Sistem Kendali 1

Sistem Kendali 1
Penulis: Murie Dwiyaniti dan Kendi Moro NS
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Penerbit PNJ Press, 2013
ISBN: 978-602-1678-01-5
Format: POD, 191 Hlm., Pdf. 191 Hlm., ePub.

Buku ajar ini mempelajari dasar sistem pengendalian. Diawali mempelajari definisi, manfaat, elemen-elemen, dan jenis-jenis sistem pengendali. Materi ini memotivasi pembaca untuk mempelajari ilmu sistem kendali. Materi selanjutnya adalah tahap-tahap untuk merancang pengendali sebuah plant.

Tahap perancangan yang pertama, menentukan sistem fisik plant dan menentukan spesifikasi/performansi yang dinginkan. Kemudian, tahap berikut adalah menggambarkan sistem tersebut dalam bentuk diagram kotak yang mendeskripsikan elemen sistem dan hubungannya.
Selanjutnya, sistem fisik ditransformasi ke dalam bentuk matematika, biasa bentuk persamaan diferensial dan ditransformasikan dalam bentuk Laplace, serta direpresentasikan dengan bentuk fungsi alih. Jika sistem merupakan multiple subsistem, harus disederhanakan lebih dahulu agar menjadi satu diagram kotak atau sistem lup tertutup. Kemudian, sistem diberi input dan hasil keluaran atau respon sistem dianalisis, apakah sudah sesuai dengan performansi yang diinginkan.
Mulai dari tahap pertama sampai terakhir, buku iniĀ  lebih banyak berisi persamaan-persamaan matematika. Karena itu, untuk mempelajari ilmu sistem kendali, diperlukan dasar matematika yang kuat. Paling tidak, mahasiswa harus tahu apa itu diferensial, integral, persamaan diferensial, transformasi Laplace, dan rangkaian listrik.***