BUDIDAYA TANAMAN KELAPA SAWIT, PEMBIBITAN TANAMAN

4-1

BUDIDAYA TANAMAN KELAPA SAWIT, PEMBIBITAN TANAMAN

Penulis: Cherry Triwidiarto
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-25-8
Format: Cetak (POD) 134 Halaman

 

Buku dengan judul “Budidaya Tanaman Kelapa Sawit, Pembibitan Tanaman”, merupakan buku ajar yang disusun dalam empat seri bahasan, Jilid 1 ini disusun sebagai buku pegangan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Budidaya Tanaman Kelapa Sawit, khususnya pokok bahasan Pembibitan Tanaman.

Lingkup materi pembibitan tanaman ini membahas tentang penggunaan bahan tanam unggul, persiapan lahan persemaian dan pembibitan, pembibitan awal (Pre Nursery), pemancangan dan penanaman semai (transplanting), pembibitan utama (Main Nursery), pemeliharaan bibit dan seleksi bibit, penanganan bibit APM (advance planting material).

Pembibitan tanaman kelapa sawit merupakan kegiatan menumbuhkan dan merawat kecambah hingga menjadi bibit yang siap untuk ditransplanting ke lapangan. Tujuan dari pembibitan tanaman kelapa sawit adalah untuk memastikan secara seksama bahwa bibit yang ditanam di lapangan adalah bibit yang sesuai dengan standar dan prosedur manajemen kebun. Selain itu diharapkan dapat menghasilkan bibit berkualitas tinggi yang harus tersedia pada saat penyiapan lahan tanam yang telah selesai.

Faktor utama disamping jenis tanah dan iklim yang menentukan produksi per hektar adalah kualitas bibit, dimana tanaman kelapa sawit akan dipelihara sampai mencapai 25 -30 tahun, karena itu jenis dan kualitas bibit menjadi perhatian utama agar tidak mengalami kerugian selama tanaman dibudidayakan di areal perkebunan kelapa sawit.

Setelah membaca dan mempelajari materi pada buku ajar ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami proses pembibitan serta mampu menghasilkan bibit tanaman kelapa Sawit yang memenuhi kualitas (mutu) sesuai standar operasional presedur pembibitan tanaman kelapa sawit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.