KLASIFIKASI KODEFIKASI PENYAKIT DAN MASALAH TERKAIT

KLASIFIKASI KODEFIKASI PENYAKIT DAN MASALAH TERKAIT

Penulis: Rinda Nurul Karimah, Novita Nuraini
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-09-8
Format: Cetak (POD) 112 Halaman

Klasifikasi penyakit dan tindakan merupakan kegiatan mengelompokan penyakit dan tindakan berdasarkan Kriteria tertentu yang telah disepakati. Pemberian kode atas diagnosis klasifikasi penyakit yang berlaku dengan menggunakan ICD-10 untuk mengkode penyakit, sedangkan ICOPIM dan ICD-9-CM digunakan untuk mengkode tindakan, serta untuk mengkode penyakit dan tindakan. Keteampilan menetukan klasifikasi dan kodifikasi penyakit dan tindakan medis harus didukung pengetahuan anatomi fisiologi, terminologi medis serta patofisiologi penyakit.
Pada Buku ajar ini diberikan penjelasan mengenai konsep anatomi fisiologi, patologi, serta terminologi medis pada sistem kardiovaskuler dan sistem respirasi. Konsep anatomi dan fisiologi dipaparkan dengan cukup jelas serta ditambahkan bantuan gambar sehingga mahasiswa lebih mudah memahami. Konsep terminologi medis juga memuat contoh-contoh root, prefix, dan suffix yang terkait dengan sistem kardiovaskuler dan respirasi. Dalam Buku ini pembaca akan di pandu untuk memahami sejarah dari terminologi medis yang meliputi asal istilah medis, yang mana sebagian besar istilah medis berasal dari bahasa Yunani kuno dan latin.
Tujuan penulisan buku ajar ini adalah untuk digunakan mahasiswa rekam medis dan informasi kesehatan ketika menempuh mata kuliah Klasifikasi Kodefikasi Penyakit dan Masalah Terkait (KKPMT) pada sistem kardiovaskuler dan sistem respirasi.

One Reply to “KLASIFIKASI KODEFIKASI PENYAKIT DAN MASALAH TERKAIT”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.