DASAR TEKNOLOGI BENIH

11-1

DASAR TEKNOLOGI BENIH

Penulis: Sri Rahayu, Leli Kurniasari
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-1678-99-2
Format: Cetak (POD) 124 Halaman

 

Penulisan buku ajar Dasar Teknologi Benih adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan pada mata kuliah Dasar-Dasar Teknologi Benih. Substansi pada buku ajar ini disesuaikan dengan pembahasan pada silabus mata kuliah Dasar-Dasar Teknologi Benih yang disusun untuk pembelajaran selama satu semester. Buku ini tersusun atas enam bab dan setiap bab berisi materi yang saling berkesinambungan.  Penyajian materi dibuat sistematis agar pengguna buku ini dapat mempelajarinya dengan mudah. Pada penutup keseluruhan bab dicantumkan daftar pustaka yang berisi buku atau pustaka lain sebagai sumber rujukan/referensi.

Buku ini juga merupakan dasar bagi beberapa mata kuliah lain dalam program Studi Teknik Produksi Benih selain mata kuliah Dasar-Dasar  Teknologi Benih. Oleh karena itu buku ini dapat dijadikan sebagai bekal ilmu dan gambaran umum tentang lingkup teknologi benih mulai dari pembentukan dan perkembangan benih, viabilitas dan vigor benih, fisiologi perkecambahan benih, pengujian benih, penyakit benih, dormansi hingga sertifikasi benih. Penyajian materi yang disajikan dalam buku ini, diharapkan pembaca dapat memperoleh pengetahuan yang memadai mengenai Dasar-Dasar Teknologi Benih.

Beberapa petunjuk yang harus dipenuhi agar pembaca buku Dasar-Dasar Teknologi Benih dapat lebih mudah dalam memahami isinya adalah;

  • Pembaca bisa membaca penjelasan materi yang disampaikan dalam setiap bab.
  • Bila Pembaca masih belum memahami materi yang disampaikan, Pembaca bisa mengulangi membaca atau menanyakan kepada orang-orang yang kompeten di bidangnya.
  • Anda bisa mempelajari dan mengerjakan soal-soal yang ditanyakan dalam setiap bab untuk mengetahui pemahaman Pembaca mengenai materi yang disajikan dalam buku ini.

3 Replies to “DASAR TEKNOLOGI BENIH”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.