PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Penulis: Dwi Putro Sarwo Setyohadi, Hendra Yufit Riskiawan
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-00-5
Format: Cetak (POD) 132 Halaman

Teknologi Informasi tumbuh untuk menjawab kebutuhan manusia dan industri diberbagai bidang. Pertumbuhan teknologi informasi tidak lepas dari dan perkembangan Perangkat keras dari sistem unit yang sangat cepat. Hal ini berbanding lurus dengan kebutuhan minimum sebuah perangkat lunak untuk dapat bekerja pada lingkungan operasi secara optimal yang semakin kompleks. Kebutuhan akan perangkat lunak ini seiring dengan kebutuhan pengolahan data dan informasi yang juga semakin besar dan kompleks. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai kemajuan yang terjadi pada lingkungan teknologi informasi, tidak lepas dari tuntutan jaman akan pemenuhan informasi yang semakin kompleks pula. Kebutuhan akan perkembangan perangkat lunak terkait kebutuhan pemenuhan informasi tersebut, diantaranya kebutuhan informasi yang diolah dengan kecerdasan buatan, kebutuhan terkait peningkatan kapasitas (big data), kebutuhan terkait varian jenis dan tipe data (misalnya multimedia dengan banyak format digital) serta masih banyak lagi.

Untuk itu, menjadi keniscayaan bagi masyarakat umum apalagi generasi terpelajar khususnya mahasiswa mengetahui bagaimana semua kemajuan itu berawal. Disamping itu, masyarakat juga dipandang perlu untuk mengetahui dasar dan sejarah dari kemajuan teknologi informasi dimulai dari sejarah perkembangan komputer, proses, kinerja, serta pemanfaatannya hingga seperti yang kita rasakan saat ini.

Pengetahuan akan segala hal terkait kemajuan teknologi informasi tersebut dapat dipenuhi dengan mempelajari materi diantaranya: Komponen Sistem Unit; Sejarah Singkat Teknologi Informasi; Bits dan Bytes; Bit dan Operasi Aritmatik; Input Devices; Output Devices; Storage Devices; Sistem Operasi dan Software Utilitas; Software Aplikasi; Bahasa Pemrograman; serta Tren Teknologi Informasi. Dimana keseluruhan materi tersebut diulas dalam buku berjudul Pengantar Teknologi Informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.