KONSTRUKSI JEMBATAN JENIS DAN BAGIAN STRUKTUR ATAS

KONSTRUKSI JEMBATAN JENIS DAN BAGIAN STRUKTUR ATAS

Penulis: Fauzri Fahimuddin
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-5537-02-3
Format: Cetak (POD) 113 Halaman

Baca Disini

Buku ini memperkenalkan kepada calon perancang atau desainer jembatan terhadap pilihan konseptual utama yang ditujukan atau diarahkan agar mereka mampu merancang atau mendesain jembatan yang ekonomis dan sukses.

Materi yang disampaikan dalam buku ini memberikan pemahaman awal dan mendasar yang sangat penting bagi calon perancang jembatan mulai dari jenis-jenis struktur atas jembatan, bagian-bagian dan istilah yang digunakan dalam teknik jembatan, serta konsep-konsep penting dalam proses perancangan jembatan.

Dalam buku ini disampaikan konsep yang mendasar tentang fungsi jembatan, karakter dari setiap jenis struktur atas, serta memberikan pemahaman tentang faktor-faktor lain seperti pembebanan pada struktur jembatan, serta pengetahuan yang perlu dikuasai dalam pemilihan bentuk struktur atas yang benar kepada calon perancang jembatan sampai kepada pilihan lebih rinci yang harus dibuat saat desain dikembangkan.

MATERIAL BANGUNAN

MATERIAL BANGUNAN

Penulis: Amalia, Nunung Martina, Muhtarom Riyadi
Editor: Rimsky K. Judisseno, Arliandy Pratama
Desain Sampul:  Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-72-4
Format: Cetak (POD) 228 Halaman

Baca Disini

Perkembangan industri konstruksi semakin berkembang pesat. Perkembangan ini diikuti oleh penemuan-penemuan inovasi bahan bangunan. Untuk mendukung pembangan teknologi konstruksi yang semakin maju diperlukan material/ bahan bangunan yang bermutu dan berkualitas tinggi. Oleh karena itu perlu pengetahuan tentang jenis dan karakteristik dari material/bahan konstruksi.

Bahan-bahan bangunan utama yang memikul beban dan biasa digunakan pada konstruksi adalah beton. Untuk menghasilkan beton yang baik dan mempunyai kekuatan sesuai persyaratan konstruksi diperlukan pengetahuan tentang bahan-bahan penyusun beton. Bahan-bahan penyusun beton terdiri dari agregat, bahan perekat dan air. Perkembangan akhir-akhir ini penggunaan admixture/bahan tambah untuk memperbaiki sifat beton semakin umum digunakan. Buku ini menguaraikan tentang batu alam sebagai dasar untuk mempelajari agregat, agregat, bahan perekat, air dan admixture.

Selain bahan bangunan penyusun beton, pengetahuan tentang bahan logam/baja juga sangat diperlukan, karena untuk mengetahui karakteristik baja yang digunakan untuk tulangan beton maupun baja konstruksi (baja profil). Bahan bangunan yang juga akan dibahas adalah tentang keramik, kayu dan bambu. Bahan-bahan ini sangat umum digunakan di bidang bangunan. Oleh karena itu perlu pengetahuan tentang bahan-bahan tersebut.

Buku ini terdiri dari 9 bab yang meliputi : bab 2 tentang batu alam, bab 3 tentang agregat, bab 4 bahan perekat hidrolis, bab 5 air, bab 6 admixture, bab 7 logam, bab 8 keramik bangunan dan bab 9 tentang kayu dan bambu.

Adapun standar-standar yang digunakan untuk pengujian bahan, syarat mutu bahan digunakan standar Indonesia terdiri dari : SII, SNI, SK-SNI, PKKI dan Peraturan Bahan Bangunan Indonesia. Sedangkan peraturan asing yang digunakan adalah ACI, ASTM dan British Standard tentang bahan bangunan.

GIS UNTUK PROJECT WORK SIPIL JILID 1

GIS UNTUK PROJECT WORK SIPIL JILID 1

Penulis: Arliandy Pratama
Editor: Nunung Martina, Rimsky K. Judisseno
Desain Sampul: Arliandy  Pratama
Tata Letak: Arliandy  Pratama
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-83-0
Format: Cetak (POD) 95 Halaman

Baca Disini

Sistem Informasi Geografis atau Geographich Information System (GIS) adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk pengelolaan data spasial dan pengembangan aplikasi Sistem Informasi Geografis. Teknologi GIS memungkinkan studi hubungan spasial dalam data. GIS memungkinkan pengguna untuk dapat mengambil suatu keputusan berdasarkan data spasial pada bidang Construction Management, Planning and analysis, Field force management, Asset and data management, Situational awareness, Citizen and customer engagement.

Buku ini membantu pembaca untuk memahami tentang dasar-dasar penggunaan GIS dalam pekerjaan teknik sipil dalam kerangka yang mudah difahami yang dilengkapi dengan contoh dan langkah kerja. Meliputi beberapa pengetahuan dasar penggunaan, sumber data yang dapat dipaka, analisi pemetaan, model 3D dan pengaplikasian pada peta tematik. Dalam era industri 4.0 Penerapan teknologi GIS dapat membantu penyelenggaraan infrastruktur sipil seperti jalan dan jembatan dalam hal meningkatkan akurasi perencanaan, mitigasi risiko konstruksi, serta merencanakan seluruh siklus hidup proyek aset infrastruktur dengan lebih baik. Penerapan teknologi GIS pada perencanaan jalan mengombinasikan teknologi BIM (Building Information Modeling) atau yang biasa disebut sebagai BIM Geospasial yang semakin dikembangkan pada dunia industri konstruksi saat ini.

MEKANIKA TANAH 1

MEKANIKA TANAH 1

Penulis: Imam Hariadi Sasongko, Muhammad Fathur Rouf Hasan
Editor: Nunung Martina, Fuad Zainuri
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-80-9
Format: Cetak (POD) 162 Halaman

Baca Disini

Buku ajar Mekanika Tanah 1 ini adalah buku ajar yang disusun oleh Imam Hariadi Sasongko, S.T., M.M., MBA. & Muhammad Fathur Rouf Hasan, S.Si., M.Si. yaitu seorang dosen dalam bidang Geoteknik dan Geofisika, buku ini membahas konsep dasar dalam mekanika tanah dilengkapi dengan ilustrasi relevan terhadap capaian pembelajaran mahasiswa, dengan tujuan untuk memberikan dasar pemahaman tentang mekanika tanah 1 dan pengujian tanah.

Buku ajar ini diterbitkan karena adanya dorongan untuk menambah literatur bacaan dalam dunia mekanika tanah 1. Mengingat tanah merupakan dasar dari setiap bangunan, maka buku ini menjadi dasar ilmu mekanika tanah 1 untuk membantu mahasiswa memahami konsep mekanika tanah 1 dengan bahasa yang mudah dan ringan. Dalam buku ini dibahas mengenai pengetahuan dasar tentang sifat-sifat tanah, berbagai permasalahan pada tanah, pemadatan tanah, kuat geser tanah, dan penyelidikan tanah. Buku ajar mekanika tanah 1 berisikan teori yang menjadi dasar pada mata kuliah berikutnya yaitu pengujian tanah. Buku ajar ini ditulis dengan bahasa sederhana agar mahasiswa dan pembaca dapat memahami dengan mudah.

KONSEP & APLIKASI MEKANIKA TANAH JILID 1

KONSEP & APLIKASI MEKANIKA TANAH JILID 1

Penulis: Yelvi, A’isyah Salimah
Editor: Nunung Martina, Arliandy Pratama
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-5537-00-9
Format: Cetak (POD) 160 Halaman
Baca Disini

Buku Konsep Mekanika Tanah 1 ini disusun bagi para mahasiswa Teknik Sipil agar mampu memahami persoalan mekanika tanah, sehingga mampu memecahkan masalah dalam bidang Teknik Sipil. Pembahasan dan Bahasa Indonesia yang digunakan dibuat sederhana sehingga memudahkan pemahaman bagi pembacanya. Buku ini merupakan buku daring yang dilengkapi dengan video pembelajaran sehingga lebih mudah dipahami. Penyajiannya tidak saja dalam bentuk teori, namun disertai contoh-contoh dan latihan soal untuk memperjelas aplikasinya. Ruang lingkup pokok pembahasan dalam buku ini adalah mengenai jenis-jenis tanah, analisis butiran tanah, batas- batas Atterberg, klasifikasi tanah, pemadatan tanah di laboratorium dan lapangan, serta kuat geser tanah. Buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pembaca terutama bagi mahasiswa Teknik Sipil, khususnya dilingkungan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta.

ALAT BERAT UNTUK PROYEK KONSTRUKSI

ALAT BERAT UNTUK PROYEK KONSTRUKSI

Penulis: Afrizal Nursin, Fajar Susilowati, Nunung Martina
Editor: M Fauzy, Zainal Nur Arifin
Desain Sampul: Dimas Surya Perdana
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-623-7342-39-7
Format: Cetak (POD) 367 Halaman

Alat berat pada proyek konstruksi merupakan alat bantu yang dapat mempermudah dan meringankan pekerjaan khususnya pada pekerjaan-pekerjaan konstruksi dengan volume yang besar. Oleh karena itu segala permasalahan dengan alat berat seperti biaya peralatan, dasar-dasar teknis, produksi alat, fungsi dan kegunaan alat, mengelola peralatan dalam kolaborasi kerja yang produktif, perlu dipelajari secara tepat.

 Buku ini membantu pembaca untuk memahami tentang Alat Berat dan Pemindahan Tanah Mekanis, yang diuraikan secara detail dalam kerangka penulisan yang mudah dimengerti. Meliputi bebarapa pengetahuan penting dalam Alat Berat dan Pemindahan Tanah Mekanis, yang dimulai dengan pengenalan mengapa alat berat diperlukan, bagaimana alat berat dikelola, berkaitan juga dengan perhitungan biaya dan pemilikan alat, dasar-dasar teknis mengenai alat, dilanjutkan dengan alat yang digunakan dalam pemindahan tanah, alat berat yang terkait dengan konstruksi, dan berkaitan juga dengan bagaimana melakukan Analisa operasi alat, kemudian diakhiri dengan bagaimana mengelola perawatan dan perbaikan alat

 Harapan penulis melalui buku ini dapat membantu para mahasiswa dan khalayak umum yang tugasnya berkaitan dengan alat berat, dapat dengan mudah memahami alat berat sebagai sarana untuk membantu pelaksanaan pekerjaan konstruksi.

PERANCANGAN KOLOM & PONDASI BETON BERTULANG UNTUK BANGUNAN GEDUNG

PERANCANGAN KOLOM & PONDASI BETON BERTULANG UNTUK BANGUNAN GEDUNG

Penulis: Asep Yana Yusyama
Editor: Nunung Martina, Zainal Nur Arifin
Desain Sampul: Dimas Surya Perdana
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-623-7342-51-9
Format: Cetak (POD) 146 Halaman

Buku ini merupakan kumpulan dan perluasan catatan hasil pengalaman penulis selama mengajar dan meneliti bidang material beton di Politeknik Negeri Jakarta. Buku ini disusun secara sistematis mulai dasar teori perencanaan struktur beton bertulang dan contoh aplikasi perancangan, sehingga diharapkan mahasiswa maupun pembaca memiliki kompetensi dalam merancang struktur beton bertulang. Buku dilengkapi dengan gambar pendukung, tabel, contoh soal dan latihan soal yang memungkinkan mahasiswa dapat belajar secara mandiri. Bahan rujukan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan materi di dunia kerja dan menggunakan peraturan beton bertulang yang berlaku.

Buku ini disusun dalam 5 bab. Bab 1 berisi diskripsi mata kuliah, bab 2 berisi tentang jenis-jenis kolom. Pada bab ini dilengkapi foto-foto pendukung yang merupakan hasil penelitian penulis selama melakukan penelitian dan penyusunan tesis serta foto-foto lain dari hasil browsing di internet. Pada Bab 3 disajikan dasar teori dan tata cara perancangan kolom pendek beton bertulang. Bab 4 membahas tentang dasar teori dan perancangan kolom langsing. Bab 5 menjelaskan materi tentang dasar teori dan cara perancangan pondasi telapak dan pile cap.

DASAR-DASAR PERANCANGAN STRUKTUR BETON 1

DASAR-DASAR PERANCANGAN STRUKTUR BETON 1

Penulis: Amalia
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2019
ISBN: 978-623-7342-07-6
Format: Cetak (POD) 236 Halaman

Buku ini merupakan kumpulan dan perluasan catatan hasil pengalaman penulis selama mengajar dan meneliti bidang material beton di Politeknik Negeri Jakarta. Buku ini disusun secara sistematis mulai dasar teori perencanaan struktur beton bertulang dan contoh aplikasi perancangan, sehingga diharapkan mahasiswa maupun pembaca memiliki kompetensi dalam merancang elemen struktur beton bertulang. Buku dilengkapi dengan gambar pendukung, tabel, contoh soal, aplikasi perancangan elemen struktur pada bangunan gedung,  dan latihan soal yang memungkinkan mahasiswa maupun pembaca dapat belajar secara mandiri. Bahan rujukan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan materi di dunia kerja dan menggunakan peraturan beton bertulang untuk bangunan gedung, SNI 2847: 2002.

Secara umum, buku ini membahas tentang perancangan struktur lentur dan geser pada elemen struktur, seperti balok dan pelat pada bangunan gedung berdasarkan SNI 2847 : 2002. Buku ini disusun dalam 7 bab. Bab 1 berisi diskripsi mata kuliah dan gambaran umum isi buku, bab 2 berisi  bahan penyusun beton, dilengkapi dengan tata cara membuat rancang campuran beton berdasarkan SNI. Bab 3 membahas tentang sifat-sifat material beton dan tulangan. Pada bab ini dilengkapi foto-foto pendukung yang merupakan hasil penelitian penulis selama melakukan penelitian serta foto-foto lain dari hasil browsing di internet. Pada Bab 4 disajikan teori dasar dalam perencanaan struktur beton bertulang, termasuk pembebanan pada bangunan gedung.

Bab 5 membahas tentang perancangan lentur pada elemen balok. Pada bab ini dijelaskan perilaku lentur balok, bentuk tegangan regangan balok bertulangan tunggal maupun tulangan rangkap serta contoh perhitungan dan aplikasinya pada balok bangunan gedung. Bab 6 menjelaskan materi tentang perilaku geser pada balok. Di dalam bab ini juga disajikan jenis-jenis retak yang dapat terjadi pada balok yang dilengkapi dengan foto-foto kasus retak pada balok. Desain geser juga diaplikasikan dalam bentuk contoh soal untuk mendesain tulangan geser pada balok bangunan gedung. Bab 7 membahas tentang analisa dan desain struktur pada pelat.

ETIKA PROFESI DAN KEWIRAUSAHAAN

ETIKA PROFESI DAN KEWIRAUSAHAAN

Penulis: Nunung Martina, Sidiq Wacono, Desi Supriyan
Editor: Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2019
ISBN: 978-602-5923-07-4
Format: Cetak (POD) 154 Halaman

Buku ini berisi tentang nilai-nilai dan pengetahuan terkait etika profesi dan kewirausahaan yang menjadi dasar bagi mahasiswa yang akan memulai usahanya atau pengusaha pemula khususnya pengusaha kecil. Dengan menerapkan konsep etika profesi dan kewirausahaan diharapkan mereka dapat menemukan ide, kreativitas, dan inovasi untuk produk atau jasa yang mereka hasilkan yang mengedepankan etika dalam berwirausaha. Karena di era globalisasi persaingan diantara sesama pengusaha sangat ketat, baik persaingan di skala lokal, regional, nasional maupun internasional. Usaha yang mampu bersaing adalah yang dapat melakukan kreativitas dan inovasi dalam penciptaan produk atau jasa baru yang sesuai dengan keinginan pelanggan, mempunyai performance lebih serta harga bersaing dan memiliki nilai etika.

Buku ini memiliki keistimewaan karena membahas tentang Etika Bisnis Jasa Konstruksi. Selain dapat digunakan untuk mahasiswa umum dan pengusaha pemula, buku ini juga dikhususkan untuk mahasiswa di bidang Teknik Sipil

Buku ini terdiri atas 8 (delapan) pokok bahasan, yaitu: (1) Etika Bisnis, (2) Tanggung Jawab Sosial Dan Etika Manajemen Perusahaan, (3) Etika Bisnis Jasa Konstruksi, (4) Konsep Kewirausahaan, (5) Peluang Usaha, (6) Inovasi dan Kreativitas, (7) Bentuk-Bentuk Badan Usaha, dan (8) Kelayakan Usaha. Buku ini diharapkan dapat menjadi pegangan dan mahasiswa di berbagai jenjang pendidikan dan program studi, serta dibaca para pelaku bisnis yang berkeinginan lebih maju.

TEKNOLOGI BAHAN 1

6_PNJ_COVER

TEKNOLOGI BAHAN 1

Penulis: Amalia, Muhtarom Riyadi
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-72-2
Format: Cetak (POD) 128 Halaman

 

Bahan-bahan bangunan utama yang memikul beban dan biasa digunakan pada konstruksi adalah beton. Untuk menghasilkan beton yang baik dan mempunyai kekuatan sesuai persyaratan konstruksi diperlukan pengetahuan tentang bahan-bahan penyusun beton. Bahan-bahan penyusun beton terdiri dari agregat, bahan perekat dan air. Perkembangan akhir-akhir ini penggunaan admixture/bahan tambah untuk memperbaiki sifat beton semakin umum digunakan. Buku ini menguaraikan tentang batu alam sebagai dasar untuk mempelajari agregat, agregat, bahan perekat, air dan admixture.

Selain bahan bangunan penyusun beton, pengetahuan tentang bahan logam/baja juga sangat diperlukan, karena untuk mengetahui karakteristik baja yang digunakan untuk tulangan beton maupun baja konstruksi (baja profil). Bahan bangunan yang juga akan dibahas adalah tentang keramik, kayu dan bambu. Bahan-bahan ini sangat umum digunakan di bidang bangunan. Oleh karena itu perlu pengetahuan tentang bahan-bahan tersebut.

Buku ini terdiri dari 2 jilid buku dengan 8 bab yang meliputi : bab I tentang batu alam, bab II tentang agregat, bab III bahan perekat hidrolis, bab IV air, bab V admixture, bab VI logam, bab VII keramik bangunan dan bab VIII tentang kayu dan bambu.