INTERAKSI KEMASAN DAN PANGAN

INTERAKSI KEMASAN DAN PANGAN

Penulis: Deli Silvia, S.Si., M.Sc.
Editor: Eky Erlanda, Rimsky Kartika Judisseno, Jonathan Saputra dan Nunung Martina
Desain Sampul dan Tata Letak: Imran Atmaja
ISBN: 978-623-5537-41-2
Halaman: 256 halaman

Baca Disini

 

 

Kemasan merupakan sesuatu yang penting bagi setiap orang, baik sebagai pelindung makanan, serta mempengaruhi kualitas hidup. Saat ini, kemasan juga berpotensi sebagai pemicu bahaya bagi konsumen ketika salah dalam pemilihan material, penggunaan dan penyimpanan. Untuk kemasan pangan, di Indonesia diatur jelas dalam Peraturan BPOM RI No. 20 Tahun 2019 mengenai kemasan Pangan. Agar hak konsumen dapat terlindungi dengan baik. Perlu adanya edukasi mengenai kemasan pangan. Belum banyak yang tahu, bahwa interaksi yang terjadi antara material kemasan dengan produk pangan yang dikemasnya, dapat membahayakan keamanan dan kualitas pangan.

Melalui buku ini, pembaca akan diedukasi mengenai bahaya dari interaksi kemasan dan pangan, faktor-faktor yang mempengaruhinya, senyawa kimia yang mampu bermigrasi, cara pengujian serta solusi yang ditawarkan agar dapat meminimalisir bahaya interaksi tersebut. Tidak hanya itu, dalam buku ini juga pembaca disuguhkan dengan berbagai kasus penyalahgunaan kemasan pangan yang banyak di jumpai didalam kehidupan sehari-hari. Dalam bentuk video dan bahasa yang mudah dimengerti agar pembaca dari kalangan manapun dapat memahaminya dengan mudah.

Temukan informasi yang menarik, serta studi kasus yang bisa dijadikan pembelajaran bagi pembaca agar bahaya dari interaksi kemasan dan pangan dapat diminimalisir dengan mudah.

Keywords: interaksi, kemasan, pangan, migrasi, bahaya , material