Manajemen Keuangan

manajemen keuangan copy
  • Manajemen Keuangan
  • Penulis : Sabar Warsini
  • Editor : Nunung Martina, Mohammad Fauzy,
  • PNJ Press, 2013
  • ISBN : 978-602-1678-18-3

Buku Manajemen Keuangan ini disusun untuk memenuhi kelengkapan bahan ajar mata kuliah Manajemen Keuangan pada Program Studi Akuntansi, Politeknik Negeri Jakarta. Namun, tidak menutup kemungkinan, buku ini digunakan juga mahasiswa pada umumnya, bahkan para praktisi yang berkecimpung di bidang keuangan.

Buku ini memiliki 11 bab yang terdiri dari empat bagian. Bagian pertama memberi pemahaman tentang konsep dasar manajemen keuangan. Bagian kedua membahas keputusan manajemen keuangan, antara lain, Penganggaran Modal, Risiko Penganggaran Modal, dan Manajemen Modal Kerja. Bagian ketiga, juga membahas keputusan Manajemen Keuangan, namun lebih pada keputusan pembiayaan (sumber dana), antara lain Sumber Pembiayaan, Biaya Modal, dan Teori Struktur modal. Bagian keempat, membahas topik khusus keuangan yang sering dilakukan pada suatu entitas bisnis, antara lain Analisis Leverage Perusahaan dan Pembiayaan dengan Leasing.

Manajemen Keuangan diberikan ke mahasiswa agar mereka mampu menyusun perencanaan keuangan pada suatu entitas bisnis dengan menggunakan alat-alat analisis keuangan sebagai dasar proses pengambilan keputusan. Mereka juga diharap dapat menghitung dampak keputusan keuangan pada penciptaan nilai suatu entitas bisnis.

Untuk mempermudah pemahaman, dalam mempelajari buku ini, pada tiap materi di setiap bab yang membahas alat analisis, disajikan contoh-contoh penggunaan. Pada setiap akhir bab, diberikan ringkasan, pertanyaan, dan soal-soal latihan sebagai bahan melatih kemampuan dan ketrampilan terhadap materi yang telah dipelajari. Dengan sistematika seperti ini, pembaca akan memperoleh bekal memadai untuk memahami manajemen keuangan dan mampu menggunakan alat-alat analisis dalam pengambilan keputusan dibidang keuangan secara praktis. (MF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.