ENGLISH FOR PROFESSIONAL COMMUNICATION
Penulis: Adriadi Novawan, Siti Aisyiyah
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-04-3
Format: Cetak (POD) 116 Halaman
Keterampilan Komunikasi Profesional sangatlah penting bagi mereka yang ingin sukses baik dalam hidup sehari-hari maupun dalam pekerjaan. Buku ini ditulis untuk mereka yang ingin belajar dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris untuk tujuan-tujuan profesional. Materi yang disediakan mencakup: cara berkomunikasi efektif baik secara tulisan maupun lisan untuk mendapatkan pekerjaan yang dikehendaki, terlibat dalam situasi percakapan sehari-hari, berpartisipasi secara kritis dalam pertemuan-pertemuan bisnis, dan melakukan presentasi bisnis. Materi-materi ini sangat cocok untuk mereka yang akan mempersiapkan diri masuk dunia kerja yang memerlukan pengetahuan dan keterampilan komunikasi yang relevan. Dengan mempelajari buku ini, pembaca dapat belajar berkomunikasi secara efektif baik secara tertulis maupun lisan untuk tujuan-tujuan komunikasi profesional seperti: mempersiapkan lamaran pekerjaan yang berhasil, menulis surat lamaran, menulis CV atau resume yang berkesan, menghadapi wawancara kerja, terlibat dalam interaksi kerja, menjelaskan prosedur dan rincian, melakukan note-taking dalam rapat, menjadi pendengar yang baik dalam rapat, menanggapi suatu gagasan, serta mempersiapkan presentasi bisnis. Materi-materi ini dirancang secara tematik melalui 4 Bab yang masing-masing bab terdiri dari beberapa sub-bab yang dilengkapi dengan tugas dan aktivitas praktis. Untuk mempelajari materi dalam buku ini, pembaca perlu memiliki kemampuan pra-syarat seperti basic pronunciation, literal listening, speaking for daily activities, basic English grammar, dan paragraph writing. Hal lain yang juga penting adalah terkait dengan bagaimana menggunakan buku ini. Sangat disarankan pembaca yang berkeinginan untuk mempelajari buku ini mempertimbangkan bahwa proses belajar Komunikasi Bahasa Inggris yang efektif yang terdiri dari serangkaian aktivitas bermakna seperti aktivitas belajar individu, kelompok, belajar di dalam kelas/di luar kelas, problem-solving, diperkaya/didukung teknologi, dan aktivitas otentik lainnya. Tugas-tugas yang diberikan didisain dengan menggunakan konsep action-based untuk memberikan otonomi belajar yang berlimpah sehingga kesempatan untuk mengembangkan kapasitas kognitif dan metakognitif secara berimbang dapat terpenuhi.