BETON KINERJA TINGGI

2_PNJ_COVER

BETON KINERJA TINGGI

Penulis: Pratikto
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-82-1
Format: Cetak (POD) 138 Halaman

 

Mengikuti perkembangan teknologi yang terkini dibidang beton khususnya mengenai zat additif pembentuk campuran beton. Hal ini dapat merupakan salah satu solusi penanganan campuran beton yang menuntut kinerja yang tinggi dan bisa dihandalkan.

Bermula dari beton normal dengan pengerjaan yang konvensional dimana sangat dibutuhkan alat penggetar agar supaya tidak terjadi rongga pada beton dengan kondisi umumnya menggunakan faktor air semen yang normal yaitu 0,5. Pada beton kinerja tinggi hal hal tersebut bisa diperbaiki atau dihindari dengan menggunakan admixture seperti superplasticizer . Untuk beton mutu tinggi dengan admixture dapat menghindari turunnya mutu beton karena faktor air semen dan kesulitan pengerjaan. Perencanaan untuk campuran beton mutu tinggi menggunakan metode shacklock. Pemakaian admixture mengingat pertimbangan biaya , sangat disarankan tidak melebihi dosis yang tertera pada petunjuk atau produk plasticizer. Umumnya kebutuhan  yang disarankan disekitar 0,5% – 2% untuk setiap 100kg  binder seperti gabungan antara semen, microsilika, flyash.

Untuk beton segar diperlukan pengujian tambahan selain penggunaan krucut abrams seperti L-box, V funnel test, J-Ring , mengikuti standar yang dibuat oleh EFNARC. Variabel yang dilihat disini adalah waktu dalam detik yang disesuaikan dengan alat yang digunakan.

Untuk beton keras pengujian sama halanya dengan beton normal yaitu : Kuat tekan fc’ , Kuat tarik belah, Kuat tarik lentur dan Modulus Elastis .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.