Sistem Internet Of Things Untuk Monitoring Tandon Air Hidroponik

Sistem Internet Of Things Untuk Monitoring Tandon Air Hidroponik

Penulis: Prihatin Oktivasari, Evan Setiawan, Firmansyah Helmi K
Editor: Nunung Martina, Anggi Anggarini, Jonathan Saputra, Novi Purnama Sari
ISBN: 978-623-5537-81-8
Halaman: 91 halaman

Baca Disini

 

Pada buku ini diulas keseluruhan proses cara pembuatan projek Sistem Internet of Things Untuk Monitoring Tandon Air Hidroponik berbasis NodeMCU baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak, maupun dalam proses pengolahan data dari alat timdeteksi jarak, yang telah diimplementasikan pada laboratorium hidroponik Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Jakarta. Pengolahan ini dimulai dengan menelaah tentang teori tentang sensor ultrasonik, teori tentang NodeMCU, teori metode MQQT, perangkat keras maupun perangkat lunak yang diperlukan oleh sistem Monitoring Tandon Air Hidroponik.
Dalam buku ini dibahas tuntas juga proses mengenai cara koneksi wireless menggunakan NodeMCU ke aplikasi berbasis web menggunakan metode MQQT, sehingga akan bersifat paperless dalam implementasi sebenarnya. Pembuatan web dari langkah awal sampai langkah dashboard tampil publik juga dikupas secara detail dalam buku ini.
Harapan penulis, buku ini dapat menginspirasi pembaca umum maupun mahasiswa/pendidik dalam menentukan suatu ide projek sederhana, dan berani mencoba secara mandiri membuat suatu sostem IoT sederhana yang terintegrasi web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.