Autodesk Revit Untuk Perhitungan Kuantitas Struktur Gedung

Autodesk Revit Untuk Perhitungan Kuantitas Struktur Gedung

Penulis: Safri, S.T., M.T., RA Kartika Hapsari S, S.T., M.T.
Editor: Ina Sukaesih dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 143 halaman

Perkembangan perhitungan kuantitas di dunia industri semakin berkembang.
Salah satunya adalah dengan menggunakan BIM (Building Information Modelling). BIM merupakan salah satu teknologi di bidang AEC (Arsitektur, Engineering dan Konstruksi) yang mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam proyek pembangunan ke dalam model 3 dimensi. Autodesk Revit adalah software untuk membuat desain 3D yang mendukung program BIM. Untuk mendukung kebutuhan tersebut, maka dalam proses belajar mengajar mahasiswa mulai dikenalkan dengan BIM. Buku Ini dibuat untuk menjadi referensi Mahasiswa agar lebih mudah dalam mempelajari BIM. Buku ini berisi tentang langkah-langkah pembuatan modelling struktur Gedung dimulai dari membuat Level, Grid. Kolom Beton, Pondasi Beton, Dinding Beton, Balok, Slab, Tangga, Baja dan sambungannya, Pembesian kolom, Pembesian balok, Pembesian pelat lantai, Pembesian Tangga, Material Take Off, dan membuat KOP gambar menggunakan software Autodesk Revit. Diharapkan dengan adanya buku ini maka mahasiswa sebagai pemula dalam penggunaan BIM dapat belajar menggunakan Autodesk Revit lebih mudah, karena buku ini dibuat lebih terperinci dilengkapi dengan contoh dan gambar.

ANALISA STRUKTUR RANGKA BATANG, PUTARAN SUDUT, DAN LENDUTAN

ANALISA STRUKTUR RANGKA BATANG, PUTARAN SUDUT, DAN LENDUTAN

Penulis: AMALIA, SUKARMAN
Editor: Supriatnoko dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 117 halaman

Buku Mekanika Teknik 3 ini disusun dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai Analisa Struktur Rangka Batang, Putaran Sudut, dan Lendutan baik secara manual maupun dengan alat bantu software SAP2000. Buku ini disusun dalam 4 Bab, yang terdiri dari Pendahuluan, Sistem Struktur, Analisa Struktur Rangka Batang, serta Putaran Sudut dan Lendutan. Buku ini disusun secara sistematis agar pembaca dapat mempelajari materi dengan lebih mudah. Fokus pembelajaran diarahkan pada pemahaman terhadap materi serta latihan dan penyelesaian soal.

FLUIDA STATIS: Implementasi Ilmu Fisika

FLUIDA STATIS: Implementasi Ilmu Fisika

Penulis: Tri Wulan Sari, S.Si., M.Si
Editor: Ina Sukaesih dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 134 halaman

 

 

Buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam belajar materi terkait Fluida. Khususnya fluida statis. Buku ini membahas mengenai:

    1. Besaran Fluida Statis
    2. Konversi Satuan Fluida Statis
    3. Fluida Statis
    4. Implementasi Fluida Statis
    5. Hasil Riset Terkait Fluida Statis

Pada bagian terakhir buku ini merupakan hasil riset yang terkait dengan fluida statis antara lain berat jenis beberapa macam fluida, Piezometer, Aliran di atas ambang tajam dan Hukum Archimedes.

Fisika Terapan (Gelombang)

Fisika Terapan (Gelombang)

Penulis: Muhammad Fathur Rouf Hasan, Firmanillah Kamil, Putera Agung Maha Agung, Adi Susilo
Editor: Ina Sukaesih dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 139 halaman

 

Buku ajar Fisika Terapan (Gelombang) ini adalah buku ajar yang disusun oleh Muhammad Fathur Rouf Hasan, dkk dosen dalam bidang Fisika (Geofisika), buku ini membahas konsep dasar dalam Fisika Terapan khususnya pada bidang geetaran dan gelombang. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi yang relevan terhadap capaian pembelajaran mahasiswa, dengan tujuan untuk memberikan dasar pemahaman tentang teori dan aplikasi gelombang dalam teknik sipil.

Buku ajar ini diterbitkan karena adanya dorongan untuk menambah literatur bacaan dalam dunia fisika terapan. Mengingat mata kuliah Fisika merupakan dasar dari berbagai ilmu termasuk teknik sipil. Dalam buku ini dibahas mengenai pengetahuan dasar tentang pengertian gelombang, sifat gelombang, Gelombang Bunyi, Gelombang Cahaya, Gerak Harmonik Sederhana (GHS), Getaran Teredam dan Paksa Teredam. Buku ajar Fisika Terapan (Gelombang) berisikan teori yang menjadi dasar pada mata kuliah berikutnya. Sehingga buku ini ditulis dengan bahasa sederhana agar mahasiswa dan pembaca dapat memahami dengan mudah.

DRAINASE JALAN DAN JEMBATAN

DRAINASE JALAN DAN JEMBATAN

Penulis: Devi Megarusti Pratiwi, S.Pd., M.Eng.
Editor: Supriatnoko dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 138 halaman

Mata kuliah Drainase Jalan dan Jembatan mempunyai bobot 2 SKS yang
membahas tentang materi yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran Teknik sipil. Mata kuliah ini mempunyai 10 referensi buku ajar atau modul atau yang bisa disebut Buku Materi Pokok (BMP) atau yang biasa disebut dengan modul, 6 Buku Materi Pokok (BMP) awal merupakan materi umum artinya membahas teori – terori pembelajaran yang dapat digunakan atau diterapkan untuk semua bidang studi Jurusan Teknik Spil Politeknik Negeri Jakarta, dan 4 Buku Materi Pokok (BMP) lainnya lebih banyak membahas tentang pembelajaran yang berkaitan dengan bidang Sumber Daya Air (SDA) khususnya Drainase. Proyek konstruksi berkembang semakin besar dan rumit dewasa ini baik dari segi fisik maupun biaya salah satunya dibidang keairan atau sumber daya air (SDA). Pada prakteknya suatu proyek SDA mempunyai keterbatasan akan sumber daya, baik berupa material, tenaga kerja dan alat. Irigasi merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan usaha tanidalam arti luas. Sejalan dengan era reformasi dan otonomi daerah, maka saat ini telah ada pengaturan baru yang mengatur tentang irigasi, yaitu pengelolaan diserahkan kepada petani. Namun demikian pemerintah tetap berkewajiban untuk membantu petani terutama dalam bimbingan teknis dan keuangan sampai mampu mengelolanya secara mandiri.

Saluran drainase merupakan salah satu bangunan pelengkap pada ruas jalan
berfungsi untuk mengalirkan air yang dapat mengganggu pengguna jalan, sehingga badan jalan tetap kering. Saluran drainase merupakamn salah satu persyaratan teknis prasarana jalan. Pada umumnya saluran drainase jalan raya adalah saluran terbuka dengan menggunakan gaya gravitasi untuk mengalirkan air menuju outlet. Distribusi aliran dalam saluran drainase menuju outlet ini mengikuti kontur jalan raya, sehingga air permukaan akan lebih mudah mengalir secara gravitasi. Maka dari itu buku DRAINASE JALAN DAN JEMBATAN ini untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami konsep dan perhitungan perencanaan sederhana drainase jalan dan jembatan. Drainase memiliki peran yang sangat penting di kawasan berpenghuni. Sistem drainase yang baik membantu mencegah banyak persoalan, seperti mengurangi kemungkinan banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanah dan mencegah kerusakan jalan dan bangunan yang ada. Sistem drainase bisa dikatakan baik apabila bisa berhubungan secara sistematik antara satu dengan yang lainnya, yang bertujuan agar air mengalir atau berjalan dengan baik.

Kata Kunci : Drainase, Jalan, Jembatan

MATEMATIKA DASAR (Untuk teknik Sipil)

MATEMATIKA DASAR (Untuk teknik Sipil)

Penulis: Ega Edistria, Abdul Azis Abdillah
Editor: Ina Sukaesih dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 132 halaman

Mata kuliah Matematika membahas tentang konsep dan prinsip matematika yang diperlukan pada tingkat diploma 3 program studi Konstruksi Gedung. Mata kuliah Matematika merupakan bagian dari mata kuliah Matematika dan Statistika dimana dalam 1 minggu dengan nama mata kuliah “Matematika dan Statistika” materi matematika diajarkan selama 3 jp/ minggu dan materi statistika diajarkan selama 2 jp/minggu. Materi matematika membahas Dasar Operasi Bilangan Bulat, trigonometri, luas dan volume benda ruang, persamaan, limit, turunan fungsi, integral fungsi.

Fondasi Dangkal Jembatan

Fondasi Dangkal Jembatan

Penulis: Putera Agung Maha Agung, PhD, Muhammad Fathur Rouf Hasan, S.Si., M.Si.
Editor: Ina Sukaesih dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: –
Halaman: 314 halaman

 

Buku ajar sebagai bahan pembelajaran dan pedoman untuk lebih memahami bagaimana perencanaan pondasi jembatan jalan raya, dimana ruang lingkup perancangan struktur bawah jembatan jalan raya berpedoman kepada standar Bina Marga; Standar-standar lainnya (SNI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (Departemen-PU) dan peraturan BMS (Bridge Management System) yang meliputi: permodelan dan analisa struktur bangunan bawah jembatan, terutama pondasi kepala jembatan (abutment) dan tiang-tiang penyangga jembatan (pier); merancang jenis pondasi yang sesuai untuk jembatan; beban-beban yang harus diperhitungkan untuk perencanaan pondasi kepala jembatan dan tiang penyangga jembatan; mengontrol pengaruh kestabilan pada struktur pondasi kepala jembatan dan tiang penyangga jembatan jembatan dan pelaksanaan terhadap struktur pondasi kepala jembatan dan tiang penyangga jembatan jalan raya secara umum.

Struktur materi dalam buku ajar ini diawali dengan penjelasan tentang istilah-istilah dasar yang ada dalam perancangan struktur bangunan bawah jembatan jalan raya terutama untuk sistem pondasi kepala jembatan dan tiang-tiang penyangga jembatan, serta keterkaitan dengan ilmu-ilmu teknik sipil lainnya, seperti: struktur beton bertulang; hidraulika; dan sebagainya. Pada bagian selanjutnya akan disajikan pembahasan tentang pengetahuan mengenai struktur kepala dan tiang-tiang jembatan, perancangan struktur pondasi untuk kepala dan tiang jembatan; perencanaan pembebanan jembatan jalan raya; perencanaan ketahanan gempa; metode perbaikan tanah, teknik pondasi dan mekanika tanah. Struktur buku ajar ini selanjutnya dilengkapi dengan contoh-contoh soal aplikasi dan latihan-latihan yang diharapkan dapat membimbing para mahasiswa menyelesaikan masalah-masalah di dalam desain struktur pondasi untuk kepala dan tiang jembatan jalan raya.

STATISTIKA UNTUK TEKNIK SIPIL

STATISTIKA UNTUK TEKNIK SIPIL

Penulis: Ega Edistria & Nunung Martina
Editor: Mohammad Fauzy & Zainal Nur Arifin
Desain Sampul dan Tata Letak: Dimas Surya Perdana
ISBN: 978-623-7342-48-9
Halaman: 114 halaman

Baca disini

 

Buku ini berjudul Statistika untuk Teknik Sipil. Buku ini membahas
tentang dasar-dasar teori dan aplikasi statistika yang ada di Jurusan
teknik Sipil. Buku ini terdiri dari Delapan Bab yaitu Statistika,
Penyajian data tak berkelompok, Penyajian data berkelompok,
Mean, Median, Modus dan Standar Deviasi, Analisis Korelasi dan
Regresi Linear, Regresi Linear Berganda, dan Regresi Non Linear.

UKUR TANAH (TEORI DAN PRAKTIK)

UKUR TANAH (TEORI DAN PRAKTIK)

Penulis: Arliandy P. Arbad
Editor: Nunung Martina & Zainal Nur Arifin
Desain Sampul dan Tata Letak: Dimas Surya Perdana
ISBN: 978-623-7342-46-5
Halaman: 124 halaman

Baca disini

 

Buku ini membahas konsep pengukuran tanah untuk menghasilkan peta
tematik guna keperluan rekayasa sipil, dilengkapi dengan ilustrasi
dan contoh yang relevan terhadap capaian pembelajaran mahasiswa,
dimaksudkan untuk memberi dasar pengetahuan ilmu Geodesi yang
lebih lanjut.

Buku ajar ini ditebitkan karena adanya dorongan untuk menambah
literatur bacaan dalam dunia pengukuran, yang dirasa masih cukup
sedikit. Mengingat perkembangan industri yang semakin maju dan
kebutuhan akan tenaga surveyor, buku ini mejadi chapter dasar ilmu
pengukuran yang lebih modern, membantu para mahasiswa dan
praktisi untuk melaksanakan pengukuran di lapangan dilengkapi
dengan teori dasar yang praktis agar lebih mudah diaplikasikan.

Buku ajar ini cukup untuk melaksanakan pekerjaan pengukuran,
baik untuk semua proyek pembangunan seperti perencanaan gedung
dan jalan. Buku ini juga dapat menjadi bekal yang bermanfaat bagi
bagi mahasiswa Sipil, Tambang, Geologi, Lingkungan, Geomatika
dan lainnya, serta dapat menjadi buku pegangan bagi para praktisi
yang mengerjakan kegiatan ukur tanah.