PROBABILITAS DAN STATISTIK DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN R

PROBABILITAS DAN STATISTIK DENGAN BAHASA PEMROGRAMAN R

Penulis: Mera Kartika Delimayanti, Hata Maulana, Euis Oktavianti
Editor: Nunung Martina, Dewi Yanti Liliana
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-66-3
Format: Cetak (POD) 165 Halaman

Statistika adalah ilmu yang mempelajari statistik, yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, membuat kesimpulan dari hasil analisis data dan mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan. Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data dan juga suatu metode yang menjelaskan tata cara pengumpulan, penyusunan, pengajian, penganalisaan, dan pengintepretasian data menjadi informasi yang lebih berguna. Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data atau yang dinamakan statistika deskriptif.

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PRODUK MULTIMEDIA DIGITAL

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PRODUK MULTIMEDIA DIGITAL

Penulis: Ade Rahma Yuly
Editor: Nunung Martina, Mera Kartika
Desain Sampul:  Ade Rahma Yuly
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-70-0
Format: Cetak (POD) 165 Halaman

Baca Disini

Desain bukan hanya tentang tampilan dan mood yang dihasilkan, desain adalah daya guna. Mempelajari Desain Komunikasi Visual, bukan tentang bisa menggambar atau tidak, tapi memahami komunikasi dan psikologi pengguna. Cara Desain Komunikasi Visual bekerja bukan dari tampilan satu objek, namun dari hubungan yang diciptakan oleh unsur-unsur desain seperti garis, bentuk, warna dll. Unsur-unsur ini disusun sedemikian rupa dengan memperhatikan prinsip desain. Prinsip bukan tentang larangan, melainkan panduan agar desain yang diciptakan menjadi efektif dan efisien sebagai solusi yang inovatif.
Buku ini berisikan beberapa materi yang dibutuhkan dalam desain komunikasi visual. Disusun secara sistematis mulai dari Dasar Desain Komunikasi Visual, Unsur Desain, Prinsip Desain, Teori Tipografi dan Warna, Perkembangan Desain dari Masa ke Masa, Teori Layout, Penyusunan Desain Brief, Logo dan Penggunaan Desain dalam Kemasan. Setiap materi dilengkapi dengan ilustrasi contoh penggunaan agar pembaca dapat melihat secara visual gambar. Selain menyajikan teori, terdapat beberapa studi kasus dan tutorial yang dapat digunakan untuk latihan dan menambah pemahaman pembaca.
Buku ini dapat digunakan oleh mahasiswa Sarjana Terapan khususnya dalam produksi produk digital media seperti aplikasi, animasi, game dan multimedia interaktif.

KEAMANAN KOMPUTER DAN INTERNET JILID 1

KEAMANAN KOMPUTER DAN INTERNET JILID 1

Penulis: Asep Kurniawan
Editor: Nunung Martina, Mera Kartika
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-89-2
Format: Cetak (POD) 154 Halaman

Baca Disini

Keamanan komputer merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer. Penerapan keamanan komputer  dalam kehidupan sehari-hari berguna sebagai penjaga sumber daya sistem agar tidak digunakan, modifikasi, interupsi, dan diganggu oleh orang yang tidak berwenang.

Buku ini bertujuan untuk memahami konsep keamanan komputer dan internet sehingga mampu mengimplementasikan tools yang umum digunakan untuk melakukan serangan dan mengamankan komputer baik lokal maupun dalam jaringan, seperti mengamankan komputer dari malware atau serangan denial of service. Dalam buku ini juga sudah dijelaskan langkah-langkah dalam penggunaan tools untuk mengamankan komputer.

Buku ini digunakan sebagi bahan rujukan untuk perkuliahan Keamanan Komputer dan Internet. Pada buku ini terdiri dari delapan bab dimana pada bab I dan II membahas tentang konsep keamanan komputer dan jaringan internet. Bab III membahas tentang fraud, bab IV membahas tentang denial of service dan bab V membahas tentang Malware yang merupakan jenis-jenis serangan pada komputer. Pada bab VI membahas tentang software keamanan komputer yang dapat memberikan informasi kepada user terhadap serangan-serangan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab  yang umum disebut dengan hacker. Bab VII tentang Security Policy untuk memberikan pedoman kebijakan-kebijakn yang harus diperhatikan dalam penggunaan Komputer dan Intenet. Yang terakhir tentang Akses kontrol untuk masuk kedalam sebuah sistem.

WEB MULTIMEDIA HTML5 CANVAS & SVG

WEB MULTIMEDIA HTML5 CANVAS & SVG

Penulis: Malisa Huzaifa
Editor: Nunung Martina, Arliandy Pratama
Desain Sampul: Malisa Huzaifa
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-87-8
Format: Cetak (POD) 158 Halaman
Baca Disini

Web multimedia adalah sebuah situs web yang dirancang dengan memanfaatkan bermacam media seperti animasi, video, suara disamping nantinya juga akan ada teks dan gambar. Situs web multimedia sering langsung berhubungan dengan pengguna, bisa secara langsung mengirim video, gambar, mengontrol pengiriman suara, dan lain sebagainya.

Buku ini merupakaan bahan ajar tentang web multimedia yang diharapkan nantinya dapat dipergunakan sebagai bahan acuan untuk membuat web multimedia interaktif dari sisi klien. Dibuku ini akan membahas tentang script pemrograman web multimedia interaktif yang pengolahan script-nya dilakukan pada sisi klien, yakni HTML Grafis yang didalamnya terdapat HTML5 Canvas dan SVG.

Dalam penulisan buku cetakan ke 1 ini tentunya tidak luput dari kekurangan.  Oleh secara terbuka kami mengucapkan terima kasih apabila terdapat kritik dan saran untuk kesempurnaan buku ini.  Akhirnya semoga buku ini bemanfaat

PEMROGRAMAN WEB 1 EDISI 2

PEMROGRAMAN WEB 1 EDISI 2

Penulis: Mera Kartika Delimayanti
Editor: Nunung Martina, Rimsky K. Judisseno
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Mera Kartika
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-90-8
Format: Cetak (POD) 119 Halaman
Baca Disini

Aplikasi perangkat lunak berbasis web telah menjadi kebutuhan vital dalam pengembangan aplikasi dalam bidang komputer. Oleh sebab itu, penguasaan pemrograman web adalah menjadi suatu kebutuhan utama terutama bagi mahasiswa di jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Matakuliah pemrograman web 1 menjadi mata kuliah wajib dan mata kuliah dasar khususnya bagi PS DIV Teknik Informatika di PNJ. Dasar dari teknik pemrograman Web 1 adalah materi tentang pemrograman web statis yakni pembelajaran HTML, CSS, Javascript dan JQuery.

Buku ini menjelaskan tentang teknik instalasi sebagai programmer web dan selanjutnya mempelajari teknik scripting untuk pemrograman web statis. Berikutnya adalah tahapan untuk menjadi programmer web dengan mempelajari scripting dengan HTML, CSS, Javascript dan JQuery. Buku ini banyak memberikan contoh scripting yang telah dimanfaatkan oleh programmer / pengembang web yang terus mengalami perubahan dan perkembangan secara cepat, mengingat perkembangan di bidang komputer adalah sangat signifikan. Pembaca buku dapat mempraktekkan langsung dan mendapatkan hasil uji coba dari praktek tersebut.

Harapan penulis melalui buku ini dapat membantu para mahasiswa khususnya di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer PNJ dan khalayak umum untuk belajar dasar pemrograman web karena buku dibuat agar mudah dipelajari dan dipraktekkan. Selain itu, materi dalam buku ini menjadi dasar untuk mempelajari materi selanjutnya yakni pemrograman web dinamis dengan basis data sehingga dapat terwujudnya profil lulusan sebagai pengembang web / web developer.

PENGANTAR MULTIMEDIA DIGITAL

PENGANTAR MULTIMEDIA DIGITAL

Penulis: Noorlela Marcheta
Editor: Nunung Martina, Arliandy Pratama
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-92-2
Format: Cetak (POD) 206 Halaman
Baca Disini

Multimedia merupakan penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, audio, gambar, animasi, dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi guna menyampaikan informasi kepada khalayak. Namun sebelum mendalami ketrampilan khusus, pengenalan multimedia sangat penting untuk dipelajari lebih dahulu.

Buku ini bertujuan agar pembaca mampu mengenal elemen dasar multimedia dan memberikan alternatif solusi kebutuhan pengembangan media digital  dengan memanfaatkan elemen multimedia yang tepat untuk dapat menghasilkan produk multimedia sesuai kebutuhan yang telah terdefinisi secara standar. Pada pengenalan elemen multimedia, pembaca akan diajak menganalisis perbedaan elemen multimedia, beserta kelebihan, kekurangan, dan penerapan elemen tersebut pada kehidupan sehari-hari dengan latihan-latihan sederhana dan menyenangkan.

Pembahasan buku ini meliputi pengenalan konsep dasar multimedia, komponen-komponen komputer untuk mengolah dan mempresentasikan informasi, proses umum pengembangan proyek multimedia, metodologi pengembangan multimedia Vaughan dan Luther, tim pengembang yang terlibat dan spesialis di bidang multimedia serta mengenalkan tiga elemen pembentuk produk multimedia yaitu teks, audio, dan image.

Harapan penulis melalui buku ini dapat membantu para mahasiswa dan khalayak umum yang ingin meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang multimedia baik dari sisi akademisi maupun praktisi.

MANAJEMEN PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI

MANAJEMEN PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI

Penulis: Rizki Elisa Nalawati
Editor: Nunung Martina, Arliandy Pratama
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-97-7
Format: Cetak (POD) 150 Halaman
Baca Disini

Manajemen Proyek Teknologi Informasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh pekerja bidang TI. Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat telah banyak memengaruhi berbagai proses bisnis yang didukung dengan TI, yang mengakibatkan banyak proyek TI yang bermunculan. Proyek Teknologi Informasi sangat sulit dikelola karena output yang dihasilkan tidak nyata seperti proyek-proyek lainnya yang bersifat fisik. Oleh sebab itu, buku ini memberikan penjelasan dan panduan dalam melakukan pengelolaan proyek teknologi informasi beserta alat bantu yang dapat digunakan untuk mengelola proyek.

Buku ini memuat tata cara dalam mengelola proyek teknologi informsi dari mulai proyek diinisiasi sampai serah terima proyek.  Buku ini ditulis untuk dipergunakan sebagai bahan ajar mata kuliah Manajemen Proyek Teknologi Informasi. Buku ini juga dapat digunakan secara luas untuk praktisi sebagai panduan pengelolaan proyek teknologi informasi.

Bhasan dalam buku ini mencakup genesis proyek teknologi informasi, Work Breakdown Structure (WBS), Manajemen scope, Manajemen Waktu, biaya serta penggunaan Primavera P6 sebagai salah satu perangkat penunjang untuk mengelola proyek.

ROUTING & SWITCHING ASOSIASI CISCO

ROUTING & SWITCHING ASOSIASI CISCO

Penulis: Muhammad Yusuf Bagus Rasyiidin
Editor: Nunung Martina, Dewi Yanti Liliana
Desain Sampul: Dimas Surya Perdana
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-623-7342-54-0
Format: Cetak (POD) 147 Halaman

Switch ialah sebuah alat yang berguna sebagai penyambung dari banyak jaringan dengan melihat MAC, sedangkan router merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengirimpakn paket data di dalam jaringan komputer dari sumber menuju tujuannya, proses tersebut adalah routing. Dengan router paket data di dalam jaringan dapat diteruskan ke alamat-alamat yang jauh dan berada di jaring komputer lainnya. Dengan beberapa protokol perutean yang ada pada platform Cisco memungkinkan paket data dapat sampai ke tujuan dengan cepat yang didasarkan oleh jarak dan cost. Sehubung perkembangna jaringan internet yang pesat dengan menggunakan router maka perusahaan router berkembang dengan sangat pesat.

Sertifikasi Asosiasi Cisco atau yang disebut dengan Cisco Certified Network Associate (CCNA) merupakan sertifikat yang dikeluarkan oleh platform Cisco tidak sulit didapatkan, perlu adanya kemahiran serta kemampuan dasar tentang jaringan berdasarkan teori yang sudah dikembangkan oleh Cisco. pada buku ini adalah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang teknik membangun sistem jaringan komputer dengan platform Cisco dari pengantar jaringan dasar, penggunaan applikasi Packet Tracer, protokol perutean statik, protokol perutean dinamis RIPv1, RIPv2, EIGRP IPv4, EIGRP IPv4, EIGRP IPv4, Access Control List IPv4 dan Access Control List IPv6. Selain itu buku ini dapat digunakan sebagai panduan saat melakukan praktikum tersebut.

WEB MULTIMEDIA AJAX & BOOTSTRAP

WEB MULTIMEDIA AJAX & BOOTSTRAP

Penulis: Malisa Huzaifa
Editor: Nunung Martina, Mera Kartika
Desain Sampul: Malisa Huzaifa
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-623-7342-58-8
Format: Cetak (POD) 113 Halaman

Buku ini bertujuan untuk mempraktekkan AJAX dan Bootstrap dalam merancang sebuah website. AJAX merupakan teknik untuk membuat sebuah website agar terlihat dinamis dan memiliki proses kerja yang realtime. Bootstrap merupakan framework CSS yang dapat digunakan untuk mendesign tampilan website yang responsif. Hasil yang diharap ketika mahasiswa telah mempraktekan AJAX dan Bootstrap dapat membuat sebuah website multimedia yang interaktif dari sisi klien.

Sehingga dengan mempelejari materi pada buku ini dapat membantu capaian Program Studi Teknik Multimedia Digital dalam hal pemberian alternatif solusi untuk kebutuhan pengembangan media digital dengan memanfaatkan prinsip-prinsip pada pengembangan media digital dan dapat memberikan hasil berupa produk media digital sesuai kebutuhan yang sudah terdefinisi serta dapat memenuhi capaian pembelajaran matakuliah Multimedia Lanjut.

Buku ini terdiri dari empat bab dimana pada bab I dan II membahas tentang AJAX dan penggunaan AJAX dengan database. Bab III dan IV membahas tentang pengenalan Bootstrap dan beberapa komponen umum yang akan dapat digunakan untuk pembuatan website multimedia yang interaktif.

ADVANCED MULTIMEDIA DIGITAL

ADVANCED MULTIMEDIA DIGITAL

Penulis: Noorlela Marcheta
Editor: Nunung Martina, Dewi Yanti Liliana
Desain Sampul: Dimas Surya Perdana
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2020
ISBN: 978-623-7342-53-3
Format: Cetak (POD) 125 Halaman

Buku ini disusun untuk membantu pembaca dalam memahami konsep multimedia, audio digital, image digital, video digital, kompresi data multimedia, storage data multimedia, metodologi pengembangan multimedia, pembuatan storyboard hingga tahapan untuk membuat film. Dalam penyusunannya penulis menyertakan contoh, latihan soal, dan studi kasus pembuatan proyek multimedia sehingga mahasiswa dapat menguasai aspek kognitif dan mengasah kemampuan mereka dibidang Multimedia. Sehingga para pembaca dapat memiliki kompetensi dari sisi pengetahuan, keterampilan khusus, keterampilan umum, dan sikap secara utuh dan kuat. Mendorong pembaca untuk berpikir sistematis kritis, inovatif, bermutu dan terukur serta menunjukan kinerja mandiri dalam menguasai prinsip pengembangan teknologi multimedia digital.