ILMU PENGETAHUAN POPULER

31. ILMU PENGETAHUAN POPULER-1

ILMU PENGETAHUAN POPULER

Penulis: Dwi Cahyadi, Etwin Fibrianie, Darius Shyafary
Editor: Nunung Martina, Mohammad Fauzy
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2018
ISBN: 978-602-5923-51-7
Format: Cetak (POD) 84 Halaman

 

Ilmu Pengetahuan Populer (ilpop) merupakan suatu mata kuliah di Program Studi D3 Desain produk Jurusan Desain Politektik Negeri Samarinda. Di dalam ilpop dipelajari tentang budaya suatu produk tumbuh dan berkembang dari massa ke massa. Menyoroti tentang apa dan bagaimana definisi budaya dan pembagian budaya dalam kehidupan masyarakat.

Budaya massa dan budaya popular merupakan hasil pengembangan budaya awal invensi. Budaya massa adalah suatu budaya yang terus menerus direproduksi dan dikonsumsi oleh suatu kelompok yang mempunyai akibat secara menyeluruh. Munculnya budaya tersebut sebagai akibat dari massifikasi industrialisasi dan komersialisasi yang berorientasi pada keuntungan yang sebesar-besarnya. Budaya massa juga diartikan sebagai perilaku konsumerisme (Jega arufa, 2012). Sedangkan budaya populer Budaya populer merupakan cermin dari budaya tradisional yang dihadirkan kembali oleh masyarakat dengan cara yang berbeda di era modern saat ini. Budaya populer ada kaitannya dengan budaya massa yang memiliki banyak pendukung yang sifatnya temporer. Seperti yang kita ketahui jika dalam budaya tradisional, terdapat suatu budaya yang hanya dapat dimiliki oleh kalangan tertentu saja, sehingga kalangan yang lain tidak mendapat kesempatan untuk menikmatinya, kali ini budaya populer justru memberikan kesempatan kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat menikmati dan menyaksikan budaya tersebut (Jega aufa, 2012).

Desain dalam produk-produk populer banyak menggunakan tanda-tanda sebagai media penyampaiannya. Ilmu mengenai tanda tersebut di bahas pada pembahasan semiotika di dalam buku ini. Semiotika mempelajari relasi elemen-elemen tanda di dalam sebuah sistem berdasarkan aturan main dan konvensi tertentu, serta mengkaji peran tanda sebagai bagian dari kehidupan sosial. Semiotika teks adalah cabang semiotika, yang secara khusus mengkaji teks dalam berbagai bentuk dan tingkatannya. Analisis teks adalah cabang dari semiotika teks, yang secara khusus mengkaji teks sebagai sebuah ‘produk penggunaan bahasa’ berupa kumpulan atau kombinasi tanda-tanda. Teks didefinisikan sebagai pesan-pesan—baik yang menggunakan tanda verbal maupun visual; dan secara lebih spesifik, ia adalah pesan-pesan tertulis, yaitu produk bahasa dalam bentuk tulisan. Tanda merupakan bagian dari kehidupan sosial. Melalui konvensi sosial, ia menjadi punya makna dan nilai sosial.

Bagaimana proses penerimaan suatu produk dalam masyarakat hingga menjadikannya trend dan popular? Bagaimana arti tanda-tanda yang diberikan pada suatu produk dengan inovasi-inovasi terkini? Bagaimana wujud pengaplikasian budaya popular tersebut dalam keseharian masyarakat modern saat ini? Buku ini akan menjadi jawaban atas pertanyaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.