Perencanaan Drainase Jalan dan Jembatan

Perencanaan Drainase Jalan dan Jembatan

Penulis: Devi Megarusti Pratiwi, S.Pd., M.Eng., Dra. Siti Aisiyah, M.Hum.
Editor: Editor: Nunung Martina, Anggi Anggarini, Jonathan Saputra, Novi Purnama Sari
ISBN: 978-623-5537-70-2
Halaman: 176 halaman

Baca Disini

 

Proyek konstruksi berkembang semakin besar dan rumit dewasa ini baik dari segi fisik maupun biaya salah satunya dibidang keairan atau sumber daya air (SDA). Pada prakteknya suatu proyek SDA mempunyai keterbatasan akan sumber daya, baik berupa material, tenaga kerja dan alat. Irigasi merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan usaha tanidalam arti luas. Sejalan dengan era reformasi dan otonomi daerah, maka saat ini telah ada pengaturan baru yang mengatur tentang irigasi, yaitu pengelolaan diserahkan kepada petani. Namun demikian pemerintah tetap berkewajiban untuk membantu petani terutama dalam bimbingan teknis dan keuangan sampai mampu mengelolanya secara mandiri. Saluran drainase merupakan salah satu bangunan pelengkap pada ruas jalan berfungsi untuk mengalirkan air yang dapat mengganggu pengguna jalan, sehingga badan jalan tetap kering. Saluran drainase merupakamn salah satu persyaratan teknis prasarana jalan.
Pada umumnya saluran drainase jalan raya adalah saluran terbuka dengan menggunakan gaya gravitasi untuk mengalirkan air menuju outlet. Distribusi aliran dalam saluran drainase menuju outlet ini mengikuti kontur jalan raya, sehingga air permukaan akan lebih mudah mengalir secara gravitasi. Maka dari itu modul PERENCANAAN DRAINASE JALAN DAN JEMBATAN ini untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami konsep dan perhitungan perencanaan sederhana drainase jalan dan jembatan
Drainase memiliki peran yang sangat penting di kawasan perkotaan. Sistem drainase yang baik membantu mencegah banyak persoalan, seperti mengurangi kemungkinan banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanah dan mencegah kerusakan jalan dan bangunan yang ada. Sistem drainase bisa dikatakan baik apabila bisa berhubungan secara sistematik antara satu dengan yang lainnya, yang bertujuan agar air mengalir atau berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.