Energi Terbarukan

  •  Energi Terbarukan
  • Penulis: Tatun H. Nufus
  • Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
  • PNJ Press, 2013
  • ISBN: 978-979-17377-9-1
  • Format: Cetak (POD) 191 Hlm., Pdf. 191 Hlm., ePub.

Penggunaan energi yang semakin banyak menuntut konsumen untuk menghemat segala sumber daya energi. Akibatnya, digunakanlah energi yang terbarukan, yaitu energi berkelanjutan, antara lain berasal dari matahari, angin, panas bumi, gelombang laut, dan pasang surut.  Namun, penggunaan energi terbarukan bukanlah tanpa masalah. Misal, dewasa ini, sumber energi matahari yang dikonversi menjadi daya listrik sudah banyak. Tapi, di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, penerapan teknologi sel surya yang mengubah sinar matahari menjadi energi listrik belum dilakukan secara massal. Penggunaan teknologi ini masih dalam skala kecil karena masih relatif mahal dan tingkat efisiensi untuk menghasilkan energi belum maksimum.

Buku ini mendeskripsikan secara detil dan sistematik mengenai beragam energi terbarukan, antara lain sel surya, biogas, panas bumi, energi panas laut, dan energi gelombang laut. Setiap bahasan tersebut disertai persoalan-persoalan yang timbul dalam proses memperoleh energi terbarukan, dilengkapi dengan konsep-konsep, contoh-contoh, rumus-rumus perhitungan, dan juga tugas-tugas latihan. Karena itu, buku ini sangat tepat untuk mahasiswa maupun pemerhati energi terbarukan.
Penyajian yang sederhana juga sangat membantu pembaca untuk memahami topik demi topik yang terdapat dalam bab demi bab.  Setelah membaca buku ini, diharapkan pembaca, khusus mahasiswa dan pemerhati energi terbarukan, mampu memahami persoalan-persoalan yang timbul di bidang energi terbarukan dan dapat mengatasinya baik secara teoritik maupun secara operasional di lapangan.***