MENGENAL RAGAM POTENSI PARIWISATA INDONESIA

MENGENAL RAGAM POTENSI PARIWISATA INDONESIA

Penulis: Firman Syah
Editor: Nunung Martina, Devi Handaya
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-71-7
Format: Cetak (POD) 214 Halaman

Baca Disini

Buku ajar Pariwisata dengan judul: Mengenal Ragam Potensi Pariwisata Indonesia menjelaskan tentang ragam daya tarik wisata yang ada di daerah-daerah seluruh Indonesia. Ketika potensi tersebut dimaksimalkan, maka akan memudahkan masyarakat untuk merencanakan, mengelola, hingga mengembangkan potensi pariwisata yang ada. Terkadang masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat tersebut kurang memahami apa yang bisa dibuat dan dari mana kegiatan kepariwisataan akan dimulai. Materi ini diberikan pada semester pertama Mata Kuliah Pengantar Kepariwisataan dan semester kedua Kebijakan Kepariwisataan pada D4 Program Studi MICE, Politeknik Negeri Jakarta. Harapan dari adanya buku ajar ini, mahasiswa dapat mempelajari kasus-kasus pariwisata yang ada di masyarakat yang sudah masuk dalam ranah pariwisata. Sehingga memiliki pandangan dan konsep yang nantinya bisa dikembangkan sendiri sesuai keahlian masing-masing mahasiswa dalam memajukan dunia kepariwisataan.

REGISTRASI UNTUK MICE

REGISTRASI UNTUK MICE

Penulis: Iis Mariam, Etty Khongrad
Editor: Nunung Martina, Rimsky K. Judisseno
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-75-5
Format: Cetak (POD) 236 Halaman

Baca Disini

Buku ini berisi materi mengenai registrasi mulai dari proses persiapan, pelaksanaan dan  setelah  penyelenggaraan kegiatan MICE. Buku ini disusun berdasarkan  rujukan teori dan pengalaman penulis dalam mengajar dan meneliti bidang registrasi MICE sehingga isi dari buku ini dapat dijadikan sebagai rujukan tidak hanya bagi mahasiswa MICE tetapi juga khalayak umum, serta pelaku industri pariwisata yang terlibat dalam penyelenggaraan even. Buku ini dilengkapi selain teori registrasi juga gambar, tabel serta contoh soal dan latihan yang dapat dikerjakan mahasiswa secara mandiri.  Materi buku disajikan dalam bahasa yang mudah dimengerti pembaca serta contoh yang diberikan dapat diterapkan langsung pada kegiatan registrasi even MICE.

Buku ini disusun dalam 8 bab dimulai dengan Bab 1: pendahuluan, overview tentang registrasi dalam kegiatan MICE, Bab 2: istilah registrasi dalam MICE, prinsip registrasi, jenis peserta registrasi, Bab 3: kompetensi staf registrasi dalam MICE, Bab 4: peralatan dan bahan untuk registrasi dalam MICE, Bab 5: data tentang bahan dan peralatan dalam event MICE, Bab 6: layout registrasi, faktor antrian dalam registrasi, Bab 7: jenis pembayaran, dan  Bab 8: formulir dalam event MICE, dan project work registrasi.

LANGKAH PRAKTIS MENERJEMAHKAN

LANGKAH PRAKTIS MENERJEMAHKAN

Penulis: Ina Sukaesih, Lenny Brida
Editor: Nunung Martina, Mera Kartika
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-76-2
Format: Cetak (POD) 140 Halaman

Baca Disini

Buku ini mengenalkan pengertian tentang penerjemahan, fungsi penerjemahan dalam komunikasi antar bangsa dan bagaimana karya terjemahan bisa dianggap memiliki kualitas yang baik.

Bab pertama buku ini mengenalkan mengenai pemahaman penerjemahan dan istilah-istilah penerjemahan. Setelah mahaiswa memahami makna penerjemahan, pada unit dua dipaparkan tentang hubungan antara penerjemahan dengan budaya, bagaimana budaya mempengaruhi penerjemahan dan bagaimana penerjemahan berfungsi dalam budaya.

Ideologi penerjemahan diperkenalkan pada unit tiga. Ideologi penerjemahan merupakan titik tolak bagi seorang penerjemah dalam melakukan penerjemahan yang memberikan arah dalam proses penerjemahan. Ketika seorang penerjemah telah menentukan ideologi penerjemahan, langkah selanjutnya akan dituntun pada penggunaan metode dan teknik penerjemahan yang satu arah. Metode dan teknik penerjemahkan diuraikan pada unit empat dan unit lima.

Muara penerjemahan terdapat pada unit enam, yaitu kualitas terjemahan. Pada unit enam aspek-aspek kualitas terjemahan dan penilaian kualitas terjemahan dibahas. Pada unit tujuh dibahas mengenai pendekatan fungsional dalam penerjemahan yang menguraikan tentang titik balik perubahan dari konsep kesepadanan penerjemahan.

Unit delapan membahas tentang penyuntingan terjemahan yang membahas tugas seorang penyunting penerjemahan yang harus memahami pesan yang terkandung pada teks sumber dan sekaligus pakar dalam teks sasaran.

MUDAH MENERJEMAHKAN TEKS AKADEMIK (EDISI REVISI)

MUDAH MENERJEMAHKAN TEKS AKADEMIK (EDISI REVISI)

Penulis: Lidya Pawestri Ayuningtyas, Ina Sukaesih
Editor: Nunung Martina, Arliandy Pratama
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-77-9
Format: Cetak (POD) 157 Halaman

Baca Disini

“Buku edisi revisi ini mengenalkan jenis-jenis teks akademik seperti artikel jurnal ilmiah dan tugas akhir (skripsi, tesis, disertasi), juga menjelaskan struktur tulisan akademik, serta bagaimana cara mudah menerjemahkan artikel jurnal ilmiah dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan sebaliknya. Seluruh bab dilengkapi dengan soal yang dapat melatih kemampuan siswa dalam menerjemahkan artikel jurnal ilmiah.

Bab pertama buku ini mengenalkan pada mahasiswa jenis-jenis teks akademik dan diikuti dengan bab mengenai struktur atau format teks akademik. Sebelum menerjemahkan, seorang penerjemah harus familiar dengan teks akademik yang akan diterjemahkan olehnya.

Dalam bab dua ditambahkan pula mengenai situs-situs di mana pembaca dapat membaca artikel jurnal ilmiah secara legal.

Bab ketiga buku ini berisi penjelasan singkat mengenai ideologi, metode, dan teknik penerjemahan teks akademik.

Bab empat membahas struktur kalimat dalam teks akademik yang khas. Dalam bab ini, tenses dan kalimat aktif dan pasif, anafora, sinonim, penggunaan subjek, dan transisi dibahas.

Bab lima sampai dengan sepuluh membahas penerjemahan abstrak, pendahuluan, tinjauan literatur dan metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, serta bagian implikasi dan rekomendasi. Seluruh artikel dan teks yang digunakan merupakan teks otentik sehingga bermanfaat bagi praktik di dunia kerja yang sebenarnya.”

MAHIR MENULIS TEKS DESKRIPSI & TEKS LAPORAN

MAHIR MENULIS TEKS DESKRIPSI & TEKS LAPORAN

Penulis: Linda Sari Wulandari
Editor: Nunung Martina, Rimsky K. Judisseno
Desain Sampul: Linda Sari Wulandari
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-79-3
Format: Cetak (POD) 177 Halaman

Baca Disini

Buku “Mahir Menulis Teks Deskripsi dan Teks Laporan” dapat menjadi buku pegangan mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran mengenai penulisan teks, terutama yang berkaitan dengan jenis teks deskripsi dan teks laporan. Teks deskripsi dan teks laporan memiliki kemiripan, yakni sama-sama bertujuan untuk mendeskripsikan suatu objek, tetapi bila diperhatikan dengan lebih saksama kedua teks tersebut memiliki banyak perbedaan, baik dari tujuan, jenis, dan strukturnya, serta kaidah kebahasaan yang terkandung di dalam teks. Oleh karena itu, penulis berharap buku ini dapat menjadi pegangan dan petunjuk bagi mahasiswa atau umum untuk dapat menulis teks deskripsi dan teks laporan dengan pembahasan yang mudah dipahami. Menulis teks deskripsi dan teks laporan merupakan bagian dari satu mata kuliah Menulis Teks Deskripsi dan Teks Laporan dalam Bahasa Indonesia yang diberikan di Program Studi Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional. Menulis teks deskripsi dan teks laporan diberikan sebagai mata kuliah praktik sehingga mahasiswa harus mampu menulis, menganalisis, dan mengevaluasi teks deskripsi dan teks laporan dalam bahasa Indonesia. Buku ini berisi uraian materi untuk mendukung ketercapaian kemampuan tersebut karena materi yang disajikan langsung pada praktik penulisan berdasarkan pemahaman teori teks deskripsi dan teks laporan. Materi yang disajikan mencangkup tiga belas bab pokok bahasan yang berkaitan dengan teks deskripsi dan teks laporan yang sesuai dengan RPS dan SAP mata kuliah “Menulis Teks Deskriptif dan Teks Laporan dalam Bahasa Indonesia”. Buku ini disertai dengan matrik evaluasi penilaian terhadap teks deskripsi dan teks laporan.

ENGLISH FOR TOURISM

ENGLISH FOR TOURISM

Penulis: Nina Sulistyowati
Editor: Nunung Martina, Rimsky K. Judisseno
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-86-1
Format: Cetak (POD) 80 Halaman
Baca Disini

Tourism is one of the largest foreign exchange earners in Indonesia. Therefore, competent human resources in the tourism sector need to be prepared to advance Indonesian tourism. One of the competencies needed in an effort to improve the quality of tourism human resources is foreign language skills, especially English. English for Tourism is a course book designed for the student of tourism study program and individuals who want to study or work in tourism sectors. This book is designed to improve both written and spoken English skills in the tourism sectors.

Keywords: Tourism, English for Tourism,

PARIWISATA: DARI PERADABAN SEJARAH MENUJU TANTANGAN KOMPETENSI

PARIWISATA: DARI PERADABAN SEJARAH MENUJU TANTANGAN KOMPETENSI

Penulis: Firman Syah
Editor: Nunung Martina, Rimsky K. Judisseno
Desain Sampul: Dimas Surya Perdana
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-623-7342-45-8
Format: Cetak (POD) 172 Halaman

Buku ajar Pariwisata: Dari Peradaban Sejarah Menuju Tantangan Kompetensi menjelaskan tentang kepariwisataan dari masa ke masa sejak sebelum masehi. Materi ini diberikan pada semester pertama Mata Kuliah Pengantar Kepariwisataan MICE dan semester kedua Kebijakan Kepariwisataan MICE pada D4 Program Studi MICE, Politeknik Negeri Jakarta. Buku ajar tersebut menjabarkan konsep pariwisata di masa sebelum masehi dan selama masehi di dunia. Juga pariwisata di Indonesia yang terbagi pada masa kerajaan, penjajahan, dan abad ke-20. Pada bab selanjutnya dibahas tentang kebutuhan kompetensi SDM yang ada di dunia pariwisata. Sehingga diketahui apa saja kompetensi yang dibutuhkan di seluruh usaha jasa pariwisata (sebagaimana dipaparkan dalam UU Nomor 10 Tahun 2009 Pasal 14). Untuk kompetensi mengacu pada peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang juga sudah ditetapkan oleh Menteri Pariwisata.

PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI UNTUK BISNIS

PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI
UNTUK BISNIS

Penulis: Iis Mariam, Endah Wartiningsih
Editor: Nunung Martina, Rimsky K. Judisseno
Desain Sampul: Dimas Surya Perdana
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-623-7342-49-6
Format: Cetak (POD) 214 Halaman

Perkembangan teknologi informasi saat ini telah mempengaruhi proses bisnis yang harus bergerak cepat seiring dengan kebutuhan masyarakat yang harus dilayani cepat, tepat dan memuaskan.  Dampak dari perkembangan dunia bisnis yang turbulen dan kecepatan teknologi informasi menuntut pelaksanaan pekerjaan administrasi baik  yang dilakukan oleh organisasi public maupun private (niaga) membutuhkan pelayanan yang cepat dan prima.  Administrasi tidak hanya dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan tetapi juag bagaimana administrasi dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam organisasi.  Administrasi, manajemen dan organisasi adalah tiga hal yang tidak dapat dipisahkan ketika harus membahas suatu kebijakan dan pengambilan keputusan, oleh karena itu menjadi sangat penting untuk diberikan pengetahuan tentang filosofi dan konsep  administrasi pada era klasik, neo-klasik, modern dan post modern.  Lingkungan organisasi juga akan mempengaruhi apakah organisasi dapat berjalan dengan baik atau tidak? Etika dan budaya administrasi penting disampaikan dalam buku ini untuk memberikan gambaran bagiamana proses penyelenggaraan administrasi yang beretika dan sesuai dengan budaya kerja organisasi.  Dalam budaya organisasi public saat ini bahwa kinerja staf yang tidak memberikan hasil dan prestasi baik kepada organisasi tetap dapat bekerja sampai usia pension, karena lingkungan dan tuntutan kebutuhan masyarakat mengenai pelayanan dan kinerja pemerintah sudah berubah dan kondisi ini menuntut kualifikasi staf yang kompeten dan professional seperti layaknya staf yang bekerja dalam perusahaan.  Komunikasi administrasi juga penting dipekajari untuk menghindari adanya komunikasi yang berjalan satu arah dalam organisasi. Konsep pelayanan administrasi dalam organiasi public juga dikenalkan dengan adanya pemahaman mengenai old public administration dan old public management, new public management, new public service sehingga semua tujuan organisasi dapat terwujud.  Untuk memberikan hasil kinerja yang professional terutama dalam bisnis maka perlu diwujudkan konsep  reformasi administrasi dan birokrasi sehingga semua keputusan dan kebijakan dari pemerintah akan mendorong terciptanya dunia bisnis yang menguntungkan dan memberikan dampak nyata dalam pemberdayaan masyarakat.

MUDAHNYA BELAJAR PEMASARAN

MUDAHNYA BELAJAR PEMASARAN

Penulis: Taufik Akbar
Editor: Nunung Martina, Susilawati
Desain Sampul: Dimas Surya Perdana
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-623-7342-47-2
Format: Cetak (POD) 185 Halaman

Buku ini memiliki ciri khas tersendiri dengan bab yang terdiri pada konsep inti dari tokoh marketing indonesia dan salah satu gurus of future marketing in the world, DR (HC) Hermawan Kartajaya. Beliau juga sebagai salah satu penyusun Standar Kerangka Kompetensi Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Pemasaran.

Memang masalah pemasaran merupakan tema yang tak lekang di makan waktu. Sentuhannya terhadap berbagai bidang keilmuan semisal psikologi, manajemen, ekonomi, keuangan, sosiologi dan antropologi membuat ilmu pemasaran menjadi  krusial dan penting bagi organisasi/lembaga/perusahaan. Memberi perhatian yang lebih untuk masalah adalah solusi bagi keberlangsungan organisasi/lembaga/perusahaan.

Disamping itu, Pemasaran menjadi bidang yang dibutuhkan di segala bidang mulai politik sampai teknologi. Guna meningkatkan jumlah penjualan produk, pemilih dalam pemilu, jumlah pasien dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, semoga buku “Mudahnya belajar pemasaran” dapat memberi manfaat lebih bagi mahasiswa, akademisi dan praktisi dalam mengkaji pemasaran dengan berbasis KKNI.

KOMPENSASI ANTARA TEORI DAN PRAKTEK

KOMPENSASI ANTARA TEORI & PRAKTEK

Penulis: Taufik Akbar
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2019
ISBN: 978-623-7342-00-7
Format: Cetak (POD) 120 Halaman

Manajemen sumber daya manusia sebagai tema yang tidak habis untuk dibahas oleh akademisi dan praktisi dalam berbagai sudut pandang, namun tidak mengurangi minat penulis untuk turut mengisi khasanah keilmuan dengan topik “Kompensasi antara Teori dan Praktek” .

Dalam buku ini memuat mengenai pengantar dari kompensasi, tunjangan dan fasilitas, menghitung KHL, UMR dan pemutusan hubungan kerja serta menghitung upah lembur, cuti dan bonus.

Buku ini sengaja disiapkan dan diperuntukan bagi mahasiswa strata diploma studi terapan administrasi bisnis, praktisi bisnis dan mahasiswa yang secara khusus memilih kosentrasi manajemen sumber daya manusia. Keunggulan buku ini letak pada pembahasan mengenai menghitung KHL,UMR, BPJS, cuti, lembur dan pensiun yang merupakan tema yang jarang diangkat pada buku-buku sejenis.