Transaksi Elektronik untuk Bisnis MICE

  • Transaksi Elektronik untuk Bisnis MICE
  • Nining Latianingsih
  • PNJ Press, 2013
  • ISBN: 978-602-1678-20-7
  • Format: Cetak (POD) 187 Hlm., Pdf. 187 Hlm., ePub.

Undang-undang  No.  11  tahun  2008  tentang  Informasi  dan  Transaksi  Elektronik (ITE) merupakan wujud pembaharuan hukum akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang telah memberi kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup.  Namun, manusia tidak hanya mempertahankan hidup (survival), melainkan juga mengembangkan kebudayaan, memberi makna kehidupan, memanusiakan manusia, dan mendalami ilmu pengetahuan.

Pembentukan UU mengenai transaksi elektronik merupakan upaya mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ITE agar tidak terjadi kekosongan dalam hukum. Bila kemudian terjadi perbuatan melawan hukum yang berkaitan dengan transaksi elektronik, masyarakat, baik masyarakat awam, masyarakat industri, dan secara khusus para pekerja dan praktisi di bidang industri MICE, sudah memiliki dasar hukum untuk mengatasinya.

Program Studi MICE termasuk masih baru di Indonesia. Sampai saat ini, buku-buku tentang MICE, termasuk buku hukum untuk MICE di Indonesia masih dapat dihitung dengan jari. Karena itu, buku ini dapat mengisi kekosongan tersebut. Para mahasiswa, para praktisi, dan para penggiat MICE di tanah air dapat menggunakan buku ini untuk mengetahui, memahami, dan mengatasi persoalan-persoalan yang muncul di bidang. ***