Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak

Penulis: Rizki Elisa Nalawati, S.T.,M.T.
Editor: Nining Latianingsih, Rimsky Kartika Judisseno, Jonathan Saputra dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: 978-623-5537-24-5
Halaman: 171 halaman

Baca Disini

 

Rekayasa Perangkat Lunak merupakan salah satu keilmuan bidang informatika yang dijadikan dasar dalam pengembangan sebuah perangkat lunak.. IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Buku Rekayasa Perangkat Lunak pada Program Studi Teknik Informatika ini
dikembangkan agar dapat membentuk lulusan mahasiswa profesional yang
memiliki kompetensi dari sisi pengetahuan, keterampilan khusus, keterampilan umum, dan sikap secara utuh dan kuat. Mendorong mahasiswa untuk berpikir sistematis kritis, inovatif, bermutu dan terukur serta menunjukan kinerja mandiri dalam menguasai prinsip pengembangan teknologi multimedia digital. Sebagai proses pencapaiannya melalui pembelajaran terhadap sejumlah mata kuliah yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung guna tercapainya kompetensi tersebut.

Hal-hal penting yang dapat dipelajari mencakup dasar-dasar dalam melakukan
rekayasa perangkat lunak mencakup proses, model dalam menjamin kualitas
perangkat lunak dengan menjabarkan elemen-elemen model proses, requirement engineering, bentuk-bentuk pemodelan pengembangan perangkat lunak secara lengkap agar mahasiswa mampu memberi alternatif solusi untuk kebutuhan pengembangan perangkat lunak dengan memanfaatkan prinsip dan dapat memberikan hasil berupa produk perangkat lunak sesuai kebutuhan yang telah terdefinisi secara standar. Buku ini dibuat sebagai dasar dalam upaya pembentukan cara berpikir mahasiswa dalam membangun produk.