PRODUKSI BENIH PADI DAN KACANG-KACANGAN

21-1

PRODUKSI BENIH PADI DAN KACANG-KACANGAN

Penulis: Nurul Sjamsijah, M. Bintoro, Dwi Rahmawati
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-38-8
Format: Cetak (POD) 78 Halaman

 

Produksi benih Padi dan Kacang-kacangan merupakan salah satu mata kuliah kompetensi yang bersifat wajib program studi dan diambil oleh mahasiswa pada semester III.  Bahan ajar mata kuliah Produksi Benih Padi dan Kacang-kacangan bertujuan untuk lebih mengenalkan dan mengantarkan mahasiswa agar lebih memahami pentingnya produksi benih pada bidang pertanian.   Dalam bahan ajar ini berisi pengertian produksi benih beserta ruang lingkupnya, Pengendalian mutu benih, Prinsip pembuatan benih bersertifikat,  Prinsip agronomis dalam memproduksi benih, Penanganan Pasca Panen dan praktek secara ringkas produksi benih padi dan kacang-kacangan.

Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan mahasiswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi   dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar mahasiswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Pada level mahasiswa, metode pembelajaran yang lebih tepat untuk diterapkan adalah yang cenderung menempatkan mahasiswa sebagai subyek pembelajaran artinya peran aktif mahasiswa lebih ditonjolkan. Salah satu metode pembelajaran yang dirasakan mampu mengakomodasi hal tersebut adalah pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning/scl).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.