MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

2_PNJ_COVER

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Penulis: Taufik Akbar
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-64-7
Format: Cetak (POD) 224 Halaman

 

Manajemen sumber daya manusia sebagai tema yang tidak habis untuk dibahas oleh akademisi dan praktisi dalam berbagai sudut pandang, namun tidak mengurangi minat penulis untuk turut mengisi khasanah keilmuan dengan topik “Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Tenaga Operasional” , maksudnya tenaga operasional adalah orang yang menjalankan aktifitas sehari-hari dalam perusahaan. Didalamnya ada staf dan supervisor.

Buku ini sengaja disiapkan dan diperuntukan bagi mahasiswa strata diploma studi terapan administrasi bisnis, praktisi bisnis dan mahasiswa yang secara khusus memilih konsentrasi manajemen sumber daya manusia. Keunggulan buku ini letak pada pembahasan mengenai analisis kebutuhan pekerja, evaluasi pelatihan, menghitung KHL dan UMR, BPJS yang merupakan tema yang jarang diangkat pada buku-buku sejenis.  Penulis mendasarkan pada pendekatan berbasis SKKNI MSDM sehingga dekat dengan tataran praktis di perusahaan danbukan hanya teori belaka.

Pengalaman penulis yang pernah terjun kedunia praktisi baik di perusahaan maupun di lembaga pendidikan menjadikan buku ini memiliki perspektif yang komprehensif mengenai permasalahan-permasalahan dalam manajemen sumber daya manusia. Penulis mengangkat beberapa tema yang kurang dibahas dibuku-buku msdm yang lain. Misalnya perhitungan KHL, BPJS (jaminan sosial), perhitungan Pensiun dan PHK, evaluasi pelatihan, pengelolaan hubungan industrial (tripartit) dll. Semua dibahas secara lengkap dibuku ini. karena banyaknya tema maka penulis membagi buku ini menjadi dua jilid. Jilid pertama mengenai perencanaan, pengembangan dan pelatihan sdm, disiplin kerja, kinerja, rekrutmen dan seleksi serta orientasi.

Sedangkan untuk jilid kedua mengenai kompensasi, hubungan industrial, PHK, motivasi dan kepuasan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.