FUNDAMENTAL POWER TRAIN

FUNDAMENTAL POWER TRAIN

Penulis: Fuad Zainuri, Adi Syuriadi
Editor: Nunung Martina, Rimsky K. Judisseno
Desain Sampul: Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-74-8
Format: Cetak (POD) 219 Halaman

Baca Disini

Power train adalah sekelompok komponen yang bekerja secara bersama untuk mentransfer power dari sebuah sumber power atau gaya tersebut diproduksi menuju tempat yang digunakan untuk melakukan kerja dengan komponen utamanya berupa gear. Gear digunakan sebagai penyalur tenaga antara shaft yang berputar tidak pada satu sumbu dan memiliki perbedaan kecepatan dan gear biasanya lebih unggul dari penyalur tenaga yang lain disamping kesederhanaan, ketahanan dan efisiensinya.Gear memiliki beberapa fungsi penting, tetapi yang paling utama adalah memberikan reduksi gear pada peralatan bermotor.Dengan sebuah gear reduction, kecepatan output dapat dikurangi sehingga torque meningkat.  Gear juga mengubah arah putaran. Misalnya, dalam differential di antara roda belakang mobil, tenaga disalurkan oleh sebuah shaft yang berputar di tengah mobil dan differential harus merubah putaran tersebut sebesar 90º supaya setiap roda dapat berputar.Karena sebagian besar sistem power train menggunakan gear sebagai penggerak, maka penting untuk mempelajari istilah-istilah gear, beberapa prinsip tehnik yang berlaku pada gear drive dan berbagai jenis gear yang tersedia. Beberapa keuntungan planetary gear set adalah : gear bertautan secara terus menerus,sehingga kecil kemungkinan terjadi kerusakan pada gigi. Tidak ada pengasahan atau ketidak-sejajaran dan kekuatan gear dibagi rata. Planetary gear set sangat ringkas. Kegunaan yang banyak. Tujuh kombinasi kecepatan dan arah dapat diperoleh dari planetary gear set tunggal. Variasi kecepatan dan arah dapat ditambahkan melalui penggunaan planetary gear gabungan. Setiap komponen dalam planetary gear set, sun gear, pinion gear carrier, dan ring gear dapat berputar atau di tahan. Perpindahan tenaga melalui sebuah planetary gear set hanya mungkin ketika satu komponen di tahan, atau jika dua komponen di tahan bersama.

Power train yang digunakan biasanya digolongkan ke dalam tiga klasifikasi umum, sebagai: penggerak Mekanis (Mechanical Drive), Penggerak Hidrostatis (Hydrostatic Drive), Penggerak Elektrik (Electric Drive)Power train dengan penggerak mekanikal dapat digolongkan sebagai: Power train yang menggunakan gear untuk memodifikasi gerakan dan variasi kecepatan, Menggunakan chain dan sprocket, Power train yang menggunakan gesekan untuk menghasilkan gerakan, Power train yang menggunakan belt untuk menghasilkan gerakan. Clutch merupakan komponen yang berfungsi sebagai penerus tenaga dari engine ke transmission. Pada Caterpillar Machine terdapat dua macam clutch / coupling, yaitu: Flywheel clutch, Fluid clutch. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, ada meng­gunakan tiga jenis transmission, yaitu : ManualShift transmission, Power Shift transmission , Hydrostatic transmission Fungsi differential adalah : Menghantarkan dan membagi tenaga dari transmission ke final drive kiri dan kanan, Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat machine ber­belok, Membagi torsi dari transmission sama besar ke final drive kiri dan final drive kanan.Jenis-jenis differential yang digunakan antara lain: Standard Differential., No-SPIN Differential, Limited Slip Differential, Differential Lock, biasanya digunakan pada motor grader. Steering system pada machine yang menggunakan track terdapat tiga macam, yaitu: Differential Steering System, Steering Clucth & Brake, Steering dengan Track Motor, Suspensi menghubungkan frame kendaraan (chassis) dengan ban dan termasuk shock absorber. Frame menopang komponen-komponen utama kendaraan dan beban. Sistem suspensi dinilai berdasarkan kemampuan mengangkat bebannya. Final drive merupakan komponen power train paling akhir yang merubah kecepatan menjadi torsi yang mampu menarik beban yang sangat berat. Hal ini memungkinkan komponen-komponen power train lainnya menerima torsi yang relative ringan sehingga usia pakai komponen power train tersebut menjadi lebih awet. Jenis – jenis final drive yang masih digunakan antara lain: Bull type final drive, Planetary final drive.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.