MATERIAL BANGUNAN

MATERIAL BANGUNAN

Penulis: Amalia, Nunung Martina, Muhtarom Riyadi
Editor: Rimsky K. Judisseno, Arliandy Pratama
Desain Sampul:  Dimas Surya
Tata Letak: Dimas Surya
PNJ Press, 2021
ISBN: 978-623-7342-72-4
Format: Cetak (POD) 228 Halaman

Baca Disini

Perkembangan industri konstruksi semakin berkembang pesat. Perkembangan ini diikuti oleh penemuan-penemuan inovasi bahan bangunan. Untuk mendukung pembangan teknologi konstruksi yang semakin maju diperlukan material/ bahan bangunan yang bermutu dan berkualitas tinggi. Oleh karena itu perlu pengetahuan tentang jenis dan karakteristik dari material/bahan konstruksi.

Bahan-bahan bangunan utama yang memikul beban dan biasa digunakan pada konstruksi adalah beton. Untuk menghasilkan beton yang baik dan mempunyai kekuatan sesuai persyaratan konstruksi diperlukan pengetahuan tentang bahan-bahan penyusun beton. Bahan-bahan penyusun beton terdiri dari agregat, bahan perekat dan air. Perkembangan akhir-akhir ini penggunaan admixture/bahan tambah untuk memperbaiki sifat beton semakin umum digunakan. Buku ini menguaraikan tentang batu alam sebagai dasar untuk mempelajari agregat, agregat, bahan perekat, air dan admixture.

Selain bahan bangunan penyusun beton, pengetahuan tentang bahan logam/baja juga sangat diperlukan, karena untuk mengetahui karakteristik baja yang digunakan untuk tulangan beton maupun baja konstruksi (baja profil). Bahan bangunan yang juga akan dibahas adalah tentang keramik, kayu dan bambu. Bahan-bahan ini sangat umum digunakan di bidang bangunan. Oleh karena itu perlu pengetahuan tentang bahan-bahan tersebut.

Buku ini terdiri dari 9 bab yang meliputi : bab 2 tentang batu alam, bab 3 tentang agregat, bab 4 bahan perekat hidrolis, bab 5 air, bab 6 admixture, bab 7 logam, bab 8 keramik bangunan dan bab 9 tentang kayu dan bambu.

Adapun standar-standar yang digunakan untuk pengujian bahan, syarat mutu bahan digunakan standar Indonesia terdiri dari : SII, SNI, SK-SNI, PKKI dan Peraturan Bahan Bangunan Indonesia. Sedangkan peraturan asing yang digunakan adalah ACI, ASTM dan British Standard tentang bahan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.