaga keuangan Syariah khususnya di perbankan Syariah. Buku ini hanya membahas tentang produk pembiayaan bank Syariah yang paling banyak dipasarkan di industry perbankan Syariah saat ini yaitu pembiayaan kepemilikan emas, pembiayaan multijasa, pembiayaan pemilikan rumah, pembiayaan refinancing, Letter of Credit syraiah, kartu kredit Syariah, novasi dan subrogasi Syariah. Akad dan skema di atas merujuk pada fatwa DSN-MUI dan Peraturan Otoritas Jasa Kuangan (POJK). Akad dan skema di atas dapat diaplikasikan di Lembaga keuangan Syariah, khususnya Bank Umum Syariah (BUS), Unit Usaha Syariah (UUS), dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)

DASAR-DASAR MANAJEMEN KEUANGAN

DASAR-DASAR MANAJEMEN KEUANGAN

Penulis: Narulita Syarweni
Editor: Nunung Martina & Rimsky Kartika Judisseno
Desain Sampul dan Tata Letak: Dimas Surya Perdana
ISBN: 978-623-7342-60-1
Halaman: 178 halaman

Baca disini

 

Manajemen keuangan merupakan salah satu bidang manajemen fungsional dalam suatu perusahaan, yang mempelajari tentang upaya memperoleh dana, menggunakan dana dan pembagian hasil kegiatan perusahaan.
Manajemen keuangan dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawab manajer keuangan. Meskipun tugas dan tanggung jawabnya berlainan di setiap perusahaan, tugas pokok manajemen keuangan antara lain meliputi : keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian dividen suatu perusahaan (Weston dan Copeland, 1992: 2)

Manajer keuangan berkepentingan dengan penentuan jumlah aktiva yang layak dari investasi pada berbagai aktiva dan pemilihan sumber-sumber dana untuk membelanjai aktiva-aktiva tersebut. Untuk membelanjai kebutuhan dana tersebut, manajer keuangan dapat memenuhinya dari sumber yang berasal dari luar perusahaan dan dapat juga yang berasal dari dalam perusahaan. Sumber dari luar perusahaan berasal dari pasar modal, yaitu pertemuan antara pihak membutuhkan dana dan pihak yang dapat
menyediakan dana. Dana yang berasal dari pasar modal ini dapat berbentuk hutang (obligasi) atau modal sendiri (saham). Sumber dari dalam perusahaan berasal dari penyisihan laba perusahaan (laba ditahan), cadangan, maupun depresiasi.

PASAR MODAL EDISI REVISI 2020

PASAR MODAL EDISI REVISI 2020

Penulis: Ida Syafrida
Editor: Nunung Martina & Mohammad Fauzy
Desain Sampul dan Tata Letak: Dimas Surya Perdana
ISBN: 978-623-7342-64-9
Halaman: 250 halaman

Baca disini

 

Investasi dapat dilakukan pada aset nyata dan aset
keuangan, adapun aset keuangan dapat dibagi menjadi aset pasar
uang dan aset pasar modal. Berbeda dengan investasi di bidang
lain yang sudah lebih banyak dikenal, investasi di pasar modal
relatif masih baru bagi masyarakat Indonesia. Masih banyak orang
yang awam dengan seluk-beluk investasi, terutama investasi pada
pasar modal.

Investasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan
menempatkan dana pada satu atau lebih aset (assets) selama
periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh penghasilan
dan/atau peningkatan nilai investasi. (Harianto dan Sudono, 1998).
Ahmad, 2004, menyatakan bahwa investasi adalah menempatkan
uang atau dana dengan harapan memperoleh tambahan atau
keuntungan tertentu atas uang atau dana tersebut.

MANAJEMEN PEMASARAN 1

MANAJEMEN PEMASARAN 1

Penulis: Rahma Nur Praptiwi
Editor: Nunung Martina, Dewi Yanti Liliana
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-94-6
Format: Cetak (POD) 160 Halaman
Baca Disini

Saat ini sudah banyak sekali, bahkan sangat sangat banyak buku-buku yang dapat dijadikan rujukan untuk mempelajari ilmu manajemen khususnya manajemen pemasaran, tetapi masih jarang sekali buku-buku manajemen pemasaran yang ditujukan untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus (WNBK). Dengan belajar ilmu manajemen khususnya manajemen pemasaran diharapkan anak yang berkebutuhan khusus kelak akan mandiri termasuk mandiri finansial. Untuk mandiri secara finansial butuh tunjangan banyak ilmu, salah satunya ilmu manajemen.

Buku ini di desain dengan bahasa yang lebih sederhana sehingga diharapkan WNBK mampu memahami ilmu manajemen. Selain itu banyak diselipkan gambar yang mendukung sehingga lebih menarik untuk dibaca.

Menggunakan buku Manajemen Pemasaran 1 Untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus sebagai rujukan, sama artinya dengan beberapa langkah lebih maju untuk memandirikan WNBK terutama dalam hal manajemen pemasaran. SAATNYA SEKARANG, anda bergabung dengan orang-orang lainnya, menggunakan buku ini, dan nikmati berkembangnya pemahaman manajemen pemasaran. Nantikan pula seri-seri selanjutnya buku tentang manajemen pemasaran.

KOMUNIKASI DASAR BAGI WARGA NEGARA BERKEBUTUHAN KHUSUS

KOMUNIKASI DASAR BAGI WARGA NEGARA BERKEBUTUHAN KHUSUS

Penulis: Tika Dwi Ariyanti
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2019
ISBN: 978-602-5923-90-6
Format: Cetak (POD) 84 Halaman

Penulisan buku ajar ini dilakukan untuk memenuhi tantangan atas terbatasnya buku komunikasi dasar untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus (WNBK). Hal ini karena WNBK juga perlu memahami teori komunikasi dasar agar mereka mampu berinteraksi dengan baik di lingkungan. Buku ajar ini mencakup teori-teori komunikasi dasar yang disusun secara singkat, jelas, dan padat dengan tetap mengedepankan standard ilmiah suatu penulisan buku ajar. Buku ajar ini memudahkan sasaran pengguna untuk dapat memahami lebih dalam mengenai teori yang disajikan karena bahasa yang digunakan sederhana dan disertai dengan gambar yang sesuai. Hal tersebut membuat buku ini semakin menarik untuk dibaca. Buku ajar ini diberikan untuk mahasiswa Program Studi D3 Manajemen Pemasaran bagi Warga Negara Berkebutuhan Khusus pada mata kuliah Komunikasi Dasar.

MANAJEMEN EKSPOR-IMPOR

MANAJEMEN EKSPOR-IMPOR

Penulis: Ida Syafrida
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2019
ISBN: 978-602-5923-97-5
Format: Cetak (POD) 166 Halaman

Perdagangan internasional sangat diperlukan bagi suatu negara, karena dari kegiatan ini negara akan memperoleh pendapatan dalam bentuk devisa negara yang dapat digunakan sebagai sumber pendanaan bagi pembangunan negara tersebut. Disamping itu, dari kegiatan ini negara dapat mencukupi kebutuhannya terhadap suatu barang yang belum dapat diproduksi sendiri. Setiap negara tentu berupaya untuk terus menambah kegiatan ekspor dan mengurangi kegiatan impor, sehingga menghasilkan neraca perdagangan yang positif.  Untuk itu perlu dilakukan manajemen ekspor-impor secara terencana dan menyeluruh, mulai dari membuat peraturan yang harus dipatuhi semua pihak yang terlibat, menyusun sistem dan prosedur dalam pelaksanaan transaksi ekspor-impor, sampai dengan pengawasan yang dilakukan oleh lembaga negara ataupun swasta/BUMN.  Negara juga perlu mengantisipasi terjadinya risiko dari perdagangan internasional yaitu jika terjadi permasalahan diantara pelaku transaksi ekspor-impor, karena melibatkan negara lain dalam penyelesaiannya. Harapan setiap negara tentunya perdagangan internasional dapat berjalan lancar sampai dengan dana diterima eksportir dan barang diterima importir, sehingga diperlukan pemantauan kinerja ekspor-impor.  Buku ajar ini diberikan untuk mahasiswa Program Studi D4 Keuangan dan Perbankan Syariah pada mata kuliah Manajemen Ekspor-Impor.

AKUNTANSI BANK 1: TRANSAKSI BANK UMUM KONVENSIONAL DALAM VALUTA RUPIAH

AKUNTANSI BANK 1: TRANSAKSI BANK UMUM KONVENSIONAL DALAM VALUTA RUPIAH

Penulis: Novitasari
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2019
ISBN: 978-623-7342-02-1
Format: Cetak (POD) 78 Halaman

Buku ini membahas tentang pencatatan akuntansi untuk transaksi di bank umum konvensional dalam mata uang rupiah. Dalam buku ini terdapat enam bab meliputi materi mengenai (1) konsep akuntansi di perbankan, (2) pencatatan akuntansi untuk sumber dana bank, (3) pencatatan akuntansi untuk penggunaan dana bank, (4) pencatatan akuntansi untuk transaksi utang piutang nasabah (kliring), (5) Pencatatan akuntansi untuk jasa yang diberikan bank, dan (6) pencatatan akuntansi untuk komitmen dan kontinjensi. Seluruh materi dikemas dengan bahasa sederhana dan disertai contoh kasus dan latihan agar dapat mudah di ikuti dan dipahami.

Buku bahan ajar ini merupakan pendukung proses belajar mengajar pada Program Studi Keuangan dan Perbankan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta. Dengan adanya buku bahan ajar ini diharapkan dapat menjadi pegangan bagi mahasiswa dalam mempelajari dan memahami mata kuliah Akuntansi Bank 1. Namun tidak menutup kemungkinan buku ini  dapat di gunakan oleh masyarakat yang sedang belajar atau bekerja di bidang perbankan.

MANAJEMEN PEMBIAYAAN

1_PNJ_COVER

MANAJEMEN PEMBIAYAAN

Penulis: Ida Syafrida
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-67-8
Format: Cetak (POD) 366 Halaman

 

Pembiayaan merupakan aset terbesar bagi bank syariah dan dari penyaluran pembiayaan tersebut bank syariah akan memperoleh pendapatan utama. Bank syariah tentu berupaya untuk terus menambah jumlah pembiayaan yang disalurkan.  Namun demikian, bank syariah harus dapat mengelola pembiayaan secara cermat mulai dari perencanaan sebelum pembiayaan disalurkan, pengorganisasian dan pelaksanaan saat pembiayaan disalurkan, sampai dengan pengawasan ketika pembiayaan telah disalurkan. Bank syariah juga perlu mengantisipasi terjadinya risiko terbesar dari pembiayaan yaitu pembiayaan bermasalah bahkan macet dan menyelesaikannya jika hal tersebut terjadi. Untuk itu, dalam mengelola pembiayaan bank syariah harus mengetahui kapan saat yang tepat untuk melonggarkan atau membatasi jumlah pembiayaan yang disalurkannya. Harapan bank syariah tentunya pembiayaan dapat berjalan lancar sampai dengan waktu pelunasan dan memberikan keuntungan sesuai target, sehingga diperlukan pemantauan kinerja pembiayaan.  Buku ajar ini diberikan untuk mahasiswa Program Studi D4 Keuangan dan Perbankan Syariah pada mata kuliah Manajemen Pembiayaan.

TEKNIK AUDIT BERBANTUAN KOMPUTER

4_PNJ_COVER

TEKNIK AUDIT BERBANTUAN KOMPUTER

Penulis: Ali Masjono, Yusep Friya Setya, Ridwan Zulpi Agha
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-66-1
Format: Cetak (POD) 198 Halaman

 

Buku ini memberikan pengajaran mengenai bagaimana cara data yang disimpan dalam bentuk elektronik (database) dapat diaudit oleh auditor.  Pada bab I diberikan mengenai teknik audit berbantuan komputer, apa defenisi dan apa yang menjadi latar belakang perlu diajarkannya matakuliah ini untuk mahasiswa jurusan akuntansi dan mahasiswa yang belajar audit sistem informasi.  Pada Bab II diajarkan tutorial bagaiamana menggunakan Audit Command Langguage (ACL) yang digunakan sebagai alat untuk membaca data yang disimpan dalam database.   Ada 4 kasus yang dibahas, kasus mengaudit Account Receivable, Payroll, Inventory, Account Payable, dan diakhir dengan bentuk laporan audit yang perlu dibuat setelah melakukan audit. Buku ini telah digunakan oleh mahasiswa progam studi akuntansi di Politeknik Negeri Jakarta sejak 15 tahun lalu. Catatan dari penulis adalah buku ini memerlukan pelatihan untuk mereka yang ingin menggunakannya sebagai materi ajar, untuk pelatihan perlu menghubungan penulis di ali.masjonomuchtar@akuntansi.pnj.ac.id.

Kata kunci; Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK). ACL dan studi kasus

MANAJEMEN INVESTASI: SURAT BERHARGA JANGKA PANJANG

2_PNJ_COVER

MANAJEMEN INVESTASI: SURAT BERHARGA JANGKA PANJANG

Penulis: Sabar Warsini
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-73-9
Format: Cetak (POD) 342 Halaman

 

Sebagai bagian dari sistem keuangan negara, pasar modal mempunyai peran yang sangat penting yakni: merupakan wahana menghimpun dana pembiayaan usaha, mengalokasikan investasi yang efisien, memperluas lapangan pekerjaan, meningkatkan potensi penerimaan pajak. Secara umum pasar modal mampu mendorong peningkatan aktivitas ekonomi nasional, sehingga maju tidaknya pasar modal dalam suatu negara menjadi salah satu tolak ukur kemajuan perekonomian negara tersebut.

Bagi investor, pasar modal memberikan kesempatan untuk dapat mengembangkan kekayaannya melalui perdagangan instrumen keuangan jangka panjang seperti saham, surat utang, dan surat berharga lainnya. Meskipun keberadaan pasar modal di Indonesia sudah cukup lama yaitu sejak tahun 1970 an, namun masih banyak masyarakat yang belum memahami investasi di pasar modal, bahkan masih banyak masyarakat beranggapan bahwa perdagangan di pasar modal adalah judi. Buku ajar Manajemen Investasi (Surat Berharga Jangka Panjang) ini akan membantu investor dan masyarakat pada umumnya untuk memahami perdagangan instrumen jangka panjang sehingga investor dapat melakukan strategi investasi yang menguntungkan. Buku ini diawali dengan memperkenalkan pasar modal sebagai lembaga keuangan, jenis surat berharga sebagai instrument investasi yang diperdagangkan di pasar modal, mekanisme dan tatacara perdagangan di pasar modal. Selanjutnya supaya investor mampu membuat strategi investasi yang menguntungkan, maka buku ini dilengkapi dengan pembahasan analisis saham baik secara fundamental maupun teknikal, analisis obligasi, analisis portofolio saham, dan analisis reksadana. Pada bagian akhir buku ini dilengkapi dengan penjelasan mengenai berbagai aksi korporasi seperti: RUPS, HMETD, Warrant, Obligasi konversi, Stock Split, Saham Bonus dan Dividen Saham, dimana aksi korporasi ini akan berdampak kepada kepentingan investor. Buku ajar ini menjadi buku referensi utama bagi mahasiswa Jurusan Akuntansi untuk mata kuliah Manajemen Investasi.