Building Automation System: Kontrol HVAC dan Pemrograman DDC

Building Automation System: Kontrol HVAC dan Pemrograman DDC

Penulis: Murie Dwiyaniti, A.Damar Aji, Muhammad Agung, Fikri Dwi Nugroho
Editor: Narulita Syarweni dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: 978-623-5537-19-1
Halaman: 156 halaman

Baca Disini

 

Building Automation System (BAS) merupakan sebuah sistem untuk mengendalikan dan memantau peralatan elektrikal dan mekanikal pada gedung bertingkat secara terpusat. Salah satu sistem kontrol pada BAS adalah Heating Ventilating and Air Conditioning (HVAC). Pemahaman tentang HVAC sangat penting karena prosentase terbesar konsumsi energi pada gedung bertingkat adalah pada sektor operasional, yang secara spesifik digunakan untuk HVAC.

Untuk itu diperlukan suatu teknologi yang dapat mengendalikan dan memonitor HVAC melalui Digital Direct Control (DDC) sehingga memudahkan dalam menganalisa kebutuhan energi yang berdampak pada penghematan energi. Buku ini memberikan penjelasan dasar-dasar pemrograman pengendali HVAC berbasis DDC yang dapat digunakan sebagai bekal pengetahuan bagi pembaca yang ingin belajar terkait materi tersebut. Pokok bahasan utama pada buku ini adalah pengenalan BAS,HVAC, software DDC dan praktik pemrograman DDC.

Materi pada setiap bab ditulis dengan jelas dan diberikan jobsheet praktik agar
pembaca dapat memahami isi materi secara baik serta dapat praktik secara mandiri pemrograman DDC. Buku ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan kompetensi dibidang otomasi listrik.