ILMU NUTRISI TERNAK

ILMU NUTRISI TERNAK

Penulis: Suci Wulandari, Suluh Nusantoro
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-36-4
Format: Cetak (POD) 62 Halaman

Buku ini memuat perkembangan terbaru dan informasi yang penting tentang zat-zat makanan dan penerapannya pada ternak, disamping sebagai acuan untuk mahasiswa Diploma 3, Jurusan Peternakan. Ilmu nutrisi ini penting untuk dijadikan sebagai dasar pengetahuan dalam menetukan kebutuhan ternak akan zat makanannya, serta pemberian ransumnya.

Buku Ilmu Nutrisi Ternak terdiri dari 2 jilid. Jilid pertama berisi tentang kelas-kelas Bahan Makanan yang didasarkan pada karakteristik fisik, kimia dan penggunaannya, serta prosedur analisis zat makananĀ  yang dikembangkan oleh Wendee maupun Vansoest. Sistem pencernaan baik pada ternak non ruminansia dan ruminansia disajikan secara runtut dan jelas, termasuk metabolisme yang terjadi pada ternak ruminansia yaitu metabolisme karbohidrat da metabolisme protein. Jilid 2 memuat tentang macam-macam zat makanan, bahan makanan ternak berdasar sumber zat makanannya, serta menyusun ransum.

Buku ini membantu mahasiswa lebih mendalami materi kuliah Ilmu Nutrisi Ternak, namun diharapkan juga dapat memberikan pengetahuan bagi para pembaca yang berminat memperdalam ilmu nutrisi ternak, terutama praktisi dan para peternak.

2 Replies to “ILMU NUTRISI TERNAK”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.