PENYELESAIAN SISTEM TRANSMISI DENGAN PEMROGRAMAN

PENYELESAIAN SISTEM TRANSMISI DENGAN PEMROGRAMAN

Penulis: Viving Frendiana
Editor: Nunung Martina, Arliandy Pratama
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-98-4
Format: Cetak (POD) 194 Halaman
Baca Disini

Sistem transmisi merupakan materi yang harus dipelajari dan diketahui dalam perancangan sistem telekomunikasi berfrekuensi tinggi, sehingga semua masalah yang akan muncul di aplikasi telekomunikasi bisa diantisipasi pada proses perancangan.

Pada sistem transmisi banyak sekali persamaan bilangan kompleks dan persamaan dengan perhitungan yang rumit. Diperlukan waktu dan ketelitian dalam penyelesaian-penyelesaian perhitungan dalam sistem transmisi. Kelebihan buku ini adalah membahas persoalan dalam sistem transmisi dengan menggunakan banyak alternatif cara, antara lain: dengan perhitungan matematik, menggunakan Smith Chart secara manual, menggunakan Smith Chart dengan program Excel, dan penyelesaian soal menggunakan pemrograman.

Buku ini terdiri dari beberapa bagian antara lain: Dasar Saluran Transmisi, Persamaan Differensial Sinyal Harmonis, Faktor Refleksi, Rasio Gelombang Berdiri (Standing Wave Ratio), Pengukuran-Pengukuran Impedansi (Directional Coupler dan Slotted Line), Impedansi Masukan (Input Impedance), Transformator λ/4 dan Transformator λ/2, dan Rangkaian Matching.

Harapan penulis melalui buku ini dapat membantu mempermudah mahasiswa dan khalayak umum dalam memahami persoalan-persoalan yang ada dalam sistem transmisi, dengan langkah-langkah penyelesaian yang diuraikan secara bertahap dan detail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.