DESAIN LAYOUT

DESAIN LAYOUT

Penulis: Anggi Anggarini
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Anggi Anggarini
Tata Letak: Anggi Anggarini
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-73-1
Format: Cetak (POD) 130 Halaman

Baca Disini

Membuat desain layout adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang desainer grafis. Oleh karena itu penting bagi desainer untuk menguasai pengetahuan tentang layout, mulai dari prinsip-prinsip layout, format, grid, penyusunan teks hingga berbagai eksplorasi elemen layout.

Buku ini adalah penyempurnaan dari buku Layout Desain Publikasi: Eksplorasi Teks dan Gambar yang diterbitkan di tahun 2019. Selain membahas tentang layout desain publikasi, juga membahas layout pada media promosi dan kemasan. Pengetahuan dasar tentang layout dibahas tuntas, dilengkapi dengan contoh-contoh detail agar lebih mudah dicerna.

Dalam buku ini juga diberikan informasi tentang langkah-langkah pembuatan layout buku, majalah, brosur dan kemasan. Dilengkapi dengan tips dan trik pembuatan layout dari hasil pengalaman penulis.

Buku ini dibuat untuk menjadi referensi dalam pendidikan desain grafis. Dilengkapi dengan latihan dan contoh-contoh karya yang diharapkan dapat menginspirasi pembaca dalam melakukan eksplorasi layout.

Mahasiswa Desain Grafis dan desainer grafis pada umumnya akan mendapatkan kegunaan buku ini sebagai rujukan dalam pembuatan desain layout desain publikasi, media promosi dan kemasan.

TEKNOLOGI TINTA CEETAK DAN COATING

TEKNOLOGI TINTA CEETAK DAN COATING

Penulis: Muryeti
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Puji Widodo
Tata Letak: Puji Widodo
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-85-4
Format: Cetak (POD) 106 Halaman
Baca Disini

Buku Teknologi Tinta Cetak dan Coating  merupakan buku ajar untuk mata kuliah Tinta Cetak dan Coating yang dapat digunakan oleh mahasiswa maupun dosen serta pemerhati/pelaku dalam produksi cetak. Buku ini berisi tentang pengetahuan teknologi tinta cetak dimulai dari bahan baku pembuatan tinta cetak, proses pembuatan tinta cetak, sifat-sifat tinta, jenis-jenis tinta cetak, serta coating. Dalam buku ini juga mempelajari tentang hubungan antara tinta cetak dalam proses cetak, masalah yang terjadi  pada proses cetak serta penganggulangan masalah tersebut.

TREN TEKNOLOGI KEMASAN PANGAN

TREN TEKNOLOGI KEMASAN PANGAN

Penulis: Rina Ningtyas
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Puji Widodo
Tata Letak: Puji Widodo
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-95-3
Format: Cetak (POD) 153 Halaman
Baca Disini

Kemasan produk pangan adalah hal yang sangat menarik dan penting untuk dipelajari, karena fungsi kemasan bukan hanya sebagai label untuk nilai tambah produk dimata konsumen, tetapi kemasan memiliki fungsi perlindungan. Setiap pangan memiliki karakteristik fisikokimia yang berbeda, sehingga membutuhkan kemasan yang berbeda pula,hal ini agar produk pangan tidak kehilangan mutu akibat perubahan tempat dan waktu serta memiliki masa simpan yang lebih lama.

Buku ini sebagai bahan ajar dalam mata kuliah Teknologi Kemasan Pangan yang dapat digunakan oleh mahasiswa maupun dosen pengajar. Buku ini mempelajari tentang teknologi kemasan pangan, yang dimulai dari karakteristik mutu pangan yang mempelajari tentang sifat-sifat pada pangan pangan dan yang menyebabkan kerusakan mutu dan keamanan pangan. Pengetahuan tentang karakteristik pangan merupakan dasar dalam memilih kemasan dan teknologi kemasan yang tepat. dimana Pangan yang berbeda akan mempengaruhi jenis kemasan dan teknologi kemasan yang akan digunakan. Selanjutnya juga akan dipelajari tentang kemasan aseptis, kemasan edible dan biodegradable, Modified Atmosphire Packaging (MAP) dan Controlled Atmosphire Packaging (CAP), kemasan cerdas (aktif dan pintar) dan nanoteknologi dimana ini adalah teknologi kemasan terbaru yang penting untuk pangan. Dalam buku ini juga mempelajari berbagai aplikasi teknologi kemasan untuk berbagai jenis pangan, yaitu produk hortikultura, dagingsusu dan olahan susu, serta produk minuman.

PEDOMAN SUKSES PRACETAK DIGITAL

PEDOMAN SUKSES PRACETAK DIGITAL

Penulis: Zulkarnain
Editor: Nunung Martina, Afrilla S. F. Emberik
Desain Sampul: Zulkarnain
Tata Letak: Wahyu Suwarni
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-96-0
Format: Cetak (POD) 135 Halaman
Baca Disini

Pentingnya memahami pracetak digital adalah dapat menghemat waktu secara signifikan, tentu dengan didukung artwork dalam format yang benar. Ukuran file, jenis file yang berbeda, dan kebutuhan keluaran bias saja memperlambat proses pencetakan, namun bila memahami pracetak digital dengan baik dapat menghasilkan keluaran file yang efektif dan efisien. Buku ini dirancang sebagai pedoman pekerjaan pracetak digital dalam proses produksi percetakan dan desain grafis. Adapun materi yang diulas adalah ruang lingkup pracetak, penggunaan software pada pracetak, peralatan dan mesin pracetak digital terintegrasi, operasional file digital, pembuatan final artwork, dan juga studi kasus. Sementara itu diharapkan setelah membaca buku ini, pembaca dapat memahami dan mampu mengimplementasikan pracetak digital secara sempurna.

ASPEK HUKUM BISNIS DALAM INDUSTRI DESAIN GRAFIS

ASPEK HUKUM BISNIS DALAM INDUSTRI DESAIN GRAFIS

Penulis: MRR Tiyas Maheni DK
Editor: Nunung Martina, Anggi Anggarini
Desain Sampul: Anggi Anggarini
Tata Letak: Anggi Anggarini
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-602-5923-94-4
Format: Cetak (POD) 128 Halaman

Aspek Hukum Bisnis dalam Industri Desain Grafis ini membuka wawasan tentang kaidah-kaidah hukum yang berlaku dalam aktivitas bisnis yang dijalankan oleh profesi desainer grafis.  Hukum bisnis memiliki peranan penting dalam menjamin aktivitas bisnis yang aman, tertib, dan mewujudkan iklim bisnis yang sehat bagi desainer grafis.

Buku ini membekali desainer grafis pengetahuan tentang keterkaitan hukum dalam industri desain grafis, Hukum Perjanjian, Hukum Perusahaan, Hak Kekayaan Intelektual, dan Perlindungan Konsumen. Penulisan materi dalam buku ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami disertai dengan contoh dan ilustrasi yang mendukung disajikan secara integral, sistematis, dan komprehensif dari berbagai aspek yang menyangkut regulasi dalam industri desain grafis.

Buku ini layak dibaca oleh para mahasiswa dan praktisi yang berkecimpung dalam industri desain grafis.

MANAJEMEN WARNA

MANAJEMEN WARNA

Penulis: Zulkarnain
Editor: Nunung Martina, Wahyu Suwarni
Desain Sampul: Zulkarnain
Tata Letak: Wahyu Suwarni
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-602-5923-94-4
Format: Cetak (POD) 128 Halaman

Pelanggan sering berharap bahwa warna yang dilihat di layar monitor akan sama persis ketika dicetak. Disisi lain, penyedia produksi cetak sering menunjukkan hasil cetak yang tidak konsisten dari waktu ke waktu. Buku manajemen warna ini akan menjawab kedua tantangan tersebut. Manajemen warna berbicara mengenai bagaimana warna berproses antar bagian pekerjaan dan peralatan dalam suatu lingkungan sistem produksi cetak. Dimana, tujuan yang hendak capai adalah mendapatkan warna yang konsisten dan dapat diprediksi diantara input, proses, dan output.

Buku manajemen warna ini diperuntukan untuk keperluan produksi cetak baik cetak promosi, buku, dan tentunya kemasan. Pembahasan fokus pada konsep, metode, dan aplikasi. Adapun materi yang diulas adalah komunikasi warna, mengenal warna, memahami cahaya, sistem manajemen warna, perbedaan warna, icc profile, pengukuran warna, proofing, dan studi kasus. Melalui buku ini semoga pembaca dapat memahami bagaimana berkomunikasi warna, kontrol kualitas warna, dan juga mengimplementasikan pengukuran warna dan sistem manajemen warna dapat lingkungan produksi cetak.

PENERAPAN LAYOUT PADA MEDIA PUBLIKASI

PENERAPAN LAYOUT PADA MEDIA PUBLIKASI

Penulis: Mulyo Utomo, Endah Ekasanti Saputri
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2019
ISBN: 978-623-7342-24-3
Format: Cetak (POD) 132 Halaman

Buku ini memuat tentang media publikasi, tata letak (layout), tipografi dan ilustrasi pada layout, elemen layout pada media publikasi, dan penerapan layout yang dapat diaplikasikan ke dalam karya-karya desain grafis. Buku ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mahasiswa diploma dan sarjana Desain Grafis atau Desain Komunikasi Visual. Penerapan layout pada media publikasi bermanfaat sebagai dasar pengetahuan dalam membuat karya-karya desain yang sesuai dengan prinsip-prinsip desain dan estetika.

Buku ini membantu mahasiswa lebih mendalami materi Media Publikasi dan memberikan pengetahuan bagi para pembaca yang berminat memperdalam tentang media publikasi, tipografi, dan penerapan layout yang diterapkan dalam karya-karya desain grafis umtuk praktisi dan akademisi.

LAYOUT MEDIA PUBLIKASI: KONSEP, PERANCANGAN, DAN PEMBUATAN MENGGUNAKAN ADOBE INDESIGN CS6

LAYOUT MEDIA PUBLIKASI: KONSEP, PERANCANGAN, DAN PEMBUATAN MENGGUNAKAN ADOBE INDESIGN CS6

Penulis: Mulyono
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2019
ISBN: 978-623-7342-25-0
Format: Cetak (POD) 102 Halaman

Buku ini memuat teori mengenai mengenai media publikasi mulai dari sejarah, perkembangan, sampai dengan jenis-jenis media publikasi. Buku ini lebih menekankan bagaimana cara melayout media publikasi secara manual dan pengaplikasiannya di dalam software desktop publishing Adobe InDesign. Buku ini dapat dijadikan sebagai referensi mahasiswa khususnya mahasiswa desain grafis dalam menyusun dan pembuatan layout media publikasi.

Buku ini berisi berbagai informasi untuk memahami media publikasi, fungsi media publikasi, jenis-jenis media publikasi, sejarah, layout, pembuatan layout, elemen layout, dan penerapan layout dalam media publikasi. Semua penjelasan dalam buku ini disertai contoh sehingga akan memudahkan pembaca dalam memahami setiap bab yang disajikan.

Buku ini membantu mahasiswa lebih mendalami layout media publikasi, namun diharapkan juga dapat memberikan pengetahuan bagi para pembaca yang berminat memperdalam salah satu bagian penting dari dunia desain grafis, terutama para praktisi desain.

Selain diperuntukkan untuk desainer grafis, buku ini juga dapat digunakan untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan dan referensi mengenai layout media publikasi.

TIPOGRAFI DALAM DESAIN GRAFIS

TIPOGRAFI DALAM DESAIN GRAFIS

Penulis: Angga Amoriska
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2019
ISBN: 978-623-7342-23-6
Format: Cetak (POD) 84 Halaman

Buku ini memuat perkambangan sejarah tipografi dan informasi tentang tipografi dalam dunia desain grafis. Buku ini dapat dijadikan sebagai acuan mahasiswa diploma dan sarjana. Tipografi sangat penting untuk dijadikan dasar pengetahuan dalam aplikasi karya-karya desain grafis.

Buku ini berisi berbagai informasi untuk memahami teori sejarah tipografi, anatomi huruf, keluarga huruf, klasifikasi huruf, pedoman penggunaan huruf, memilih huruf, prinsip-prinsip dasar dalam desain tipografi, dan aplikasi tipografi dalam layout

Buku ini membantu mahasiswa lebih mendalami materi kuliah tipografi, namun diharapkan juga dapat memberikan pengetahuan bagi para pembaca yang berminat memperdalam salah satu bagian penting dari dunia desain grafis, terutama para praktisi desain.

Selain diperuntukkan untuk desainer grafis, buku ini juga dapat digunakan untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan tentang tipografi.

MEDIA PROMOSI DALAM DESAIN GRAFIS

MEDIA PROMOSI DALAM DESAIN GRAFIS

Penulis: Endah Ekasanti Saputri, Mulyo Utomo
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2019
ISBN: 978-623-7342-21-2
Format: Cetak (POD) 72 Halaman

Mengetahui teori media promosi dalam desain grafis sangatlah penting. Terdapat beberapa teori promosi yang perlu dipahami oleh seorang desainer sebelum membuat suatu media promosi dalam bentuk digital maupun tercetak. Desainer harus mampu memahami pengertian iklan dan jenisnya, baik di era media pertama, kedua, maupun media baru. Hal ini diperlukan agar desainer dapat menyesuaikan desain media promosi yang sesuai dengan permintaan klien dan keadaan saat ini.

Selain itu, desainer juga perlu memahami teori mengenai layout iklan, unsur visual yang ada dalam sebuah iklan, dan jenis media promosi agar dapat menuangkan ide-ide kreatifnya ke dalam media promosi yang tepat. Sehingga pesan yang ingin disampaikan kepada khalayak ramai dapat tersampaikan dengan baik sesuai keinginan klien.