TEKNOLOGI BAHAN 1

6_PNJ_COVER

TEKNOLOGI BAHAN 1

Penulis: Amalia, Muhtarom Riyadi
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-72-2
Format: Cetak (POD) 128 Halaman

 

Bahan-bahan bangunan utama yang memikul beban dan biasa digunakan pada konstruksi adalah beton. Untuk menghasilkan beton yang baik dan mempunyai kekuatan sesuai persyaratan konstruksi diperlukan pengetahuan tentang bahan-bahan penyusun beton. Bahan-bahan penyusun beton terdiri dari agregat, bahan perekat dan air. Perkembangan akhir-akhir ini penggunaan admixture/bahan tambah untuk memperbaiki sifat beton semakin umum digunakan. Buku ini menguaraikan tentang batu alam sebagai dasar untuk mempelajari agregat, agregat, bahan perekat, air dan admixture.

Selain bahan bangunan penyusun beton, pengetahuan tentang bahan logam/baja juga sangat diperlukan, karena untuk mengetahui karakteristik baja yang digunakan untuk tulangan beton maupun baja konstruksi (baja profil). Bahan bangunan yang juga akan dibahas adalah tentang keramik, kayu dan bambu. Bahan-bahan ini sangat umum digunakan di bidang bangunan. Oleh karena itu perlu pengetahuan tentang bahan-bahan tersebut.

Buku ini terdiri dari 2 jilid buku dengan 8 bab yang meliputi : bab I tentang batu alam, bab II tentang agregat, bab III bahan perekat hidrolis, bab IV air, bab V admixture, bab VI logam, bab VII keramik bangunan dan bab VIII tentang kayu dan bambu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.