OPTIMALISASI HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK PRODUK CETAK

OPTIMALISASI HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK PRODUK CETAK

Penulis: Endang Yuniarti
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2019
ISBN: 978-623-7342-04-5
Format: Cetak (POD) 94 Halaman

Baca Disini

Kalkulasi harga pokok produksi yang optimal sangat penting bagi perkembangan secara berkelanjutan (continuous improvement) industri menuju Revolusi Industri 4.0. Untuk industri percetakaan memiliki kalkulasi harga pokok produksi yang unik sehingga kita harus memahami terlebih dahulu proses produksinya. Produk yang dihasilkan industri percetakan  berbagai jenis produk cetakan seperti brosur, leaflet, buku dan kemasan. Secara aktual sering terjadi ketidakefisienan perhitungan biaya pada industri, solusinya dapat dilakukan dengan melakukan kalkulasi harga produksi dengan benar.

Buku ini memberikan informasi dengan cara pemaparan dan contoh aplikasi langsung di lapangan. Buku ini berisi alur proses produksi cetak (grafika), konsep dan komponen biaya dalam produksi cetak (grafika); harga pokok produksi pada proses pre-press; press, post press; harga pokok penjualan dan laporan laba rugi untuk produk cetak (grafika); titik impas (break event point = BEP) untuk produk cetak (grafika) strategi dalam pengembangan efisiensi. Harapannya buku ini dapat menjadi acuan untuk melakukan kalkulasi harga pokok produksi khususnya produk cetak (grafika).

Buku ini dapat digunakan untuk mahasiswa, pengajar, manajer, supervisor maupun karyawan percetakan khususnya bagian marketing atau estimator. Sehingga kalkulasi harga pokok produksi dapat dikembangkan dengan melakukan optimalisasi biaya-biaya yang muncul untuk mendapatkan kalkulasi yang efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.