TRAKTOR PERTANIAN

6-1

TRAKTOR PERTANIAN

Penulis: Supriyono, Amal Bahariawan
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-41-8
Format: Cetak (POD) 180 Halaman

 

Pekerjaan lapang bidang pertanian merupakan pekerjaan fisik yang berat dan umumnya kurang  diminati oleh generasi muda. Akibatnya tenaga kerja di bidang pertanian khususnya tenaga lapang sulit diperoleh, belum lagi upah yang tinggi menjadikan tingginya biaya produksi. Sedangkan penggunaan tenaga hewan untuk operasi lapang sudah ditinggalkan.  Solusi yang tepat adalah penggunaan tenaga mekanis yakni traktor pertanian. Tanpa penggunaan tenaga traktor , target produksi akan sulit dicapai. Oleh karenanya penggunaan traktor di bidang pertanian tidak bisa dihindari bahkan sudah merupakan kebutuhan.

Traktor yang dibahas adalah traktor pertanian baik traktor roda dua maupun traktor roda empat yang lazim digunakan untuk budidaya tanaman di Indonesia yakni untuk menarik atau menggerakkan implement pengolahan tanah, mesin penanaman,pemeliharaan maupun gerobak untuk transportasi di lahan. Ada pun  kedalaman pembahasan dibatasi pada keperluan praktis yang meliputi prinsip-prinsip kerja, pengoperasian, pemeliharaan dan pemilihan ukuran traktor sehingga menunjang untuk kompetensi Teknisi Madya Mekanisasi Pertanian Budidaya Tanaman .

Untuk mengenal traktor pertanian secara komprehensif  perlu  memahami perkembangan teknologi yang diterapkan traktor dari generasi ke generasi, penerapan mekanika dasar pada traktor,  perhitungan kebutuhan daya, teknik pengoprasian dan pemeliharaan serta pemilihan ukuran traktor.

Dengan belajar dari kegagalan dan keberhasilan penerapan traktor untuk kegiatan pertanian yang telah dilakukan dan pemahaman traktor yang komprehensif akan sangat bermanfaat untuk  memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada sehingga penggunaan  traktor menjadi lebih efektif  dan efisien dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Ketersediaan traktor yang tepat dengan kondisi lahan dan petani di Indonesia  serta tenaga teknisi traktor yang handal niscaya kebutuhan tenaga di bidang pertanian dapat teratasi sehingga mendukung ketahanan pangan.

Kata Kunci : traktor, pertanian

One Reply to “TRAKTOR PERTANIAN”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.