DASAR-DASAR PERANCANGAN STRUKTUR BETON 1

DASAR-DASAR PERANCANGAN STRUKTUR BETON 1

Penulis: Amalia
Editor: Nunung Martina
Desain Sampul: Arwiyandilla Gesja Supriyan
Tata Letak: Dimas Surya Perdana
PNJ Press, 2019
ISBN: 978-623-7342-07-6
Format: Cetak (POD) 236 Halaman

Buku ini merupakan kumpulan dan perluasan catatan hasil pengalaman penulis selama mengajar dan meneliti bidang material beton di Politeknik Negeri Jakarta. Buku ini disusun secara sistematis mulai dasar teori perencanaan struktur beton bertulang dan contoh aplikasi perancangan, sehingga diharapkan mahasiswa maupun pembaca memiliki kompetensi dalam merancang elemen struktur beton bertulang. Buku dilengkapi dengan gambar pendukung, tabel, contoh soal, aplikasi perancangan elemen struktur pada bangunan gedung,  dan latihan soal yang memungkinkan mahasiswa maupun pembaca dapat belajar secara mandiri. Bahan rujukan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan materi di dunia kerja dan menggunakan peraturan beton bertulang untuk bangunan gedung, SNI 2847: 2002.

Secara umum, buku ini membahas tentang perancangan struktur lentur dan geser pada elemen struktur, seperti balok dan pelat pada bangunan gedung berdasarkan SNI 2847 : 2002. Buku ini disusun dalam 7 bab. Bab 1 berisi diskripsi mata kuliah dan gambaran umum isi buku, bab 2 berisi  bahan penyusun beton, dilengkapi dengan tata cara membuat rancang campuran beton berdasarkan SNI. Bab 3 membahas tentang sifat-sifat material beton dan tulangan. Pada bab ini dilengkapi foto-foto pendukung yang merupakan hasil penelitian penulis selama melakukan penelitian serta foto-foto lain dari hasil browsing di internet. Pada Bab 4 disajikan teori dasar dalam perencanaan struktur beton bertulang, termasuk pembebanan pada bangunan gedung.

Bab 5 membahas tentang perancangan lentur pada elemen balok. Pada bab ini dijelaskan perilaku lentur balok, bentuk tegangan regangan balok bertulangan tunggal maupun tulangan rangkap serta contoh perhitungan dan aplikasinya pada balok bangunan gedung. Bab 6 menjelaskan materi tentang perilaku geser pada balok. Di dalam bab ini juga disajikan jenis-jenis retak yang dapat terjadi pada balok yang dilengkapi dengan foto-foto kasus retak pada balok. Desain geser juga diaplikasikan dalam bentuk contoh soal untuk mendesain tulangan geser pada balok bangunan gedung. Bab 7 membahas tentang analisa dan desain struktur pada pelat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.